Arti Google Doodle Hari Ini yang Ikut Meriahkan HUT RI ke-75

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 17 Agustus 2020
Google doodle hari ini diilustrasikan oleh seniman Martcellia Liunic yang berbasis di Jakarta, Indonesia.
tirto.id - Google turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 yang jatuh hari ini 17 Agustus 2020 dengan desain istimewa doodle.

Hari ini saat Anda meng-klik laman pencarian Google maka akan keluar logo Google dengan gambar beraneka warna.

Seperti huruf O dalam tulisan Google akan bergambar panjat pinang, selain itu terdapat pula gambar seorang anak membawa sebuah bendera merah putih.

Dilansir laman resmi Google, doodle hari ini diilustrasikan oleh seniman Martcellia Liunic yang berbasis di Jakarta, Indonesia.

Menurut Martcellia, melalui doodle karyanya ini, ia ingin memberikan pesan bahwa Indonesia beragam dan penuh warna.

"Indonesia itu indah, beragam, dan meriah, seperti ilustrasi saya yang penuh warna!" ujar Martcellia.

Ia juga mengatakan, makna lain dari doodle hari ini adalah pentingnya persatuan dalam perbedaan.

"Saya ingin menggambarkan tidak hanya perayaan ini dalam ilustrasi saya untuk Doodle, tetapi juga pentingnya 'Bhinneka Tunggal Ika', yang berarti 'persatuan dalam perbedaan'. Sebagai salah satu masyarakat yang paling beragam secara etnis, Indonesia terdiri dari 1.300 kelompok etnis, dengan setidaknya 95 persen asli nusantara," katanya.

"Jadi saya juga ingin menggambarkan keindahan alam Indonesia dengan pegunungan, laut, dan beberapa hewannya yang luar biasa seperti harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii," tambahnya.

Gambar lain yang juga ditambilkan dalam doodle hari ini adalah perlombaan atau simbol panjat pinang, salah satu permainan hiburan terpopuler yang mengharuskan tim untuk bekerja sama mencapai puncak tiang yang licin agar mendapatkan hadiah.

Permainan panjat pinang ini juga dianggap tak hanya sekadar permainan biasa namun juga menjadi salah satu simbul untuk mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia.


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH
DarkLight