Advertorial

Cara Investasi Jangka Panjang di Reksadana dan Emas

Penulis: Advertorial, tirto.id - 30 Mei 2022 11:35 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Ada beberapa platform yang menjadi penyedia investasi reksadana hingga investasi emas lewat menabung emas, salah satunya adalah Tokopedia.
tirto.id - Investasi adalah penanaman modal yang bisa menjadi salah satu cara untuk mengamankan masa depan atau hari tua.

Investasi juga menempatkan modal baik berupa uang atau aset berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan pemodal atau investor kelak akan mendapatkan keuntungan setelah kurun waktu tertentu.

Karena harapan mendapatkan keuntungan di kemudian hari inilah investasi disebut juga sebagai penanaman modal. Istilah investasi sendiri berasal dari kata Bahasa Italia, investire yang berarti memakai atau menggunakan.

Umumnya, dana atau aset yang ditanamkan oleh seorang investor akan dikembangkan oleh badan atau pihak yang mengelola. Keuntungan dari hasil pengembangan tersebut nantinya akan dibagikan kepada investor sebagai imbal balik sesuai dengan ketentuan antara kedua pihak.

Secara ekonomi, dalam investasi, pemodal akan membeli sesuatu yang tidak akan dipergunakan sekarang.

Sesuatu yang dibeli tersebut disimpan sebagai harta yang setelah melewati masa tertentu dapat mengalami perubahan nilai. Investasi tidak selalu berujung menghasilkan keuntungan. Terdapat risiko kerugian juga dalam berinvestasi. Maka dari itu, penting sekali memahami jenis-jenis investasi dan risikonya.

Tujuan Investasi


Berikut beberapa tujuan penting dari investasi:

1. Untuk mendapatkan penghasilan tetap.

2. Untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak dan stabil di masa yang akan datang.

3. Berguna untuk mengembangkan usaha.

4. Mendapatkan jaminan dalam bisnis.

5. Membentuk dan mengontrol dana untuk suatu kepentingan khusus, contohnya seperti kepentingan sosial, kepentingan ekspansi, dll.

6. Mengurangi tekanan inflasi.

7. Investasi dapat dipergunakan untuk menjaga hubungan antar perusahaan.

8. Berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Bentuk Investasi



Setelah mengetahui jenis-jenis investasi, deretan jenis investasi tersebut juga dikelompokan ke dalam dua bentuk yang berbeda, yaitu:

1. Investasi Aktiva Riil: Investasi ini dilakukan oleh seseorang baik dalam bentuk yang terlihat maupun yang tidak terlihat, seperti investasi tanah, investasi logam, investasi properti, dll.

2. Investasi Aktiva Finansial: Investasi aktiva finansial dilakukan oleh investor sebagai bentuk sekuritas. Contohnya investasi deposito dan saham.

Jenis-jenis Investasi


Banyak sekali jenis investasi yang ada saat ini diantaranya adalah:

1. Investasi Properti

2. Investasi Emas

3. Investasi Saham

4. Investasi Reksa Dana

5. Investasi Valuta Asing

6. Investasi Obligasi

7. Investasi Syariah

8. Investasi Cryptocurrency

9. Investasi Deposit

10. Dan sebagainya.

Jenis Investasi Berdasarkan Jangka Waktu


Terdapat dua jenis investasi yang dikategorikan berdasarkan jangka waktunya, yakni:

Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek merupakan investasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan kurang dari tiga tahun dan dapat langsung Anda konversikan dengan uang atau jual.

Namun, perlu diingat bahwa investasi jangka pendek ini memberikan return yang lebih kecil sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat. Contoh dari investasi jangka pendek adalah obligasi jangka pendek, pasar saham, sertifikat deposito.

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah investasi yang membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk mendapatkan keuntungan. Anda dapat menikmati hasil dari investasi ini dalam lima tahun, belasan tahun, hingga puluhan tahun yang akan datang.

Return yang dihasilkan oleh investasi jangka panjang tentu juga lebih besar dibandingkan investasi jangka pendek. Investasi jenis ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan tabungan untuk keperluan di masa depan seperti biaya pendidikan, dana kebutuhan nikah, dana pensiun, dan lain sebagainya. Contoh dari investasi jangka panjang adalah investasi saham dan investasi emas.

Sementara itu, saat memilih untuk melakukan investasi, tentu Anda harus memastikan bahwa investasi tersebut aman dan diawasi oleh OJK. Berikut beberapa investigasi yang bisa menjadi pilihan bagi Anda,

1. Investasi Reksadana

Investasi reksadana adalah wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana investor yang selanjutnya akan dikelola oleh Manajer Investasi untuk dimasukkan dalam aset-aset keuangan seperti saham, obligasi, deposito, dan pasar uang. Dalam pelaksanaannya, produk Reksa Dana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ada beberapa platform yang menjadi penyedia investasi reksadana, salah satunya adalah Tokopedia. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat jika melakukan investasi reksadana di Tokopedia, di antara,

- Keuntungan hingga 8.5%* per tahun

Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp10.000 menggunakan beragam metode pembayaran untuk mendapatkan keuntungan hingga 8.5%* setahun, tidak kena pajak, dan bebas dari biaya transaksi.

* Berdasarkan kinerja produk di masa lalu. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang.

- Pencairan instan dan tanpa biaya admin

Dana investasi Anda di Tokopedia Reksadana dapat dicairkan secara instan, yaitu dalam hitungan menit (T+0) untuk produk Reksa Dana Pasar Uang dan dalam 2 Hari Bursa (T+2) untuk produk Reksa Dana Pendapatan Tetap, dimana platform lain memerlukan maksimal 7 Hari Bursa (T+7) untuk pencairan dana.

- Investasi aman dan diawasi OJK

Tokopedia Reksa Dana bekerjasama dengan berbagai Manajer Investasi (MI) dan Bareksa sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah berpengalaman, serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

- Proses pendaftaran mudah, hanya lima menit

Apabila Anda telah mempunyai akun Tokopedia, Anda bisa langsung daftar Tokopedia Reksa Dana secara online untuk mulai berinvestasi. Proses pendaftarannya hanya memerlukan waktu 5 menit saja.

- Jual beli kapanpun, di manapun

Aktivitas jual beli Tokopedia Reksa Dana dapat dilakukan setiap hari. Dana hasil penjualan akan diterima di Saldo Penghasilan Tokopedia Anda dan dapat langsung dicairkan ke rekening bank yang Anda inginkan.

- Fitur unggulan

Investasi menjadi lebih seru dengan adanya berbagai fitur menarik seperti Dana Impian dan Nabung Rutin.

2. Investasi emas

Emas menjadi salah satu produk investasi yang aman dan minim risiko. Saat ini, mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan emas sebagai sarana untuk simpanan jangka panjang. Artinya, mereka menyimpan uang dalam bentuk emas dan ketika suatu saat membutuhkan uang, maka emas tersebut dijual.

Investasi emas saat ini tak hanya dilakukan secara fisik tetapi juga bisa dilakukan secara digital, salah satunya melalui nabung emas di Tokopedia.

​​Tokopedia Emas hadir untuk membantu masyarakat Indonesia agar dapat menabung emas online lebih mudah dan terjangkau. Mirip seperti sistem menabung emas konvensional, Anda dapat membeli, menabung, dan menjual emas yang dimiliki kapan saja saat harga pasar dirasa menguntungkan.

Tokopedia sedang dalam proses mengupayakan agar Tabungan emas Anda bisa berubah bentuk menjadi emas fisik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembelian emas dalam nominal rendah, minimal Rp5.000 di Tokopedia Emas.

Jika Anda akan melakukan investasi emas di Tokopedia, ada dua pilihan, yaitu,

Tabungan emas Pegadaian

Pegadaian Tabungan Emas hadir di Tokopedia untuk Anda yang ingin berinvestasi emas dengan mudah dan terjangkau. Tak berbeda dengan sistem investasi emas konvensional, Anda bisa membeli, menabung, dan menjual emas yang dimiliki kapan saja saat harga pasar dirasa menguntungkan. Setiap gram emas yang Anda beli akan dititipkan di Pegadaian.

Tabungan emas Pluang

Selain bekerjasama dengan Pegadaian, saat ini Tokopedia Emas telah bekerjasama dengan Pluang sebagai partner dalam Tabungan Emas. Pluang hadir untuk Anda pengguna Tokopedia yang ingin mulai menabung hanya dengan Rp5.000 dan dengan persyaratan registrasi yang lebih mudah dan limitasi transaksi yang lebih tinggi, juga tidak dikenakan biaya tambahan apapun.

(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Advertorial


DarkLight