Cara Aktifkan Kuota Belajar XL, Tri, Telkomsel, dan IM3 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 28 Agustus 2020
Dibaca Normal 3 menit
Cara mengaktifkan kuota belajar di sejumlah operator, XL, Telkomsel, IM3, hingga Tri untuk belajar di rumah 2020.
tirto.id - Pada masa pandemi virus corona COVID-19, hampir semua kegiatan sekolah dan perkantoran dilakukan secara online atau daring. Untuk memfasilitas kegiatan ini, operator telekomunikasi menyediakan kuota khusus bagi masyarakat yang banyak berkegiatan secara daring.

Beberapa operator yang menyediakan paket tersebut di antaranya XL, Telkomsel, Tri, dan Axis dengan harga terjangkau. Cek harga dan cara mengaktifkan kuota belajar di masing-masing operator melalui ulasan di bawah ini.

Kuota Belajar XL


XL menyediakan kuota belajar dalam paket XTRA Conference dan XTRA Edukasi. Meeting dan belajar dari rumah bisa dilakukan dengan paket harga hemat mulai dari Rp1 ribu. Aktifkan paket XTRA Conference dan XTRA Edukasi hanya di aplikasi myXL.

1. Paket XTRA Conference

xtracon

2. Paket XTRA Edukasi

edukasi


Pkaet XTRA Edukasi ini bisa digunakan untuk membuka situs web Pemerintah dan swasta berikut ini:

Website Pemerintah Link
Rumah Belajar Kemendikbud https://belajar.kemdikbud.go.id

Spada Indonesia Kemendikbud https://spada.kemdikbud.go.id

https://lmsspada.kemdikbud.go.id/



Pendidikan Online Link
Ruangguru https://ruangguru.com
dan aplikasi Ruangguru

Zenius https://www.zenius.net
dan aplikasi Zenius

Sekolahmu https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Paket ini juga bisa digunakan untuk akses belajar di sejumlah universitas dalam link ini. Cara mengaktifkan paketnya adalah, pengguna tinggal memilih paket yang diinginkan melalui aplikasi MyXL, ikuti cara pembayaran dan paket aktif setelah pengguna mendapat notifikasi.

1. Berlaku untuk pelanggan XL Prabayar.

2. Kuota paket dapat digunakan di semua jaringan 2G/3G/4G.

3. Paket hanya bisa diaktifkan di aplikasi myXL.

4. Jika kuota paket sudah habis, maka pelanggan akan dikenakan tarif dasar internet.

5. Paket tidak berlaku perpanjangan otomatis jika masa berlaku paket sudah selesai.

6. Pelanggan dapat langsung menggunakan kuota untuk akses ke aplikasi tertentu tanpa memotong kuota paket utama (jika ada).

7. Pelanggan dapat langsung mengaktifkan paket tanpa perlu memiliki paket utama XL.

Kuota Belajar Tri


Masyarakat yang ingin memanfaatkan kuota belajar Tri bisa menggunakan Perdana AlwaysOn. Pelanggan dapat menikmati kebebasan berinternet dengan kuota data yang aktif selama nomor Tri Pelanggan masih berada dalam Masa Aktif.

Perdana AlwaysOn hadir dengan harga yang terjangkau agar Pelanggan dapat menikmati kuota internet 1GB dan bebas telepon ke sesama nomor Tri 120 menit/hari selama 60 hari, selama nomor Tri Pelanggan masih berada dalam Masa Aktif (Produk).

Untuk pelanggan Perdana AlwaysOn yang melakukan aktivasi kartu baru mulai 26 Juli 2020 dapat menikmati tambahan Kuota Belajar yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi pendidikan seperti; RuangGuru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom.

Pelanggan akan mendapatkan bebas akses ke aplikasi dan situs RuangGuru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom sebesar 33MB/hari yang akan direfresh setiap harinya selama 30 hari (total kuota 1GB).

Kuota dapat digunakan untuk akses aplikasi dan situs Edmodo. Manfaat dan masa aktif Perdana AlwaysOn dapat dicek melalui link berikut ini.

Cara Aktifkan Kuota AON

Selain membeli kartu perdana, masyarakat juga bisa memanfaatkan kuota AON dengan membeli di aplikasi bima+ seperti berikut ini.

1. Produk dapat diperoleh melalui aplikasi bima+, USSD *123# dari nomor Tri Pelanggan, retailer, supermarket, minimarket dan e-commerce yang bekerjasama dengan Tri Indonesia.

2. Deskripsi dan detail Produk dapat dilihat di aplikasi bima+ dan USSD *123#.

3. Mulai tanggal 13 Maret 2020, khusus untuk Produk Paket Data Unlimited + 6GB, nikmati akses 7 hari VIU Premium di setiap perpanjangan Produk Paket Data di Bulan kedua dan ketiga.

4. Nikmati akses Zenius dengan kuota Unlimited untuk mendukung kegiatan di rumah.

Kuota Belajar Telkomsel


Telkomsel baru saja meluncurkan program promo paket kuota belajar 10GB dengan harga hanya Rp10. Program promo paket kuota belajar Telkomsel ini berlaku sejak tanggal 21 Agustus 2020. Paket ini bisa didapatkan dengan membeli Kartu Perdana Kuota Belajar 10GB.

Pembeli kartu perdana itu juga bisa mendapatkan kuota belajar Telkomsel paket Renewal 11GB seharga Rp5000. Selanjutnya, pelanggan bisa pula mendapatkan Kuota Belajar 30GB pada paket Kartu Perdana InternetMax, UnlimitedMax, dan paket OMG.

Paket kuota belajar Telkomsel ini adalah gabungan layanan Ilmupedia dan Conference yang dapat digunakan oleh siswa dan guru untuk mengakses aplikasi belajar online serta situs e-learning milik banyak sekolah maupun kampus. Paket kuota ini juga bisa digunakan untuk memakai layanan sejumlah aplikasi conference, termasuk Zoom dan Google Meet.

Laman Telkomsel menginformasikan, paket kuota belajar ini bisa digunakan untuk memanfaatkan layanan Ilmupedia, yang meliputi akses ke platform Google Classroom; Zenius; Rumah Belajar; Quipper; Cakap; Bahaso; AyoBlajar; Kippin School 4.0; Mu; Duolingo; Mu; Birru; Udemy; Aplikasi online belajar lainnya; dan ratusan portal e-learning kampus dan sekolah yang tergabung dalam ilmupedia.

Daftar lengkap situs e-learning milik ratusan kampus, hingga sekolah dan dinas pendidikan, yang bisa diakses dengan kuota belajar Ilmupedia Telkomsel bisa dilihat melalui link ini.

Kuota Belajar IM3


Para pengguna IM3 Ooredoo bisa memanfaatkan layanan kuota gratis 30GB untuk keperluan belajar online. Akan tetapi, seperti dilansir
laman Indosat Ooredoo, promo berlaku pada 19 Maret sampai 31 Mei 2020.

Sementara saat ini, pengguna IM3 Ooredoo bisa mendapatkan kuota belajar paket pintar IMClass sebesar 30GB dengan harga Rp5000 saja. Program paket ini berlaku mulai 5 Juni 2020.

IMClass adalah paket IM3 Ooredoo yang disediakan untuk belajar online di Indonesia. Para siswa, guru dan mahasiswa bisa memanfaatkan paket ini untuk mengakses platform belajar online seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu, Rumah Belajar, Zenius, dan e-learning milik lembaga pendidikan di Indonesia.

Total ada 305 platform belajar online dan situs e-learning milik kampus dan sekolah di Indonesia yang bisa diakses dengan memakai paket IMClass dari IM3 Ooredoo. Daftar lengkapnya bisa dilihat di link ini.

Pengguna IM3 Ooredoo bisa menggunakan paket data IMClass 30GB dengan harga Rp5000 selama 30 hari. Pembeli kuota IMClass juga berpeluang mendapatkan promo diskon paket belajar, seperti di aplikasi Ruang Guru dan Quipper.

Ketentuan dan cara mengaktifkan paket kuota IMClass sebesar 30GB dengan harga Rp5000 ialah sebagai berikut:
  • Paket IMClass bisa diaktifkan semua pelanggan IM3 prabayar dan pascabayar.
  • Aktivasi paket IMClass bisa dilakukan melalui UMB *123*369#
  • Aktivasi paket IMClass juga bisa melalui aplikasi myIM3 (http:/im3.do/m3).
  • Cek pemakaian dan status langganan bisa pula dengan dua cara di atas.
  • Paket IMClass akan diperpanjang otomatis selama pulsa pelanggan mencukupi.
Perlu dicatat, apabila pelanggan mengakses aplikasi atau portal lain di luar daftar yang ditentukan, data yang digunakan akan diambil dari kuota paket internet lain yang aktif. Namun, jika tidak ada paket internet lain yang aktif, akses itu akan dikenai tarif dasar.


Baca juga artikel terkait KUOTA BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Addi M Idhom
DarkLight