Apa Saja Keuntungan Penggunaan TIK di Bidang Pendidikan

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 28 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Teknologi informasi dan komunikasi telah membawa bidang pendidikan ke paradigma baru pembelajaran yang lebih fleksibel dan mudah diakses.
tirto.id - Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sekarang ini membawa banyak perubahan dalam peradaban manusia. Kemajuan dalam TIK telah memudahkan manusia dalam menjalankan berbagai pekerjaannya.

Dampak positifnya sangat besar dan berpengaruh, meski tidak sedikit pula dampak negatif yang ditimbulkannya.

Melansir modul Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran (Dasar) (Kemdikbud 2015), perkembangan TIK telah mengubah paradigma manusia untuk memperoleh informasi dan komunikasi.

Transfer informasi dan komunikasi berlangsung sangat cepat yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Misalnya dengan ditemukannya internet maka seseorang bisa mengirimkan kabar, informasi, data menggunakan komputernya ke seluruh penerima di berbagai belahan dunia.

Sebagai sumber informasi, jaringan internet telah menjadi salah satu sumber pembelajaran di dunia pendidikan. Sistem pembelajaran tidak lagi berfokus pada tatap muka. Sebab, sekarang ini mulai muncul konsep distance learning.

Manfaat TIK dalam dunia pendidikan

TIK bermanfaat untuk berbagai bidang, termasuk di dalamnya bidang pendidikan. Penggunaan TIK telah terbukti memudahkan berbagai pekerjaan dalam pendidikan, bahkan menjadi solusi dalam kegiatan belajar distance
learning, web-based education, dan e-learning yang memungkinkan transfer ilmu bisa dilakukan di mana saja memakai piranti komputer.

Dilihat dari pelaksanaanya, perkembangan pembelajaran tersebut memanfaatkan fasilitas jaringan internet untuk sarana dan media pendidikan dan pengajaran. Sehingga, sekarang proses pendidikan bisa berlangsung fleksibel tanpa menggantungkan harus melalui tatap muka di kelas.

Manfaat TIK di bidang pendidikan

Kemajuan TIK membuat bidang pendidikan tidak lagi berjalan di tempat. Keberadaan internet dan piranti komputer kekinian telah menjadi solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19.

Dengan memanfaatkan berbagai software aplikasi konferensi di komputer atau ponsel pintar ditunjang akses internet, pembelajaran tetap bisa dilangsungkan meski ada kendala berkumpul tatap muka di kelas.

Berikut ini berbagai manfaat TIK lainnya di bidang pendidikan seperti dikutip dari laman Sumber Belajar Kemendikbud:
  • Informasi semakin cepat diperoleh dan diakses untuk tujuan pendidikan pendidikan.
  • Munculnya inovasi e-learning membuat pembelajaran berkembang dan menunjang kemudahan proses pendidikan.
  • Materi tentang pelajaran dapat dibuat lebih menrik dan interaktif.
    Kini makin mudah untuk mengakses informasi berkenaan dengan hasil penelitian orang atau pihak lain.
  • Pelajar dapat dengan mudah untuk memperoleh bahan ilmu pengetahuan untuk mengerjakan tugas makalah, paper, dan sebagainya.
  • Dengan menguasai TIK, terjadi kesetaraan untuk mengakses informasi atau ilmu sebagaimana yang dimiliki oleh siswa-siswa di negara maju.
  • Siswa menjadi lebih siap menghadapi persaingan di dunia kerja saat mampu menguasai komputer dan penggunaannya.
  • Sebagai bagian dari kemajuan TIK, internet menawarkan perpustakan digital terbesar saat ini yang sangat mudah diakses.
  • TIK membantu sistem informasi lembaga pendidikan sehingga proses menajemen kesiswaan semakin mudah dilakukan dan lancar.


Baca juga artikel terkait TIK atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight