Link Live Streaming Upacara Virtual HUT ke-75 RI, 17 Agustus 2020

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 16 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Link live streaming Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020 secara virtual.
tirto.id - Seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-75, besok 17 Agustus 2020, dengan mengusung tema Indonesia Maju logo.

Perayaan HUT RI kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi COVID-19 yang melanda.

Tahun ini, Sekretariat Kabinet Republik Indonesia meluncurkan laman “Pandang Istana”, yang merupakan kanal resmi pendaftaran partisipasi upacara secara virtual HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin (10/8/2020), di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta.

“Berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini Bapak/Ibu kami undang untuk mengikuti HUT ke-75 RI tahun ini melalui virtual,” ujarnya saat peresmian, sebagaimana dilansir dari laman resmi Setkab.go.id.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana yang beralamat di https://pandangistana.setneg.go.id.

Sekretariat Presiden mengalokasikan sebanyak 17.845 undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2020.

Pemohon yang mengajukan kuota undangan tersebut akan terlebih dahulu dilakukan verifikasi data.

Setelahnya, pemohon akan memperoleh pesan melalui WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia atau Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Istana Merdeka secara langsung melalui konferensi video.

Setiap pendaftar hanya akan memperoleh satu tautan undangan konferensi video.

Selain itu, masyarakat yang ingin ikut dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, bisa disaksikan melalui akun resmi YouTube Sekretariat Presiden atau melalui siaran langsung televisi nasional maupun swasta Indonesia.

Seluruh masyarakat diharapkan untuk turut menghormati peringatan tersebut dengan menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

Dilansir dari laman resmi Presiden.go.id, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini hanya akan dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan.

Seluruh masyarakat nantinya dapat mengikuti jalannya upacara peringatan secara virtual.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono juga mengatakan, dalam acara puncak pada tanggal 17 Agustus 2020, panitia yang terdiri atas berbagai kementerian akan bersinergi untuk memberikan nuansa HUT ke-75 RI tetap berlangsung secara meriah.

Berbagai acara baik berupa hiburan maupun edukasi kepada masyarakat, akan disiarkan melalui televisi sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi dimulai.

“Prosesnya adalah penaikan bendera tetap kami lakukan. Kami memutuskan di Istana sangat minimalis, artinya pengibar bendera dari Paskribraka hanya 3 orang, ditambah mungkin cadangan,” ungkapnya, dikutip dari Setkab.

Berikut ini link live streaming Upacara Virtual 17 Agustus 2020:

Link 1 Pandang Istana

Link 2 YouTube Sekretariat Negara



Baca juga artikel terkait LINK LIVE STREAMING UPACARA HUT RI KE-75 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight