Cara Membagikan Status WhatsApp (WA) ke Aplikasi Lain

Oleh: Ibnu Azis - 30 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Status WA bisa dibagikan ke aplikasi lain. Orang tak punya WhatsApp pun bisa membacanya.
tirto.id - WhatsApp (WA) punya fitur yang memungkinkan penggunanya berbagi status ke aplikasi lain. Fitur ini tersedia untuk perangkat Android dan iPhone.

Status memungkinkan pengguna berbagi teks, foto, video, dan GIF yang akan dihapus secara otomatis setelah 24 jam. Di Instagram, fitur ini dikenal sebagai Story.

Untuk mengirim dan menerima pembaruan status ke dan dari kontak, pengguna dan kontak harus menyimpan nomor telepon masing-masing di buku alamat telepon.

WhatsApp memperluas jangkauan status yang tak hanya di aplikasinya melainkan ke aplikasi lain. Artinya, pengguna yang tak instal WhatsApp pun bisa membaca status orang lain asalkan ia menerimanya melalui aplikasi tertentu.

Berikut cara untuk membagikan pembaruan status WhatsApp ke aplikasi lain:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk Status
  3. Buat pembaruan status
  4. Ada dua opsi berbagi berdasarkan apakah ingin membagikan pembaruan status baru atau lama
  5. Membagikan pembaruan status baru: Di bawah Status saya, ketuk Bagikan. Harap diperhatikan bahwa opsi Bagikan ke Cerita Facebook akan hilang ketika membuka tab lain
  6. Membagikan pembaruan status lama: Ketuk Status Saya pada iPhone atau Lainnya di sebelah Status saya pada Android. Berikutnya, ketuk Lainnya di sebelah pembaruan status yang ingin dibagikan, lalu ketuk Bagikan. Akan muncul daftar aplikasi dan ketuk aplikasi terpilih di mana ingin membagikan pembaruan status

Sementara, status WhatsApp juga bisa dibagikan ke Cerita Facebook. Caranya juga tak jauh berbeda, yakni sebagai berikut:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk Status
  3. Buat pembaruan status
  4. Ada dua opsi berbagi berdasarkan apakah ingin membagikan pembaruan status baru atau lama
  5. Membagikan pembaruan status baru: Di bawah Status saya, ketuk Bagikan ke Cerita Facebook. Jika diminta, ketuk Izinkan atau Buka untuk membuka aplikasi Facebook. Di aplikasi Facebook, pilih kepada siapa ingin membagikan pembaruan status, kemudian ketuk Bagikan Sekarang. Harap diperhatikan bahwa opsi Bagikan ke Cerita Facebook akan hilang ketika membuka tab lain
  6. Membagikan pembaruan status lama: Ketuk Status Saya pada iPhone atau Lainnya di sebelah Status saya pada Android. Berikutnya, ketuk Lainnya di sebelah pembaruan status yang ingin dibagikan, lalu ketuk Bagikan ke Facebook. Jika diminta, ketuk Izinkan atau Buka untuk membuka aplikasi Facebook. Di aplikasi Facebook, pilih kepada siapa ingin membagikan pembaruan status, kemudian ketuk Bagikan Sekarang. Setelah membagikan pembaruan status, WhatsApp akan dibuka kembali

Sebagai informasi, pengguna WhatsApp dapat memilih untuk membagikan pembaruan status dengan semua kontak atau dengan kontak tertentu saja. Secara default, pembaruan status dibagikan dengan semua kontak.

Perubahan pada pengaturan privasi tidak akan memengaruhi pembaruan status yang telah dikirim. Jika menonaktifkan Laporan Dibaca, maka tidak akan dapat melihat siapa yang telah melihat pembaruan status.

Jika seorang kontak menonaktifkan Laporan Dibaca, maka tidak akan dapat melihat apakah mereka telah melihat pembaruan status.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight