Menuju konten utama

Cara Mengisi e-Raport Kurikulum Merdeka SD dan Panduannya

Cara mengisi e-rapor SD Kurikulum Merdeka bisa dilakukan oleh guru mapel dan guru kelas. Berikut panduan cara mengisi e-raport Kurikulum Merdeka SD. 

Cara Mengisi e-Raport Kurikulum Merdeka SD dan Panduannya
Ilustrasi Rapor Kurikulum Merdeka. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.

tirto.id - Panduan dalam artikel ini memuat tata cara mengisi raport Kurikulum Merdeka SD. Proses pengisiannya menggunakan aplikasi e-Rapor yang sudah diluncurkan akhir 2022 lalu.

Aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka adalah alat bantu bagi guru maupun sekolah dalam menyajikan laporan hasil belajar peserta didik yang disampaikan ke orang tua/wali murid.

Berupa platform berbasis web, aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka SD bisa diunduh oleh seluruh sekolah di Indonesia secara gratis. Instalasinya bisa dilakukan oleh administrator dan membutuhkan komputer yang berfungsi sebagai server.

Aplikasi e-Rapor Kurikulum Merdeka sudah terkoneksi dengan sistem di Dapodik sehingga guru tidak harus memasukkan lagi data peserta didiknya. Maka itu, para guru hanya perlu mengisikan data nilai peserta didik di setiap mata pelajaran, beserta keterangan deskripsi kompetensinya.

Cara Mengisi e-Rapor Kurikulum Merdeka SD

Proses mengisi e-Raport Kurikulum Merdeka SD dapat dilakukan oleh guru mata pelajaran (guru mapel) dan guru kelas (wali kelas). Secara keseluruhan ada 8 tahap dalam proses pengisian e-Rapor KM SD tersebut. Hanya saja, ada sebagian tahapan yang khusus buat guru kelas.

Delapan tahapan dalam proses pengisian e-Rapor Kurikulum Merdeka SD adalah:

  • Login Sebagai Guru (dilakukan guru mapel dan guru kelas)
  • Mengubah Password (dilakukan guru mapel dan guru kelas)
  • Input Tujuan Pembelajaran (dilakukan guru mapel dan guru kelas)
  • Input Nilai (dilakukan guru mapel dan guru kelas)
  • Input Nilai Projek P5 (dilakukan guru mapel dan guru kelas)
  • Input Prestasi (khusus dilakukan guru kelas)
  • Input Catatan Guru Kelas (khusus dilakukan guru kelas)
  • Cetak Rapor Leger dan Rapor (khusus dilakukan guru kelas)

Secara lebih lengkap, berikut panduan tata cara mengisi e Rapor Kurikulum Merdeka SD, sesuai petunjuk yang dirilis oleh Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbudristek:

1. Login sebagai guru

Langkah pertama ialah login ke aplikasi e-rapor Kurikulum Merdeka sebagai guru dengan cara di bawah ini:

  • Buka browser di laptop/PC atau smartphone
  • Bisa buka browser chrome google atau lainnya dan labih baik pakai laptop/PC
  • Ketik alamat URL di browser seperti yang diberikan admin (biasanya berupa angka)
  • Lalu, akan muncul kolom untuk login
  • Input username (NIP atau nama dengan huruf kecil tanpa spasi)
  • Masukkan password (123546)
  • Pilih semester
  • Klik tombol masuk
  • Setelah itu akan muncul tampilan dashbord guru

2. Mengubah Password

Langkah berikutnya adalah mengubah password dengan cara berikut ini:

  • Pastikan sudah masuk dashbord guru
  • Klik menu "Ubah Password" di baris atas kiri laman
  • Akan muncul kolom berisi nama guru dan user ID
  • Di kolom password, ubah kata kuncinya sesuai pilihan
  • Klik tombol "Simpan"

3. Input Tujuan pembelajaran

Untuk melakukan tahapan Input Tujuan Pembelajaran, ikuti langkah di bawah ini:

  • Pastikan masih masuk di dashbord guru
  • Klik menu "Input Data Nilai" (di bawah menu Ubah Password)
  • Klik sumbmenu "Input Tujuan Pembelajaran)
  • Klik tombol "Tambah Tujuan Pembelajaran"
  • Pilih jumlah Tujuan Pembelajaran (TP) yang ditambahkan (bisa 4 atau 5 dst)
  • Klik tombol "Tampilkan"
  • Masukkan data pelajaran, kelas, kode, dan keterangan Tujuan Pembelajaran
  • Setelah terisi semua, klik tombol "Simpan"

3. Input Nilai (Nilai Rapor)

Di Bagian Input Nilai Rapor, isi nilainya berupa nilai dan deskripsi capaian kompetensi tiap siswa. Isi data nilai rapor siswa di skala 0-100 beserta capaian kompetensinya.

Guru bisa memasukkan data nilai rapor peserta didik untuk setiap mata pelajaran dengan tata cara berikut:

  • Klik menu "Input Data dan Nilai"
  • Klik submenu "Input Nilai"
  • Akan tampil kolom untuk pilih data kelas, siswa, dan mapel
  • Pilih kelas
  • Pilih nama siswa
  • Kemudian akan muncul data murid dan daftar mapel
  • Masukkan data nilai murid di setiap pelajaran
  • Klik juga untuk pilih Capaian Kompetensi yang Tercapai
  • Selain itu, klik untuk pilih Capaian Kompetensi yang perlu peningkatan.
  • Lalu, klik submenu "Proses Deskripsi"
  • Tuliskan deskripsi di kolom Capaian Kompetensi yang Tercapai di tiap mapel
  • Tulis juga deskripsi di kolom Capaian Kompetensi yang Perlu Peningkatan di tiap mapel
  • Jika sudah terisi semua, klik tombol Simpan.

Proses di atas juga bisa dilakukan dengan metode Impor Nilai yang lebih simpel. Berikut cara inpu nilai dengan metode impor:

  • Klik menu "Input Data dan Nilai"
  • Klik submenu Input Nilai
  • Klik tombol Impor Nilai
  • Pilih Kelas
  • Pilih Mapel
  • Klik tombol download format
  • Input nilai dan capaian di format impor
  • Simpan dalam format Excel 97-2003 (*xls)
  • Klik choose file (pilih file format impor yang sudah terisi
  • Klik tombol Upload Data Nilai
  • Klik tombol Simpan.

5. Input Nilai Projek P5

Di tahap ini, guru bisa memasukkan data nilai projek penguatan profil pelajar Pancasila (Projek P5), dengan cara berikut:

  • Klik menu "Input Data dan Nilai"
  • Klik submenu "Input Nilai Projek"
  • Pilih Kelas
  • Pilih Siswa
  • Pilih capaian kompetensi siswa
  • Input catatan siswa selama proses mengerjakan projek
  • Sebelum memberikan nilai, guru sebaiknya memahami panduan pengembangan P5
  • Jika data sudah terisi, klik Simpan.

6. Input Prestasi (khusus guru kelas)

Tahapan ini bisa dilakukan oleh guru kelas (wali kelas) dengan klik menu "Input Data dan Nilai", lalu submenu "Input Prestasi." Proses ini dilakukan jika ada prestasi yang diraih oleh peserta didik.

7. Input Catatan (Catatan Guru Kelas)

Saat mengisi rapor SD Kurikulum Merdeka, guru kelas atau wali kelas perlu memberikan catatan tentang perkembangan peserta didik.

Cara mengisi Catatan Guru Kelas adalah sebagai berikut:

  • Klik menu "Input Data dan Nilai"
  • Klik submenu "Catatan Guru Kelas"
  • Pilih Kelas
  • Akan muncul data siswa
  • Pilih Siswa
  • Masukkan Catatan Perkembangan masing-masing peserta didik
  • Jika data sudah terisi semua, klik tombol "Simpan."

8. Cetak Rapor Leger dan Rapor

Tahapan ini khusus dilakukan oleh guru kelas (wali kelas). Terdapat 2 proses yang perlu dilakukan, yakni cetak leger (dokumen rekap nilai) dan cetak rapor.

a. Cara Cetak Leger:

  • Pastikan masih masuk di Dashbord Guru
  • Klik menu "Cetak Rapor dan Laporan"
  • Klik submenu "Lihat Leger" (Leger Nilai Siswa)
  • Pilih Kelas
  • Klik tombol "Tampilkan Leger"
  • Klik tombol "Download Leger" (Format Excel).

b. Cara cetak Rapor Kurikulum Merdeka SD:

  • Klik menu "Cetak Rapor dan Laporan"
  • Klik submenu "Cetak Rapor"
  • Klik tombol Terapkan Kertas
  • Pilih Kelas
  • Klik tombol Kelengkapan Rapor (ada simbol PDF)
  • Klik tombol Tampilkan (untuk melihat dokumen)
  • Klik tombol Download (untuki mencetak dokumen)
  • Selain itu, klik juga tombol Nilai Rapor (ada simbol PDF)
  • Lalu, klik tombol Tampilkan atau klik Download
  • Kemudian, klik tombol Nilai Rapor P5 (ada simbol PDF)
  • Lalu, klik tombol Tampilkan atau klik Download untuk cetak dokumen.

Sebagai catatan, proses Cetak atau Download dokumen rapor dapat dilakukan per peserta didik atau seluruh siswa di kelas yang diampu guru.

Setelah langkah-langkah di atas sudah dilakukan, hasil akhirnya ialah dokumen rapor SD Kurikulum Merdeka untuk masing-masing peserta didik. Panduan lebih lengkap bisa dicek di sini.

Baca juga artikel terkait RAPOR 2023 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Addi M Idhom