Buah yang Baik Bagi Penderita Stroke & Jantung, Pir hingga Jeruk

Oleh: Febriansyah - 24 Desember 2019
Dibaca Normal 2 menit
Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang cocok untuk dikonsumsi penderita stroke.
tirto.id - Bagi orang yang pernah mengalami stroke ataupun penyakit jantung, perbaikan pola makan sangat penting untuk mencegah kambuhnya penyakit di kemudian hari. Selain makanan pokok sehari-hari, penderita stroke perlu memperbanyak konsumsi buah yang menyehatkan untuk jantung.

Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang cocok untuk dikonsumsi penderita stroke. Penelitian yang diterbitkan Journal of Epidemiology di Jepang menemukan bahwa orang-orang yang makan buah-buahan memiliki tingkat penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Selain itu, tinjauan 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi buah terkait dengan penurunan tekanan darah sistolik.

Lalu buah apa saja yang mengandung manfaat itu? Berikut beberapa buah yang mampu menjadi solusi kesehatan storke dan jantung Anda:

1. Jeruk

Healthline menjelaskan bahwa beberapa senyawa dalam buah jeruk dapat meningkatkan kesehatan jantung. Jeruk mengandung serat larut dan flavonoid, di mana dua senyawa ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida.

Banyak flavonoid dalam buah jeruk, termasuk yang disebut naringin, adalah antioksidan kuat yang bermanfaat bagi jantung dalam beberapa cara. Flavonoid dalam buah jeruk dapat membantu menangkal penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson, yang dihasilkan dari kerusakan sel dalam sistem saraf.

Flavonoid yang ditemukan dalam buah jeruk memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dianggap membantu melindungi terhadap rantai peristiwa yang menyebabkan sistem saraf memburuk. Jenis spesifik flavonoid, termasuk hesperidin dan apigenin, telah terbukti melindungi sel-sel otak dan meningkatkan fungsi otak pada tikus dan studi tabung

2. Apel

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Science pada 2008 seperti dilansir Medical News Today menyarankan bahwa makan apel bermanfaat bagi kesehatan neurologis.

Para peneliti menemukan bahwa memasukkan apel dalam diet harian Anda dapat melindungi sel-sel neuron dari neurotoksisitas yang diinduksi stres oksidatif dan mungkin memainkan peran penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer .

Apel juga mampu mengurangi risiko stroke. Sebuah studi yang melibatkan 9.208 pria dan perempuan menunjukkan bahwa mereka yang makan apel paling banyak selama periode 28 tahun memiliki risiko terendah untuk terkena stroke. Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan apel berkaitan dengan penurunan risiko stroke trombotik.

Sama dengan jeruk, apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sekelompok peneliti di The Florida State University menyatakan bahwa apel adalah "buah ajaib". Mereka menemukan bahwa perempuan yang lebih tua yang makan apel setiap hari memiliki 23 persen lebih sedikit kolesterol jahat (LDL) dan 4 persen lebih banyak kolesterol baik (HDL) setelah hanya enam bulan.

3. Pir

Pir, terutama yang berkulit merah, mengandung karotenoid, flavonoid, dan anthocyanin. Ini adalah senyawa tanaman yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan dan juga bertindak sebagai antioksidan.

Dengan senyawa itu buah pir mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah studi 2019 pada pir menyarankan bahwa orang dengan sindrom metabolik yang makan dua pir per hari selama 12 minggu melihat sedikit penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan nadi. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit kardiovaskular.

4. Beri

Berbagai jenis buah beri kaya akan antioksidan atau zat yang ditemukan dalam makanan tertentu yang membantu melawan kerusakan sel.

Buah beri merupakan sumber fitonutrien yang paling lezat dan paling banyak mengandung senyawa kimia nabati. Berbagai jenis beri memiliki kualitas dan jumlah nutrisi yang sedikit berbeda, jadi sangat bagus untuk mencampurkannya ke dalam makanan.

Dilansir Hopkins Medicine beberapa buah beri yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung itu adalah:

-Bluberi

Meskipun mengandung lebih banyak gula dari buah beri lainnya yaitu sekitar 15 gram per cangkir, dibandingkan dengan 5 gram untuk raspberry, buah beri yang mudah ditemukan ini mengandung banyak jenis fitonutrien.

- Blackberry

Beri hitam atau blackberry mengandung paling tinggi antioksidan dan serat, sayangnya mereka kurang dibudidayakan daripada buah blueberry.

-Stroberi
Warna merah dalam stoberi mengandung beragam nutrisi.

- Raspberi
Buah ini rasanya sangat manis, tetapi sangat rendah gula.

- Cranberry
Banyak perempuan tahu buah chanberry membantu dalam menangkal infeksi saluran kemih, mereka juga termasuk berry paling rendah gula.


Baca juga artikel terkait PENYAKIT JANTUNG atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight