Definisi Panseksual dan Perbedaannya dengan Biseksual

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 18 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Arti panseksualitas dan perbedaannya dengan biseksualitas.
tirto.id - Biseksual dan panseksual merupakan orientasi seksual yang memiliki perbedaan definisi. Dikutip dari Healthline, dua orientasi seksual tersebut mirip sehingga orang kadang mengidentifikasi diri mereka sebagai biseksual sekaligus panseksual.

Biseksual adalah orientasi seksual yang menyukai dua jenis kelamin atau gender, yaitu pria dan wanita. Namun, saat ini gender tak hanya pria dan wanita, sebab terdapat gender nonbinary, orang-orang yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai pria atau wanita.

Nonbinary berarti orang yang mengidentifikasikan diri sebagai bigender, agender, atau genderfluid. Kategori nonbinary ini telah diakui oleh, sebagian dari komunitas biseksual selama beberapa dekade.

Manifesto Biseksual 1990 mengakui adanya orang-rang nonbinary dan banyak kelompok biseksual mulai punya ketertarikan pada dua jenis kelamin atau lebih. Namun, biseksualitas memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap orang.

Bagi sebagian orang, biseksual berarti ketertarikan pada dua jenis kelamin atau lebih, atau banyak jenis kelamin. Bagi orang lain, biseksual berarti ketertarikan kepada orang-orang dari jenis kelamin yang sama dan orang-orang berjenis kelamin lain.

Beberapa orang biseksual mungkin hanya tertarik pada pria dan wanita, dan bukan pada orang-orang nonbinary, tetapi tak semua orang biseksual memiliki pengalaman serupa.

Sementara itu, panseksualitas berarti tertarik pada orang dari semua jenis kelamin, termasuk pada orang-orang yang tidak mengidentifikasi gender (agender).

Singkatnya, panseksual adalah ketika seseorang menyadari ia tertarik pada orang-orang dari semua identitas gender. Hal ini, serupa tapi tak sama dengan biseksual yang menyukai "lebih dari satu jenis kelamin".

Secara harafiah biseksualitas memiliki awalan bi-, ketertarikan seksual untuk dua jenis gender (pria dan wanita), atau dua jenis kelamin (pria dan wanita). Namun, panseksualitas berarti ketertarikan seksual pada jenis kelamin apa pun.

Panseksual dapat tertarik pada cisgender, transgender, interseks, dan androgini. Istilah panseksual "umumnya dianggap sebagai istilah yang lebih inklusif daripada biseksual", demikian sebagaimana dikutip dari ALGBTICAL.

Akan tetapi, Cavendish's Sex and Society menyatakan "walaupun makna literal istilah ini dapat diartikan sebagai 'tertarik pada segalanya,' orang yang mengidentifikasi sebagai panseksual biasanya tidak memasukkan paraphilias, seperti bestiality, pedophilia, dan necrophilia, dalam definisi mereka" dan mereka "menekankan istilah panseksualitas hanya menggambarkan perilaku seksual orang dewasa konsensual".


Baca juga artikel terkait LGBT atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight