Daftar Caleg Populer dari Dapil Jatim yang Berpotensi Gagal

Oleh: Bayu Septianto - 15 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah artis dan politikus populer yang maju sebagai caleg dari daerah pemilihan (dapil) di Jawa Timur kemungkinan besar gagal lolos ke senayan.
tirto.id - Sederet caleg populer dari sejumlah daerah pemilihan (dapil) di Jawa Timur diperkirakan tidak akan lolos ke DPR RI karena gagal meraup banyak suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Di provinsi Jawa Timur, terdapat 11 dapil dengan jatah jumlah kursi DPR RI pada pemilu 2019 sebanyak 87.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 Provinsi Jawa Timur yang telah disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah caleg artis hampir dipastikan tidak lolos ke Senayan.

Di antara mereka ialah Andre Hehanusa (PDIP), Manohara Odelia (NasDem), Sundari Sukotjo (PKB), dan Ahmad Dhani (Gerindra).

Meski berada di penjara, Ahmad Dhani masih berhasil meraih 40.148 suara dan ada di urutan ketiga dalam daftar perolehan dukungan caleg Gerindra di Dapil I Jawa Timur. Namun, Gerindra hanya mendapatkan satu kursi DPR RI di dapil ini. Kursi itu diraih Rahmat Muhajirin yang meraup 86.274 suara.

Di dapil lain, artis-artis yang tumbang di antaranya Venna Melinda (NasDem), Banyu Biru Djarot (PDIP) dan Lucky Perdana (NasDem). Banyu Biru dan Lucky masing-masing tercatat memperoleh 55.482 dan 9.163 suara.

Penyanyi senior Emilia Contessa (PAN) juga gagal karena hanya meraih 29.652 suara. Putri Emilia, yakni Denada yang sama-sama menjadi caleg dari PAN mengalami hal serupa.

Sejumlah politikus populer dan petinggi partai, yang mencalonkan diri dari dapil di Jawa Timur, juga berpotensi besar gagal lolos ke Senayan.

Misalnya, Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso yang hanya mendapat 5.335 suara. Lalu, dua politikus PDIP, yakni Eva Kusuma Sundari dan Budiman Sudjatmiko juga gagal di pemilu kali ini.

Selain mereka, Totok Daryanto dan Viva Yoga Mauladi dari PAN bernasib sama. Nurhayati Ali Assegaf dan Imelda Sari dari Partai Demokrat pun tidak meraup suara yang cukup untuk lolos ke DPR RI.

Bahkan, di deretan caleg yang kemungkinan besar gagal ke Senayan itu, ada Effendi Choirie dan Hayono Isman dari Nasdem, serta Ketua DPP Gerindra Nizar Zahro.

Mantan Kepala BNN Anang Iskandar pun harus mengelus dada. Meski meraih 69.663 suara, partai Anang, yakni PPP kalah bersaing di Dapil VI Jawa Timur (Kota/Kab Blitar, Kota/Kabupaten Kediri, dan Tulungagung).


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Addi M Idhom