Menuju konten utama

Contoh Modul Projek P5 Kurikulum Merdeka dan Cara Membuatnya

Berikut kumpulan contoh modul P5 Kurikulum Merdeka beserta komponen dan panduan cara membuatnya.

Contoh Modul Projek P5 Kurikulum Merdeka dan Cara Membuatnya
Kurikulum Merdeka. foto/https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us

tirto.id - Modul P5 Kurikulum Merdeka termasuk salah perangkat ajar yang perlu disiapkan guru di awal tahun ajaran baru. Sejumlah contoh Modul P5 untuk referensi dapat diunduh melalui tautan khusus di artikel ini.

P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jadi, modul proyek P5 merupakan dokumen perangkat ajar untuk memandu para siswa mengerjakan berbagai projek yang bisa menjadi sarana penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Secara isi, Modul P5 Kurikulum Merdeka memuat perencanaan proses pembelajaran yang berbasis kepada pengerjaan proyek tertentu oleh peserta didik. Melalui penerapan project based learning ini, para siswa diharapkan bisa memenuhi kriteria Profil Pelajar Pancasila.

Bagaimana cara membuat P5 Kurikulum Merdeka dan merancang modul projek? Berikut penjelasannya beserta beberapa contoh modul P5 yang bisa menjadi acuan.

Komponen Penyusun Modul Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila

Sebelum mempelajari cara merancang Modul Projek Kurikulum Merdeka, para guru perlu mengetahui beberapa komponennya. Berbagai komponen modul P5 Kurikulum Merdeka ini agak berbeda dari modul ajar.

Berikut daftar komponen Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (modul proyek P5):

1. Profil Modul

  • Tema dan topik atau judul modul
  • Fase atau jenjang sasaran
  • Durasi kegiatan (dalam bentuk jumlah jam pelajaran)

2. Tujuan

  • Pemetaan dimensi, elemen, dan sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan projek
  • Rubrik pencapaian yang berisi rumusan kompetensi sesuai dengan fase perkembangan peserta didik (untuk pendidikan dasar dan menengah)

3. Aktivitas

  • Alur aktivitas projek secara umum
  • Penjelasan tahapan kegiatan dan asesmennya

4. Asesmen

Instrumen pengolahan hasil asesmen untuk menyimpulkan pencapaian projek profil

Contoh Modul Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila

Modul Proyek P5 memuat tujuan, langkah, media pembelajaran, hingga asesmen untuk melaksanakan suatu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Modul proyek P5 disusun sesuai dengan fase atau tahapan perkembangan peserta didik. Maka itu, tema proyek perlu mempertimbangkan faktor perkembangan jangka panjang, selain harus bersifat strategis dan mencakup lintas disiplin ilmu.

Pemenuhan komponen modul projek pun perlu disesuaikan dengan fase pembelajaran di dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan begitu, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat selaras dengan fase perkembangan peserta didik.

Ada banyak contoh P5 dalam Kurikulum Merdeka. Sejumlah contoh proyek P5 yang bisa dibuat adalah sebagai berikut:

  • Proyek "Merayakan Keberagaman" untuk tema Bhinneka Tunggal Ika
  • Proyek "Mengolah Sampah Daun Menjadi Pupuk" untuk tema Gaya Hidup Berkelanjutan
  • Proyek "Lingkungan dan Tubuh Sehat" untuk tema Bangunlah Jiwa dan Raganya
  • Proyek "Membuat Kolam Ikan untuk Makanan Bergizi" untuk tema Bangunlah Jiwa dan Raganya
  • Proyek "Pendidikan Demokrasi untuk Remaja di Medsos" untuk tema Suara Demokrasi
  • Proyek "Membuat Alat Pengolah Sampah Kertas" untuk tema Rekayasa Teknologi.

Adapun contoh modul P5 Kurikulum Merdeka dalam bentuk dokumen bisa diunduh lewat sejumlah link download berikut:

1. Contoh Modul P5 Fase C Tema Bhinneka Tunggal Ika

2. Contoh Modul P5 Fase A Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

3. Contoh Modul P5 Fase E Tema Rekayasa Teknologi

4. Contoh Modul P5 Fase D Tema Suara Demokrasi

5. Contoh Modul P5 Fase C Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya

6. Contoh Modul P5 Fase Fondasi Tema Aku Cinta Indonesia

7. Contoh Modul P5 Fase B Tema Gaya Hidup Berkelanjutan

8. Contoh Modul P5 Fase D Tema Kearifan Lokal

9. Contoh Modul P5 untuk TK

10. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase A Bangunlah Jiwa dan Raganya

11. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase A Gaya Hidup Berkelanjutan

12. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase A Bhinneka Tunggal Ika

13. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase A Rekayasa Teknologi

14. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase B Bangun Jiwa dan Raga

15. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase B Bhinneka Tunggal Ika

16. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase B Gaya Hidup Berkelanjutan

17. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase B Rekayasa Teknologi

18. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase C Bangun Jiwa dan Raganya

19. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase C Bhinneka Tunggal Ika

20. Kumpulan Contoh Modul P5 Fase C Rekayasa Teknologi.

Cara Menyusun Modul Projek Kurikulum Merdeka

Merancang modul projek bisa diawali dengan mengidentifikasi kebutuhan peserta didik sesuai dengan perkembangan fase pembelajarannya. Kesiapan sekolah juga penting menjadi pertimbangan.

Mengutip dari laman Guru Kemdikbud, berikut ini panduan cara membuat P5 Kurikulum Merdeka dan menyusun modul projek:

1. Cara Menyusun Modul Proyek P5

  • Kepala sekolah menganalisis kesiapan sekolah, kondisi dan kebutuhan bagi peserta didik, pendidik, hingga satuan pendidikan
  • Setelah itu, pendidik melakukan asesmen diagnostik terhadap kondisi dan kebutuhan peserta didik
  • Lalu, pendidik mengidentifikasi dan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai, serta merencanakan jenis, teknik dan instrumen asesmennya
  • Setelah itu, pendidik menyusun modul projek berdasarkan komponen-komponen yang disarankan sekakligus menentukan jenis kegiatan
  • Guru atau Pendidik dapat menentukan komponen-komponen esensial sesuai dengan kebutuhan projek
  • Pendidik mengelaborasi kegiatan projek sesuai dengan komponen esensial.
  • Setelah disusun, modul P5 Kurikulum Merdeka pun sudah siap digunakan
  • Tahap akhir yakni Evaluasi dan Pengembangan Modul.

2. Cara Membuat P5 Kurikulum Merdeka

Tahapan penting dalam merancang Modul Proyek P5 adalah menentukan jenis kegiatan. Di tahap ini, guru perlu memahami tema (sesuai pilihan Kemdikbudristek) dan kemudian mengkontekstualisasikan sesuai karakteristik peserta didik dan wilayah lingkungannya.

Beberapa contoh cara membuat tema kegiatan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka sebagai berikut:

a. Proyek tema "Aku Cinta Indonesia" untuk PAUD/TK

Tema "Aku Cinta Indonesia" memuat tujuan proyek P5 Kurikulum Merdeka, yakni mendorong peserta didik mengenal identitas dan karakteristik khas negara dan bangsa Indonesia. Dengan begitu, peserta didik memahami identitas mereka sebagai anak-anak Indonesia.

Contoh kontekstualisasi tema dalam kegiatan proyek adalah mengamati kekayaan budaya nusantara dengan kunjungan ke museum kebudayaan di daerah setempat.

b. Proyek Tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" untuk SD/SMP/SMA/Sederajat

Tema "Gaya Hidup Berkelajutan" dalam P5 bertujuan mengajak peserta didik memahami dampak Tindakan manusia pada lingkungan dalam jangka pendek maupun Panjang. Peserta didik diharapkan memiliki kesedaran akan pentingnya melestarikan alam dan merespons krisis lingkungan yang terjadi di wilayah sekitarnya.

Contoh kontekstualisasi tema "Gaya Hidup Berkelajutan" dalam jenis kegiatan proyek P5 adalah:

  • Menganalisis penyebab banjir/longsor/bencana lain akibat ulah manusia di wilayahnya
  • Mengolah dan memanfaatkan sampah organik seperti daun, batok kelapa, dan lainnya
  • Mengolah sampah plastik menjadi barang yang bisa digunakan Kembali
  • Menanam bibit tanaman tertentu yang bermanfaat untuk menjaga sumber air atau lainnya.

c. Tema "Bangun Jiwa dan Raganya" untuk SD/SMP/SMA/Sederajat

Tema ini dipilih untuk P5 Kurikulum Merdeka dengan tujuan menumbuhkan kesadaran peserta didik agar memelihara Kesehatan fisik maupun mental, baik bagi diri sendiri maupun orang-orang sekitarnya.

Dalam proyek dengan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya," peserta didik bisa melakukan kegiatan penelitian maupun diskusi membahas terkait kesehatan fisik dan mental, perundungan, penyalahgunaan narkoba, hingga kesejahteraan diri. Selain menganalisis masalah, peserta didik juga bisa didorong untuk menemukan solusinya atau melakukan aksi nyata mengatasi masalah tadi.

Contoh kontekstualisasi tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dalam membuat proyek P5 adalah:

  • Menganalisis dan mencari solusi untuk cyber bullying (SMA/SMK)
  • Mengembangkan kemandirian merawat diri dan Kesehatan (SMP/SD)
  • Menganalisis masalah dan mencari solusi untuk kecanduan pornografi (SMA/SMK)
  • Menganalisis masalah dan mencari solusi untuk kecanduan rokok (SMA/SMK/SMP)
  • Mengembangkan pemahaman dan kebiasaan konsumsi makanan sehat (SMA/SMK/SMP).

Baca juga artikel terkait MODUL AJAR atau tulisan lainnya dari Imanudin Abdurohman

tirto.id - Edusains
Kontributor: Imanudin Abdurohman
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Penyelaras: Addi M Idhom