Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen

Oleh: Balqis Fallahnda - 29 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara menonaktifkan akun Instagram untuk sementara waktu maupun secara permanen.
tirto.id - Bagi sebagian orang yang ingin mengurangi atau bahkan menghindari aktivitas di dunia maya demi privasi, menghapus akun sosial media seperti akun Instagram mungkin bisa menjadi pilihan.

Instagram menyediakan opsi menonaktif akun sementara dan penghapusan akun secara permanen. Bagi pengguna yang ingin melakukannya, berikut caranya dikutip dari laman resmi Instagram.

Menonaktifkan sementara akun Instagram

Perlu diingat, jika pengguna menonaktifkan sementara akun Instagram, profil, foto, komentar, dan suka akan disembunyikan hingga pengguna mengaktifkan kembali dengan cara melakukan login kembali.

- Login ke instagram.com dari komputer. Pengguna tidak bisa menonaktifkan sementara akun dari dalam aplikasi Instagram.

- Klik foto profil di kanan atas dan klik Profil, lalu klik Edit Profil.

- Gulir turun, lalu klik Nonaktifkan sementara akun saya di kanan bawah.

- Pilih opsi dari menu pilihan di samping Mengapa Anda menonaktifkan akun? dan masukkan kembali kata sandi. Opsi untuk menonaktifkan akun pengguna hanya akan muncul setelah pengguna memilih alasan dari menu tersebut dan memasukkan kata sandi.

- Klik Nonaktifkan Akun Sementara.

Menghapus permanen akun Instagram

Sebelum melakukan penghapusan akun secara permanen, perlu diingat bahwa jika akun dihapus secara permanen, pengguna tidak bisa mendaftar kembali dengan nama pengguna yang sama atau menambahkan nama pengguna tersebut ke akun lain.

- Buka halaman Hapus Akun Anda dari browser seluler atau komputer. Jika pengguna belum login ke Instagram di web, pengguna akan diminta untuk login terlebih dahulu. Pengguna tidak bisa menghapus akun dari dalam aplikasi Instagram.

- Pilih opsi dari menu pilihan di samping Mengapa Anda menghapus akun Anda? dan masukkan kembali kata sandi. Opsi untuk menghapus akun secara permanen hanya akan muncul setelah pengguna memilih alasan dari menu tersebut.

- Klik atau ketuk Hapus akun saya secara permanen.

Setelah 30 hari sejak permintaan penghapusan akun, akun dan semua informasi pengguna akan dihapus secara permanen, dan pengguna tidak akan bisa mendapatkan kembali informasi tersebut. Mungkin perlu waktu hingga 90 hari sejak proses penghapusan dimulai untuk menghapus semua postingan pengguna.

Selama Instagram menghapus informasi ini, orang lain yang menggunakan Instagram tidak bisa mengakses informasi tersebut.

Setelah 90 hari, salinan informasi pengguna mungkin tersimpan di penyimpanan cadangan yang Instagram gunakan untuk memulihkan jika terjadi bencana, kerusakan perangkat lunak, atau kehilangan data lainnya.

Instagram juga mungkin menyimpan informasi pengguna untuk keperluan seperti masalah hukum, pelanggaran ketentuan, atau upaya pencegahan bahaya.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight