Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata MS Word dan OpenOffice

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 9 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ada 2 perangkat lunak pengolah kata populer, yaitu Ms Word dan OpenOffice. Berikut keunggulan dan fiturnya masing-masing.
tirto.id - Perangkat lunak pengolah kata populer yang sering digunakan pengguna komputer ialah MS Word dan OpenOffice. Perangkat lunak pengolah kata adalah program pengolah dokumen yang berisi teks dan gambar.

Software
atau perangkat lunak adalah “jiwa” perangkat keras (hardware) pada komputer. Tanpa software, hardware yang terdiri dari CPU, monitor, keyboard, mouse, dan sebagainya, seperti “benda mati”.

Software merupakan perintah-perintah yang membuat komputer bisa melaksanakan tugas dari perintah yang diberikan, melalui “bahasa khusus”. Bahasa khusus ini misalnya berupa operasi aritmatika dan logika.

Software makin berkembang dan dirancang berdasarkan kebutuhan. Untuk keperluan bisnis, perkantoran, hingga kebutuhan menulis, terdapat perangkat lunak pengolah kata yang cukup lengkap fiturnya.


Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi Pengolah Kata

Menurut Modul Word Processing (Kemendiknas 2018), perangkat lunak pengolah kata adalah program pengolah dokumen yang berisi teks dan gambar, yang memiliki berbagai keistimewaan dan lebih profesional daripada program teks yang sudah ada.

Sebelumnya, teks dapat dibuat pada sistem operasi berbasis teks seperti DOS. Untuk membuat teks memanfaatkan perintah copy con dengan sifat terbatas. Aplikasi pengolah kata di sistem operasi GUI seperti Windows juga tersedia seperti Notepad atau Wordpad.

Namun, tuntutan saat ini terhadap software pengolah kata lebih kompleks. Lalu, muncul software pengolah kata lebih kaya fitur seperti OpenOffice Writer, StarOffice Writer, Corel Wordperfect, Lotus Word Pro, dan Microsoft Word.

Perangkat lunak pengolah kata memiliki ciri khas, yaitu mampu mengolah karakter, kata, kalimat, membentuk paragraf, lalu sekumpulan paragraf dapat membentuk halaman. Saat kumpulan halaman itu disimpan akan menjadi file atau dokumen. Kemampuan utamanya meliputi penulisan, pembentukan (formatting), penambahan, penghapusan, penyimpanan, dan pencetakan.


Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata

Salah satu perangkat lunak pengolah kata yang cukup banyak penggunanya adalah Microsoft Word (MS Word). Software buatan Microsoft ini berjalan di atas platform sistem operasi Windows. Fiturnya sangat beragam yang membuat aktivitas mengolah kata dapat dilakukan lebih baik.

Menurut laman Sumber Belajar Kemdikbud, program ini memiliki berbagai fungsi dalam operasional. Contohnya yaitu untuk tujuan surat-menyurat, membuat karya tulis dan semisalnya, membuat tabel perhitungan atau non-perhitungan, membuat grafik, dan sebagainya.

Beberapa keunggulannya yaitu mudah dalam pengoperasian dan manajemen file. Terdapat pula fitur auto recovery yang memungkinkan teks yang belum tersimpan untuk dipulihkan, seperti pada kasus komputer mati akibat listrik padam. Dan, apa yang tampil di monitor nantinya memiliki hasil sama sewaktu dicetak.

Namun, MS Word adalah software berbayar. Untuk bisa memiliki versi originalnya, pengguna mesti membeli cakram digitalnya lalu menginstal ke dalam komputer.

Kendati demikian, ada perangkat lunak pengolah kata yang gratis yaitu OpenOffice Writer. Software ini bagian dari OpenOffice.org yang memiliki fitur sangat mirip dengan MS Word. Fungsinya bisa dipakai membuat laporan, penulisan proposal, pembuatan surat, penulisan karya ilmiah, penulisan artikel, dan lain-lain.

OpenOffice Writer dapat berjalan di atas platform sistem operasi Windows maupun Linux. Meski tidak berbayar, kemampuan software ini tidak bisa dipandang sebelah mata.


Baca juga artikel terkait SOFTWARE PENGOLAH KATA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis
DarkLight