Cara Menggunakan Akun Lama Whatsapp di Ponsel Baru

Oleh: Endah murniaseh - 13 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara dan tahapan yang harus dilakukan saat memindahkan akun whatsapp ke ponsel baru.
tirto.id - Whatsapp merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirim pesan, serta telfon (Voice Call dan Face Call) yang dapat digunakan dengan sambungan internet. Saat ini pengguna Whatsapp berjumlah 1,6 Milyar yang tersebar di seluruh dunia. Yang dapat digunakan di telepon genggam maupun PC.

Perkembangan produksi telepon genggam saat ini sangatlah cepat, dalam perminggu saja akan selalu ada jenis atau tipe telepon gengggam yang akan dikeluarkan dari perusahaan telepon.

Dengan semakin meningkatnya fitur yang ada di telepon genggam baru dan kebutuhan fitur telepon genggam yang semakin meningkat tentu para pengguna telepon genggam tidak ragu lagi untuk mengganti telepon genggam mereka dengan tipe telepon genggam terbaru.

Namun dengan bergantinya telepon, belum tentu orang tersebut juga ingin untuk mengganti akun-akun media sosial yang mereka miliki dengan alasan bahwa akun tersebut telah tersambung dengan data atau dengan orang penting.

Salah satunya adalah Whatsapp. Banyak orang yang tetap menggunakan akun lamanya meskipun telepon mereka baru karena beberapa alasan.

Berikut ini adalah Cara dan syarat agar dapat menggunakan akun Whatsapp yang lama dengan telepon baru yang dilansir dari website Whatsapp.

Jika Anda ingin menggunakan akun WhatsApp lama Anda pada telepon baru dan dengan nomor telepon baru, Anda dapat menggunakan fitur Ganti Nomor.

Persyaratan

Ada dua persyaratan mendasar yang harus dipenuhi agar Anda dapat sukses menggunakan fitur Ganti Nomor:

1. Anda harus dapat menerima SMS dan/atau panggilan pada nomor telepon baru Anda dan nomor baru tersebut harus terhubung ke Internet.

2. Anda harus masih memiliki akses ke akun WhatsApp lama Anda. Pada telepon yang lama, silakan periksa ulang bahwa nomor telepon lama Anda masih tertaut ke akun Anda dengan membuka WhatsApp > Tombol Menu > Setelan dan mengetuk pada foto profil Anda.

Mengganti nomor telepon Anda

Mulai proses dengan menggunakan fitur Ganti Nomor pada telepon lama Anda, kemudian selesaikan dengan memasang ulang WhatsApp pada telepon baru Anda.

Pada telepon lama:

1. Buka WhatsApp.

2. Kunjungi Tombol Menu > Setelan > Akun > Ganti nomor.

3. Masukkan nomor telepon lama (yang saat ini tertaut ke akun WhatsApp Anda) di WhatsApp di kotak nomor telepon lama.

4. Masukkan nomor telepon yang ingin Anda gunakan ke depannya di kotak nomor telepon baru.

5. Verifikasikan nomor telepon baru dengan memasukkan kode verifikasi yang akan Anda terima di telepon baru.

6. Jika Anda juga ingin mentransfer riwayat chat Anda, buat cadangan dengan membuka WhatsApp > Tombol Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat > Cadangkan (kami menyarankan agar Anda mengaktifkan cadangan Google Drive).

Pada telepon baru:

1. Jika Anda tidak mencadangkan riwayat chat Anda ke Google Drive, secara manual transfer riwayat chat Anda.

2. Pasang WhatsApp.

3. Verifikasikan nomor telepon baru Anda lagi.

4. Pulihkan cadangan Anda.

Setelah mengganti nomor Anda

Minta kontak Anda untuk menyimpan nomor telepon baru Anda di buku alamat telepon mereka untuk pengalaman bertukar pesan yang lancar.

Menggunakan fitur Ganti Nomor akan:

    • Memindahkan informasi akun (termasuk informasi profil Anda), grup, dan setelan Anda dari nomor telepon lama ke nomor telepon baru.
    • Menghapus akun yang terasosiasi dengan nomor telepon lama Anda.

Saat ini Whatsapp telah dapat diunduh dan digunakan melalui android, Iphone, Mac atau PC Windows dan Windows Phone.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Endah murniaseh
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Endah murniaseh
Penulis: Endah murniaseh
Editor: Yantina Debora
DarkLight