BWF World Tour Finals 2018: Greysia/Apriyani Terhenti di Fase Grup

Oleh: Oryza Aditama - 14 Desember 2018
Greysia/Apriyani meraih hasil buruk di BWF World Tour Finals 2018 dengan menelan tiga kekalahan di fase grup.
tirto.id - Greysia Polii/Apriyani Rahayu menelan kekalahan ketiga dalam kejuaraan BWF World Tour Finals 2018 di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, Cina, Jumat (14/12/2018). Ganda putri Indonesia ini pun dipastikan tersingkir di fase grup.

Pada laga pamungkas di Grup A itu, ganda putri peringkat ke-4 dunia tersebut harus mengakui keunggulan wakil Cina Du Yue/Li Yunhui lewat pertarungan dua gim 18-21, 7-21 dalam 38 menit permainan.

Adapun Greysia/Apriyani sebenanya membutuhkan keajaiban untuk lolos ke fase gugur. Mereka tak hanya butuh kemenangan dua gim di partai terakhir, namun juga bergantung dengan hasil pertandingan Grup A lainnya yang mempertandingkan Matsutomo/Takahashi (Jepang) melawan Chen Qingchen/Jia Yifan (Cina).

Awal set pertama pertarungan berlangsung cukup ketat. Namun secara perlahan, dominasi ganda putri Cina mulai menyulitkan pasangan Indonesia. Interval pertama ditutup untuk keunggulan Du/Li dengan skor 8-11.

Usai jeda interval, pasangan Cina yang secara rekor pertemuan belum pernah menang melawan Greysia/Apriyani terus memimpin perolehan angka, meski dengan selisih skor tipis. Set pertama pun berakhir setelah Du/Li sukses menutupnya dengan angka 18-21.

Pada set kedua, pasangan Cina memborong enam poin beruntun hingga menutup interval dengan keunggulan 6-11. Seusai jeda interval, dominasi pasangan Cina tetap tak terbendung. Du/Li pun berhasil menutup set kedua dengan kedudukan 7-21.

Dengan hasil ini maka Greysia/Apriyani menjadi wakil Indonesia kedua yang harus angkat koper. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting juga bernasib sama yang menelan tiga kekalahan di tiga laga penyisihan grup.

Adapun Indonesia masih memiliki empat wakil yang berlum bertanding di laga pamungkas grup mereka masing-masing. Mereka antara lain sebagai berikut:

Lapangan Satu

  • Marcus/Kevin vs Han/Zhou (Cina) – Match-7 (pertandingan ke-2 sesi sore)
  • Tommy Sugiarto vs Kento Momota (Jepang) – Match-10 (pertandingan ke-5 sesi sore)

Lapangan Dua

  • Hendra/Ahsan vs Chen/Wang (Taiwan) – Match-5 (pertandingan ke-5 sesi pagi)
  • Hafiz/Gloria vs Wang/Huang (Cina) – Match-9 (pertandingan ke-4 sesi sore)


Baca juga artikel terkait BWF WORLD TOUR FINALS 2018 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Oryza Aditama