CNN PHK Karyawan di Tengah Kondisi Ekonomi Tak Pasti

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 1 Des 2022 11:05 WIB
CNN melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kepala Eksekutif CNN, Chris Licht mengaku kondisi sulit sudah terjadi sejak Mei.
tirto.id - CNN melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sejak Rabu (30/11/2022) kemarin. Kepala Eksekutif CNN, Chris Licht mengakui kondisi sulit sudah terjadi sejak Mei.

"Sangat sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada salah satu anggota. tim CNN, apalagi banyak,” kata Chris dilansir dari laman CNN, Kamis (12/11/2022).

Para karyawan di perusahaan cemas dan bersiap untuk di PHK sejak Licht mengumumkan pada bulanan lalu. Salah satu pesan yang disampaikan yaitu akan memberi tahu para karyawan secara individu khususnya sebagai kontributor yang dibayar, mereka perlahan-lahan akan dilepaskan perusahaan.


"Ini akan menjadi waktu yang sulit bagi semua orang,” kata Licht dalam memonya.

PHK terjadi ketika perusahaan media dihantam oleh kondisi ekonomi yang melambat dan memukul sektor periklanan. Licht mencatat pada bulan Oktober, ketika dia mengisyaratkan pemotongan besar akan datang, bahwa ada kekhawatiran luas atas prospek ekonomi global.

Licht juga menuturkan CNN harus memasukkan risiko itu ke dalam perencanaan jangka panjang. Sementara itu, tidak hanya CNN beberapa organisasi media lain juga sudah memangkas biaya mereka. Hal itu untuk dilakukan untuk menghadapi iklim ekonomi yang bergejolak.

Seperti Disney (DIS) yang mengatakan bahwa perusahaan perlu melakukan restrukturisasi, dan AMC Networks (AMCX) mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan memangkas 20 persen stafnya. Perusahaan media sosial seperti Facebook (FB)-induk Meta, yang juga mengandalkan pendapatan iklan, juga melakukan PHK dalam beberapa bulan terakhir.



Baca juga artikel terkait PHK KARYAWAN atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight