Menuju konten utama
Informatika Kurikulum Merdeka

20 Soal Berpikir Komputasional Informatika Kelas 7 & Jawabannya

Berikut beberapa contoh soal Berpikir Komputasional Informatika kelas 7 beserta jawabannya sesuai materi Informatika di Kurikulum Merdeka.

20 Soal Berpikir Komputasional Informatika Kelas 7 & Jawabannya
Ilustrasi Ujian. FOTO/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal Berpikir Komputasional Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka berhubungan dengan pembahasan dalam 4 subtema, yakni Algoritma, Optimasi Penjadwalan, Struktur Data, dan Representasi Data.

Di materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka, bab tentang Berpikir Komputasional yang masuk dalam pembelajaran di semester 1 mengenalkan aplikasi konsep-konsep kunci dalam topik ini.

Pengertian berpikir komputasional adalah cara berpikir menyelesaikan persoalan secara efektif dan efisien yang bisa dikembangkan untuk dilakukan oleh perangkat komputer.

Di dalam praktiknya, berpikir komputasional mencakup cara memecahkan persoalan, merancang sistem, dan memahami perilaku manusia.

Dikutip dari Buku Panduan Guru Informatika Kelas 7 (2021) terbitan Kemdikbudristek, metode cara berpikir komputasional dalam penyelesaian persoalan bisa diterapkan melalui 4 proses berikut:

  • Dekomposisi dan formulasi persoalan agar bisa diselesaikan cepat dan efisien dengan komputer
  • Abstraksi (menyarikan bagian penting persoalan agar lebih mudah fokus pada solusi)
  • Algoritma (menuliskan otomasi solusi dengan cara berpikir algoritmik)
  • Merumuskan pola persoalan dan generalisasi solusi ke permasalahan sejenis.
Secara operasional, 4 pondasi berpikir komputasional di atas dapat diterjemahkan menjadi langkah-langkah berikut:

  • Memformulasikan persoalan untuk mencari solusinya, dengan bantuan komputer atau alat lain.
  • Mengorganisasikan dan menganalisis data secara logis.
  • Merepresentasikan data melalui abstraksi dalam bentuk model dan simulasi.
  • Melakukan otomasi solusi dengan menyusun algoritma.
  • Mengidentifikasi, menganalisis, dan menerapkan solusi secara efisien dan efektif.
  • Menerapkan solusi persoalan ke masalah-masalah yang sejenis.

Contoh Soal Berpikir Komputasional Kelas 7 & Jawabannya

Berikut ini beberapa contoh soal TIK kelas 7 Berpikir Komputasional beserta jawabannya berdasarkan isi materi Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka:

Soal Pilihan Ganda

1. Salah satu penerapan kecerdasan buatan dalam manufaktur dikenal sebagai…

A. Sistem mikropresessor

B. Struktur graphene

C. Artificial intelligence

D. Digitalizer singularistic

E. Embedded system

Jawaban: C

2. Apa keuntungan utama dari konsep Berpikir Komputasional?

A. Menggantikan logika dengan emosi

B. Membantu manusia memahami dan menyelesaikan masalah

C. Membuat manusia kehilangan pekerjaan

D. Mempercepat seluruh aktivitas manusia

Jawaban: B

3. Teknologi sistem informasi geografis memiliki banyak manfaat kecuali…

A. Pengelolaan sumber daya

B. Perencanaan pembangunan

C. Tipografi

D. Investigasi ilmiah

E. Perencanaan rute

Jawaban: C

4. Apa yang dimaksud dengan proses generalisasi dalam Berpikir Komputasional?

A. Menyederhanakan masalah secara berlebihan

B. Mengidentifikasi pola dalam data

C. Menggunakan solusi pada permasalahan lain yang serupa

D. Mengecilkan ukuran program komputer

Jawaban: C

5. Proses evaluasi dalam komponen Berpikir Komputasional dilakukan untuk mengevaluasi…

A. Perangkat keras komputer

B. Kode program

C. Bahasa pemrograman

D. Kinerja solusi atau algoritma

Jawaban: D

6. Komputasi sering digunakan untuk mendukung industri otomasi pada sektor…

A. Perdagangan

B. Jasa

C. Manufaktur

D. Perusahaan kecil

E. Perbaikan

Jawaban: C

7. Apa arti “data manipulation” dalam konsep Berpikir Komputasional?

A. Membuat data lebih kompleks

B. Mengolah data agar sesuai kebutuhan pemrosesan

C. Menjadikan data lebih sulit dipahami

D. Menyesuaikan data dengan preferensi pemrogram

Jawaban: B

8. Berpikir Komputasional dapat didefinisikan sebagai…

A. Proses berpikir kritis tentang komputer

B. Cara berpikir seperti komputer dalam memecahkan masalah

C. Pemikiran seputar permasalahan komputer

D. Proses berpikir untuk pemrograman komputer

Jawaban: B

9. Diagram fase pada mesin Moore akan menampilkan keluaran pada setiap…

A. Getar

B. Fase

C. Input

D. Output

E. Transisi

Jawaban: B

10. Kajian dalam bidang komputasi masih kurang berkembang karena lebih condong sebagai kajian teori…

A. Terapan

B. Murni

C. Semi-manual

D. Kontemporer

E. Implikasi

Jawaban: B

11. Sistem informasi yang mengelola data berbasis lokasi disebut sistem informasi…

A. Marginal

B. Spasial

C. De-final

D. Nokturnal

E. Komunal

Jawaban: B

12. Proses komputasi tradisional yang dilakukan ribuan tahun memanfaatkan alat seperti…

A. Kapur dan batu tulis, pena, dan kertas

B. Kalkulator mekanik saja

C. Tabel data

D. Semua yang disebutkan

Jawaban: D

13. Prediksi iklim menggunakan komputasi ilmiah dimungkinkan karena penggunaan komputer…

A. Statistik

B. Pararel

C. Faktual

D. Independen

E. Serial

Jawaban: B

14. Contoh abstraksi data dalam Berpikir Komputasional adalah…

A. Menggunakan data mentah

B. Menyembunyikan detail implementasi data dalam fungsi

C. Memanfaatkan data dari internet

D. Menambahkan fitur pada bahasa pemrograman

Jawaban: B

15. Ilmu yang menggabungkan matematika terapan dengan ilmu komputer dikenal sebagai…

A. Matematika programming

B. Teori kompulasi

C. Simulasi matematika

D. Matematika kompulasi

E. Komputasi fisika

Jawaban: D

Soal Cerita

1. Fadli membuat gelang dari manik-manik berbentuk bulat. Urutan warna manik-manik di gelang tersebut adalah merah (M), hijau (H), kuning (K), dan biru (B). Selama 4 warna manik-manik itu masih tersedia, Fadli tidak akan mengubah urutan warnanya. Setelah memasukkan manik-manik biru, Fadli akan kembali memasukkan manik-manik berwarna merah.

Jika salah satu warna manik-manik habis, Fadli akan berlanjut membuat gelang dengan manik-manik tersisa. Manik-manik yang bersebelahan tidak boleh berwarna sama.

Saat membuat gelang, Fadli memiliki: 5 buah manik-manik merah (M); 3 buah manik-manik hijau (H); 7 buah manik-manik kuning (K); dan 2 buah manik-manik biru (B).

Berdasarkan ketersediaan manik-manik dan aturan urutan warnanya, berapa manik-manik yang bisa dirangkai oleh Fadli?

Pilihan jawaban:

A. 8

B. 17

C. 15

D. 5

Jawaban: C. 15

2. Fuad diminta oleh ayahnya untuk mengisi air hingga penuh di 3 buah ember. Di rumah Fuad, hanya ada 2 pancuran air yang bisa digunakan untuk mengisi ember-ember tersebut. Untuk mengisi penuh satu ember dengan air, perlu waktu 1 jam. Pengisian air di setiap ember bisa dibagi menjadi beberapa tahap. Berapa lama waktu tersingkat yang diperlukan oleh Fuad untuk mengisi penuh 3 ember tadi dengan air?

Jawaban: 1 jam 30 menit

3. Adi dan Ida membuat kerajinan tangan dari batang kayu kecil. Adi mempunyai 20 batang kayu dengan panjang masing-masing 10 cm. Sementara itu, Ida memerlukan batang kayu tambahan berukuran 4 cm dan 3 cm yang masing-masing sebanyak 7 buah. Adi lantas ingin memberikan kayu miliknya kepada Ida. Berapa minimal jumlah batang kayu yang diberikan oleh Adi kepada Ida?

Jawaban: 6 buah

4. Azis mengembangkan sistem pengkodean yang terdiri dari 4 digit, untuk mengkode sebuah kata rahasia. Kode apa yang diperoleh untuk kata HILBERT, jika mengikuti aturan berikut:

1) Huruf pertama selalu diambil.

2) Menghapus semua huruf 'A', E', 'I', 'O', 'U', 'H', 'W', 'Y'.

3) Mengganti huruf menjadi sebuah angka dengan aturan di bawah ini:

-B, F, P, V menjadi angka 1

-C, G, J, K, Q, S, X, Z menjadi angka 2

-D dan T menjadi angka 3

-L menjadi angka 4

-M dan N menjadi angka 5

-R menjadi angka 6

4) Mengganti 2 huruf atau lebih yang muncul berurutan dengan huruf tersebut, diikuti jumlah kemunculannya.

5) Mengambil 4 digit pertama saja, tambahkan 0 jika kurang dari 4 untuk menjadi 4 digit.

Pilihan Jawaban:

A. H041

B. B540

C. H410

D. H416

Jawaban yang benar: D. H416

5. Eko sedang menghias kue ulang tahun. Ia ingin membuat kue berbeda-beda dengan menaruh lilin ulang tahun di setiap kue. Eko punya 2 macam lilin, yakni merah dan kuning. Setiap kue harus dihias minimal dengan 1 lilin. Adapun urutan warna lilin sangat penting.

Misalnya, lilin merah-kuning akan berbeda dengan kuning-merah meski keduanya terdiri dari 1 lilin merah dan 1 lilin kuning. Eko ingin memakai sesedikit mungkin lilin. Maka itu, ia memulai dengan 1 lilin, lalu 2 lilin, dan seterusnya.

Apabila Eko harus menghias 12 kue ulang tahun, berapa minimal jumlah lilin yang ia dibutuhkan? Isilah jawaban dengan bilangan bulat.

Jawaban: Jumlah yang benar adalah 24.

Baca juga artikel terkait INFORMATIKA atau tulisan lainnya dari Wulandari

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Wulandari
Penulis: Wulandari
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Dhita Koesno