Beda Gejala Awal Diabetes Pada Pria dan Perempuan Serta Penyebabnya

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 26 Sep 2022 10:53 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Diabetes erat kaitannya dengan konsumsi gula berlebih seperti terlalu sering mengonsumsi minuman kemasan, minuman kekinian hingga gaya hidup tak sehat.
tirto.id - Diabetes saat ini bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak, orang dengan usia yang lebih muda atau remaja, orang dewasa hingga orang tua pun bisa terkena diabetes.

Diabetes tipe 1 dapat terjadi pada usia berapa pun, meski sering dimulai selama masa kanak-kanak atau remaja. Sedangkan diabetes tipe 2 juga dapat berkembang pada usia berapa pun, meski lebih sering terjadi pada orang yang berusia lebih dari 40 tahun.

Diabetes erat kaitannya dengan konsumsi gula harian berlebih seperti terlalu sering mengonsumsi minuman kemasan atau minuman kekinian hingga gaya hidup tak sehat.

Gejala awal diabetes



Lantas bagaimana gejala awal diabetes?

Dilansir dari laman Web MD sebagian besar gejala awal diabetes berasal dari kadar glukosa atau sejenis gula, dalam darah Anda yang lebih tinggi dari batas normal.

Tanda-tanda atau gejala awal diabetes bisa sangat ringan sehingga Anda sering kali tidak menyadarinya, terutama berlaku untuk diabetes tipe 2. Beberapa orang tidak mengetahui bahwa ia menderita diabetes sampai mereka mendapatkan masalah kesehatan yang telah disebabkan oleh penyakit tersebut.

Meski begitu, dilansir dari laman Mayo Clinic, gejala awal diabetes akan tergantung pada seberapa tinggi gula darah Anda. Berikut beberapa gejala umum diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2,

1. Merasa lebih haus dari biasanya.

2. Sering buang air kecil.

3. Berat badan akan cepat berkurang tanpa diet

4. Munculnya keton dalam urin. Keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi ketika tidak ada cukup insulin yang tersedia.

5. Merasa lelah dan lemah.

6. Merasa mudah tersinggung atau mengalami perubahan suasana hati lainnya.

7. Mengalami penglihatan kabur.

8. Memiliki luka yang lambat sembuh.

9. Mengalami banyak infeksi, seperti infeksi gusi, kulit dan vagina.

Gejala diabetes pada pria



Selain gejala umum diabetes, dilansir dari laman Healthline, pria yang menderita diabetes mungkin memiliki beberapa gejala yang lebih khas seperti,

1. Gairah seks menurun

2. Disfungsi ereksi (DE)

3. Kekuatan otot yang buruk

Gejala pada perempuan



Sementara itu, pada perempuan yang menderita diabetes biasanya juga memiliki gejala yang lebih khas, yaitu,

1. Vagina terasa lebih kering

2. Infeksi saluran kemih

3. Infeksi jamur

4. Kulit kering dan gatal

Apa penyebab diabetes?


Penyebab diabetes bisa berbeda tergantung dengan jenis diabetesnya. Berikut beberapa penyabab diabetes,

Penyebab diabetes tipe 1

Dokter biasanya tidak tahu persis apa yang menyebabkan diabetes tipe 1. Untuk beberapa alasan, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreas. Dilansir dari laman Healthline, gen mungkin berperan pada beberapa orang yang mengalami diabetes tipe 1 ini. Selain gen, mungkin juga virus yang menjadi memicu serangan sistem kekebalan.

Penyebab diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 berasal dari kombinasi faktor genetik dan gaya hidup. Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko Anda mengalami diabetes tipe 2.

Selain itu, gaya hidup modern yang pada sebagian orang terlalu sering mengonsumsi minuman kemasan atau minuman kekinian juga bisa menyebabkan peningkatan risiko seseorang terkena diabetes tipe ini bahkan saat usia muda sekalipun.

Penyebab diabetes gestasional

Diabetes gestasional terjadi sebagai akibat dari perubahan hormonal selama kehamilan. Plasenta menghasilkan hormon yang membuat sel-sel orang hamil kurang sensitif terhadap efek insulin. Hal ini dapat menyebabkan gula darah tinggi selama kehamilan.

Orang yang kelebihan berat badan saat hamil atau yang mengalami kenaikan berat badan terlalu banyak selama kehamilan lebih mungkin terkena diabetes gestasional.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight