Cara Check In Online Batik Air Melalui Web dan Aplikasi

Oleh: Adrian Samudro - 22 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mobile check-in di gawai bisa menjadi pilihan untuk menghindari antre di konter bandara.
tirto.id - Batik Air merupakan maskapai kelas premium milik Lion Grup yang menawarkan konsep full service melalui pilihan kelas bisnis dan kelas ekonomi. Maskapai ini melayani rute penerbangan yang cukup lengkap, mulai dari antar Pulau Jawa, Kalimantan, wilayah timur Indonesia hingga internasional.

Tiketnya bisa dipesan melalui konter resmi Batik Air atau Lion Grup, jasa travel baik offline maupun online serta pemesanan melalui web dan aplikasi resmi Batik Air.

Adapun kemudahan lain yang ditawarkan maskapai ini adalah proses check in yang mudah dan tidak ribet. Berikut ini cara yang dapat dipilih untuk melakukan proses check in.

1. Check-in di Bandara

Prosedur ini adalah yang paling umum digunakan sejumlah penumpang pesawat terbang. Biasanya para penumpang melakukan check-in melalui konter di bandara sesuai maskapai penerbangannya.

Disediakan selambat-lambatnya kurang lebih 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik, dan 45 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan internasional.

Konter-konter ini biasanya akan tersedia di setiap area keberangkatan bandara dan pastikan membawa tanda pengenal (KTP), paspor dan dokumen penting lainnya untuk keperluan check-in.

Check-in di bandara biasanya ditawarkan ruang bagasi untuk keperluan menaruh barang-barang yang beratnya melebihi 7kg atau tidak bisa dibawa ke dalam kabin pesawat.

2. Web Check-in

Web check-in Batik Air dapat dilakukan dengan mengakses fitur atau laman web check-in di situs resmi maskapai.

Caranya adalah, buka laman resmi Batik Air, kemudian pilih 'Web Check-in' di bagian halaman website tersebut.

Pada laman web check-in, Anda akan diminta untuk memasukkan kode pemesanan atau kode booking yang tercantum dalam e-ticket yang telah dipesan melalui website Batik Air atau jasa travel.

Setelah itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi nama belakang pemesan tiket atau penumpang yang terdaftar.

Pada halaman ini, Batik Air juga memberikan opsi tambahan yang dapat Anda isi untuk mencari pesanan yang sesuai dengan mengisi nomor penerbangannya.

Kemudian klik 'Search' dan Anda akan dibawa ke halaman informasi penerbangan dan layanan fasilitas tambahan yang dapat dipilih, seperti pesan makanan dan bagasi tambahan.

Jika tidak tertarik, Anda bisa langsung melanjutkan langkah berikutnya yang akan menampilkan rincian terkait penerbangan Anda tersebut.

Di sini, Anda juga bisa memilih tempat duduk yang diinginkan dengan menekan 'Select Seats'. Selesaikan proses check-in dengan mengklik tombol 'Check-in'.

Pada langkah terakhir, Anda akan diberikan pilihan untuk mencetak boarding pass atau menerima file PDF yang akan dikirimkan ke alamat email Anda.

Sesuai dengan ketentuan Batik Air, web check-in baru bisa digunakan mulai dari 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan.

3. Mobile Check-in

Mobile check-in atau melalui aplikasi di gawai bisa menjadi pilihan untuk menghindari antre di konter check-in bandara.

Fasilitas mobile check-in ini telah tersedia dalam aplikasi Batik Air yang dapat diunduh melalui perangkat iOS dan Android.

Fitur yang ditawarkan hampir sama dengan Web Check-in, di mana para penumpang bisa mengetahui rincian penerbangan secara jelas, fasilitas tambahan dan memilih tempat duduk hanya dengan memasukkan kode booking penerbangan.

Batik Air juga menerapkan ketentuan mobile check-in ini yakni hanya bisa digunakan atau diakses mulai dari 24 jam sampai 4 jam sebelum waktu keberangkatan.


Baca juga artikel terkait WEB CHECK IN atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight