Cara Check-In Online Maskapai Garuda Indonesia

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 6 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara melakukan check-in secara online untuk maskapai Garuda Indonesia melalui 3 metode.
tirto.id - Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum bepergian dengan pesawat adalah melakukan pelaporan atau check-in di bandara.

Check-in dilakukan di setiap konter maskapai penerbangan yang digunakan. Dilansir dari laman Esky.eu, check-in adalah proses di mana penumpang menyerahkan bagasi apapun yang tidak ingin dibawa di dalam kabin. Penumpang kemudian diberikan boarding pass sebelum melanjutkan ke pesawat.

Check-in secara langsung di bandara setidaknya harus dilakukan 1 jam keberangkatan dengan tujuan dalam negeri dan 2 jam sebelum waktu keberangkatan maskapai penerbangan tujuan luar negeri.

Namun, seringkali orang harus mengantre panjang ketika melakukan check-in secara manual. Ini tentunya menyulitkan orang yang tak punya waktu lama sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, check-in pesawat dapat dilakukan secara online. Selain memudahkan, keuntungan check-in pesawat secara online yaitu dapat menghemat waktu secara efisien.

Maskapai pelat merah Garuda Indonesia menyediakan beberapa layanan check-in secara online seperti Web Check-in, Phone Check-in, dan Mobile Check-in beserta syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dilansir dari laman Garuda Indonesia, berikut berikut ini panduan lengkap check-in secara online pesawat Garuda Indonesia.

Phone Check-in

Para penumpang yang telah memiliki tiket dapat check-in melalui telepon dengan Call Center Garuda Indonesia. Layanan ini tersedia mulai dari 24 hingga 4 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat.

Mobile Check-in

Para penumpang yang memiliki tiket juga dapat melakukan check in melalui mobile app Garuda Indonesia.

Layanan ini tersedia untuk rute penerbangan dalam dan luar negeri untuk semua bandara. Periode check in disediakan mulai dari 48 hingga 2 jam sebelum keberangkatan domestik dan dari 48 hingga 4 jam sebelum keberangkatan internasional.

Web Check-in

Merupakan layanan internet check-in yang menawarkan cara lain untuk check-in melalui situs website Garuda Indonesia.

Layanan web check-in tersedia untuk rute penerbangan dalam dan luar negeri dari semua bandara.

Periode check-in disediakan mulai dari 48 hingga 2 jam sebelum keberangkatan domestik dan dari 48 hingga 4 jam sebelum keberangkatan internasional.

1. Buka situs Garuda Indonesia pada laman garuda-indonesia.com dan pilih Check In.

2. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku secara teliti lalu centang “Saya sudah membaca Online Check-in informasi”, kemudian klik Lanjutkan.

3. Masukkan keterangan “Tanggal Keberangkatan” dan “Nomor Booking Reference” atau “Nomor E-ticket” pada kotak yang tertera, kemudian klik Lanjutkan.

4. Amati secara teliti barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Setelah selesai, kemudian centang pada kotak “I have read and understood the restrictions on dangerous good forbidden for transport in carry-on or checked baggage”, kemudian klik Continue.

5. Pastikan bahwa informasi penumpang telah sesuai. Apabila ada frequent flyer, maka pilih “Perbaharui Frequent Flyer” agar poin GarudaMiles bertambah dari penerbangan yang akan dilakukan. Pemilihan tempat duduk juga dapat dilakukan dengan mengklik tombol “Ubah Seat”. Apabila semua telah selesai, pilih Konfirmasi Check In.

6. Selesai, namun ada baiknya untuk mencetak keluar bukti “Check In Selesai” guna ditunjukkan di konter maskapai Garuda Indonesia sesampainya di bandara.


Baca juga artikel terkait GARUDA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight