Menuju konten utama

Cara Mengajukan Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024

Pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi CPNS 2024 bisa melakukan sanggah pada masa sanggah CPNS 14-19 September. Berikut cara melakukan sanggah.

Cara Mengajukan Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024
Ilustrasi CPNS. ANTARA FOTO/DARWIN FATIR

tirto.id - Hasil seleksi administrasi rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipili (CPNS) diumumkan 14-19 September 2024. Setiap pelamar dapat melihat status kelulusan melalui akun ASN Karier masing-masing di sscasn.bkn.go.id.

Pada seleksi administrasi dilakukan pencocokan antara persyaratan administrasi dan kualifikasi, dengan dokumen lamaran yang diunggah pelamar. Jika dokumen yang diunggah tersebut tidak memenuhi persyaratan, pelamar yang bersangkutan tidak lolos pada tahap berikutnya. Peserta yang lolos dalam seleksi administrasi dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD).

Pengumuman seleksi administrasi akan disampaikan ke akun ASN Karier. Bagi pelamar yang gagal, akan muncul pemberitahuan yang berbunyi “Mohon Maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar”. Sistem juga sekaligus memberitahukan jenis dokumen yang dianggap tidak memenuhi persyaratan (TMS).

Apabila pelamar merasa yakin dokumen yang dianggap TMS sudah memenuhi persyaratan, dirinya bisa mengajukan sanggah pada saat masa sanggah CPNS. Masa sanggah CPNS adalah kesempatan bagi para pelamar CPNS melakukan sanggahan setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Ajuan sanggah merupakan upaya kroscek dan nantinya dokumen bermasalah akan diperiksa kembali oleh panitia berdasarkan alasan dari pelamar berdasarkan dokumen yang diunggah.

Dalam hal ajuan sanggah, panitia seleksi bisa menerima atau menolak alasan sanggahan tersebut. Alasan akan diterima bila ditemukan kesalahan yang bukan berasal dari pihak pelamar. Panitia segera menanggapi sanggahan dan merilis kembali hasil pengumuman pasca sanggah.

Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024

Hasil seleksi administrasi CPNS diumumkan pada 14-19 September 2024. Pengecekannya dilakukan lewat akun ASN Karier masing-masing pelamar. Cara melihatnya sebagai berikut:

  • Buka akun SSCASN di laman sscasn.bkn.go.id;
  • Login dengan username dan sandi yang dibuat saat daftar;
  • Klik bagian "Resume";
  • Cek pengumuman hasil seleksi administrasi dengan cara scroll ke bawah; Jika ada pengumuman berupa tulisan "MS" berarti memenuhi syarat administrasi;
  • Jika pengumuman berupa tulisan "TMS" berarti tidak memenuhi syarat administrasi;
  • Di akun pelamar TMS biasanya juga muncul kalimat “Mohon Maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena...." Bagi yang lolos (MS), dapat mencetak kartu pendaftaran CPNS 2024;
  • Bagi yang tidak lolos (TMS) dapat mengajukan sanggahan pada masa sanggah yang dijadwalkan selama 6 hari.

Cara Mengajukan Sanggah Jika Tidak Lolos Administrasi CPNS 2024

Pelamar yang gagal dalam seleksi administrasi dapat mengajukan sanggah untuk dokumen yang bermasalah melalui portal ASN Karier. Dalam pengumuman hasil seleksi akan turut disertakan tombol Ajukan Sanggah yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan ini. Cara sanggah administrasi CPNS adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman ASN Karier di sscasn.bkn.go.id dan lalukan login akun;
  2. Pelamar yang mendapatkan pesan tidak lolos seleksi, di sebelah bawah layar akan muncul tombol Ajukan Sanggah;
  3. Klik tombol Ajukan Sanggah untuk mengajukan sanggahan;
  4. Pada poin dokumen yang hendak disanggah, masukkan alasan sanggahan yang benar, realistis, tidak dibuat-buat, dan berdasarkan dokumen CPNS yang pernah diunggah;
  5. Klik kotak centang setuju dengan ketentuan;
  6. Kik Akhiri Proses Sanggah untuk memasukkan sanggahan.

Baca juga artikel terkait CPNS 2024 atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Edusains
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yantina Debora
Penyelaras: Dhita Koesno