Instagram Rilis Fitur Notifikasi Baru terkait Info COVID19

Oleh: Septiany Amanda - 19 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Instagram merilis fitur baru untuk membantu penggunanya menerima info valid mengenai pandemi Covid-19 dan penanganannya.
tirto.id - Instagram resmi merilis dua fitur notifikasi baru tentang informasi Covid-19. Fitur baru tersebut dibuat untuk membantu memerangi misinformasi tentang Covid-19.

"Dengan semakin banyaknya negara di dunia yang mengalami peningkatan kasus COVID-19, kami meluncurkan dua fitur untuk membantu orang-orang tetap up-to-date dan mendapatkan informasi dari sumber yang dapat dipercaya langsung di Instagram," tulis Instagram di akun Twitter resmi miliknya.

Fitur pertama, Instagram memberikan informasi kepada pengguna terkait tempat-tempat di mana kasus Covid-19 melonjak. Pengguna akan melihat prompt di bagian atas Feed milik mereka dan menghubungkan mereka dengan otoritas kesehatan seperti CDC, WHO atau mitra lokal setempat.

Fitur kedua, Instagram menghapus klaim yang banyak dibantah tentang vaksin Covid-19. Ketika mencari istilah yang terkait dengan vaksin atau Covid-19, pengguna akan diarahkan ke informasi dari otoritas kesehatan yang kredibel.

Instagram telah mengambil langkah-langkah untuk membantu pengguna mengakses informasi yang akurat terkait pandemi Covid-19, tetap aman, dan tetap terhubung dengan teman-teman.

Berikut pembaruan tambahan yang diumumkan Instagram dalam situs resminya:

  • Instagram menyertakan lebih banyak sumber daya pendidikan di Pencarian Instagram;
  • Instagram menambahkan stiker untuk mempromosikan informasi yang akurat;
  • Instagram menghapus akun COVID-19 dari rekomendasi, kecuali diposting oleh organisasi kesehatan yang kredibel;
  • Instagram meluncurkan stiker donasi di lebih banyak negara dan membantu orang menemukan lembaga non profit yang relevan untuk didukung;
  • Instagram membuat cerita bersama untuk membantu mereka yang mempraktikkan jarak sosial terhubung dengan orang lain, menggunakan stiker "Tetap di Rumah";
  • Instagram meluncurkan cara baru untuk menjelajahi Instagram dengan teman melalui obrolan video.

Tak hanya itu, Instagram juga meluncurkan stiker baru untuk membantu orang-orang membagikan informasi Covid-19 yang akurat di Stories. Fitur baru Instagram tersebut juga jadi pengingat untuk mencuci tangan, menjauhkan diri dari orang lain, dan banyak lagi.

Pada awal masa pandemi atau sekitar April 2020 lalu, Instagram juga meluncurkan fitur stiker "Stay Home" dan "Thank You Hour" yang dapat dipakai oleh pengguna media sosial tersebut dalam masa pandemi virus Corona COVID-19.

Instagram meluncurkan stiker "Stay Home" untuk mengajak penggunanya menjaga jarak, tetapi tetap terkoneksi dengan orang lain. Dengan stiker ini, semua akun yang diikuti dan menggunakan stiker tersebut, akan ditambahkan ke dalam story Instagram yang dibagikan.


Dengan stiker "Stay Home" ini, pengguna pun dapat mengetahui perkembangan teman-temannya di saat social distancing diberlakukan.

Sejumlah pembaruan yang dilakukan Instagram tersebut terlihat hendak menjawab tantangan di tengah masa pandemi Covid-19. Upaya pencegahan penularan virus corona, seperti dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, juga perlu dibarengi dengan mencegah maraknya hoaks ataupun informasi tidak valid mengenai pandemi.


Baca juga artikel terkait INSTAGRAM atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Septiany Amanda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight