Daftar Fungsi Statistik dalam Microsoft Excel

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 19 Sep 2021 17:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Fungsi statistika pada Microsoft Excel dapat dipakai untuk mengolah data angka umum atau dalam bentuk database.
tirto.id - Microsoft Excel adalah aplikasi serbaguna dengan berbagai kegunaan, terutama untuk pemakaian untuk pengolahan data. Salah satu fitur yang dimiliki adalah fungsi statistika.

Fungsi statistika memungkinkan Excel dipakai dalam pengolahan data angka yang mempermudah dalam urusan pengerjaan, perhitungan, sampai analisis data.

Fungsi (function) merupakan fitur khas dari Excel yang berbentuk rumus-rumus tertentu. Mengutip laman Unikom, setiap rumus fungsi memiliki kegunaannya sendiri. Operasi matematika sederhana sampai yang rumit, dapat diatasi secara mudah dengan memakai fungsi.

Fungsi dalam Excel dapat pula untuk memecahkan operasi kompleks, dengan menyederhanakan operasi rumus yang rumit. Termasuk di dalamnya, Excel bisa memecahkan persoalan statistika yang memerlukan waktu lama apabila ditangani secara manual.


Daftar dan Cara Menampilkan Fungsi Statistika

Ada beragam rumus fungsi statistik yang dimiliki oleh Excel. Beberapa di antaranya yang kerap digunakan adalah SUM, MAX, MIN, AVERAGE, COUNT, COUNTA, STDEV, VAR, dan sebagainya. Penggunaan fungsi ini diawali dengan simbol "sama dengan (=)".

Sementara itu, apabila ingin menampilkan fungsi statistik secara lengkap, dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu "formulas" lalu pilih "insert function", dan akan muncul kotak dialog
  2. Pada kotak dialog, di kolom "select a category" pilih "statistical"
  3. Pilih fungsi statistik yang hendak diterapkan. Cara penerapan rumus dan penjelasan singkatnya ada di bawahnya ketikan sebuah rumus fungsi dipilih.
  4. Klik tombol "OK"

Dalam penulisan rumus fungsi statistik dapat pula memakai fitur Paste Function. Ini adalah cara lain di samping mengetik langsung rumusnya atau melalui menu formula.

Caranya, letakkan pointer pada sel yang kosong lalu ketikkan rumusnya. Misalnya, penggunaan rumus =AVERAGE(C3:C7), dipakai untuk mencari nilai rata-rata dari data angka pada sel C3 sampai C7.

Berikut ini beberapa fungsi statistika dan penggunaannya yang kerap dipakai:

  1. = MAX(range): dipakai menghitung nilai tertinggi pada data suatu range
  2. = MIN(range): dipakai menghitung nilai terkecil data suatu range
  3. = AVERAGE(range): dipakai menghitung nilai rata-rata suatu range
  4. = COUNT(range): digunakan menghitung banyaknya data angka suatu range
  5. = COUNTA(range):digunakan menghitung banyaknya data numerik atau string suatu range
  6. = STDEV(range): digunakan menghitung standar deviasi suatu range
  7. = VAR(range): digunakan menghitung varian data suatu range

Daftar lengkap rumus fungsi-fungsi statistika pada Excel, dapat ditemukan pada laman Support Microsft dengan klik tautan ini.


Fungsi Statistika pada Database

Database merupakan kumpulan data. Pada lembar kerja Excel, database adalah range yang berisi data dengan susunan terdiri dari baris dan kolom. Setiap kolomnya membuat data sejenis.

Setiap kolom yang ada disebut dengan field. Setiap field memiliki judul kolomnya sendiri, misalnya, NAMA, NIM, NILAI, dan sebagainya.

Fungsi statistika dapat pula diterapkan pada informasi dalam bentuk database di Excel. Perbedaannya dengan fungsi statistika umum, rumus fungsi statistika pada database diawali dengan karakter "D". Misalnya, DSUM, DMAX, DAVERAGE, dan sebagainya.

Perbedaan penulisan fungsi juga terdapat pada penetapan range-nya. Pada database, area range memuat database, field, dan criteria. Contoh rumus fungsi statistika database antara lain = DSUM(database,field,criteria), = DAVERAGE(database,field,criteria), atau = DMIN(database,field,criteria).

Dari sisi penggunaannya sama dengan daftar fungsi statistika secara umum. Misalnya, DAVERAGE untuk menghitung nilai rata-rata, DMAX untuk menampilkan data dengan nilai terbesar, dan sebagainya.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT EXCEL atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis

DarkLight