tirto.id - Kendaraan sepeda motor generasi terbaru yang mengadopsi sistem injeksi memiliki kecanggihan dalam memberikan informasi mengenai kendala kerusakan.
Pengecekan tidak melulu dilakukan secara manual. Pada motor injeksi seperti pada produk besutan Yamaha, telah menggunakan MIL untuk menampilkan dugaan kerusakan.
Saat motor injeksi memiliki kerusakan, MIL segera bekerja ketika kunci kontak berada di posisi on atau menyala. Informasi MIL berupa kedipan lampu yang umumnya berkelir kuning pada panel yang menyatu dengan speedometer.
Kedipan tersebut memiliki makna tersendiri yang menjelaskan kerusakan dari motor. Oleh sebab itu, pengguna atau teknisi perlu memahami kode MIL.
Apa itu Kode MIL Yamaha?
MIL adalah akronim dari Malfunction Indicator Lamp. Kode MIL Yamaha adalah sistem monitoring otomatis pada sepeda motor Yamaha yang menampilkan notifikasi apabila terdapat kerusakan atau masalah di sistem kendaraan.
Bila ditemukan kerusakan, sistem segera mengaktifkan kode MIL dengan menyalakan lampu indikator di panel digital speedometer. Setiap kode mempunyai informasi tersendiri sehingga lebih gampang untuk dipahami.
Lampu MIL akan terus menyala sekali pun motor dihidupkan. Lampu tersebut baru akan mati ketika kerusakan atau masalah yang muncul telah dilakukan penanganan.
Dengan demikian, pengguna sepeda motor injeksi Yamaha sebaiknya membawa tunggangannya ke tempat servis terdekat saat lampu MIL menampilkan ketidakberesan pada sistem kendaraan.
Penanganan masalah di sistem kendaraan disarankan melalui tempat servis resmi Yamaha.
Teknisi akan memeriksa kendala yang dihadapi dan memastikan kendaraan berada di performa terbaiknya. Teknisi lebih mengetahui letak kerusakan dan penanganannya karena dibekali pula dengan alat khusus.
Cara Membaca Kode MIL Yamaha
Kode MIL Yamaha memberikan informasi kendala atau kerusakan sistem kendaraan secara berkala. Lampu indikator mIL menyala sewaktu kontak dihidupkan dengan jumlah kedipan sesuai kode kerusakan.
Setelah itu, lampu akan padam beberapa detik dan setelah itu menyala kembali dengan memberikan kodel MIL yang sama.
Cara membaca kode MIL Yamaha yang praktis dilakukan dengan alat bernama Diagnosa FIDT Yamaha. Alat ini dimiliki oleh tempat servis resmi. Kendati demikian, orang awam juga dapat membaca arti kode MIL dengan melihat kedipan jumlah kedipannya.
Saat kode MIL aktif, perhatikan bahwa nyala lampu ada yang berkedip panjang selama 1 detik atau kedip pendek sekitar setengah detik. Kedip panjang memiliki arti nilainya 10. Jika tampak kedipan pendek, nilainya 1.
Setelah paham makna kedipan tersebut, akumulasikan nilai kedipannya. Total nilai kedipan lalu dicarikan maknanya melalui tabel kode MIL yamaha.
Contohnya ada kedipan 44 kali, maka masalah mengacu pada kode 44 dalam MIL yang artinya terjadi kerusakan pada EEPROM.
Daftar Kode Mil Yamaha
Kode MIL Yamaha memiliki banyak varian angka yang menjadi simbol dari jenis kendala atau kerusakan pada sistem kendaraan. Ada pun daftar kode MIL Yamaha terdiri dari:
- Kode 12: Sinyal tidak normal diterima Crankshaft position sensor
- Kode 13: Terdeteksi terlepasnya atau hubungan arus pendek di Intake Air Pressure
- Kode 14: Kerusakan sistem udara mengakibatkan tekanan tidak normal diterima oleh Intake Air Pressure
- Kode 15: Terdeteksi terlepasnya atau konslet di TPS (Throttle Position Sensor)
- Kode 16: TPS (Throttle Position Sensor) tersangkut
- Kode 19: Side Stand Switch atau saklar standar samping lepas atau putus
- Kode 21: Terlepasnya socket atau korslet pada Coolant Temperature Sensor
- Kode 22: Intake Air Temperature Sensor lepas atau korslet
- Kode 24: Sinyal yang diterima O2 Sensor tidak normal
- Kode 28: Engine Temperature Sensor rusak
- Kode 30: Lean Angle Sensor bermasalah. Kasusnya kadang karena motor terjatuh
- Kode 37: Idle Speed Control (ISC Valve) rusak
- Kode 39: Fuel injection bermasalah atau rusak
- Kode 41: Lean Angle Sensor lepas atau korslet
- Kode 42: Sinyal speed sensor tidak normal. Ada kemungkinan kabel speedometer putus
- Kode 44: Kerusakan EEPROM
- Kode 46: Pengisian setrum aki tidak normal. Umumnya karena tidak berfungsinya kiprok/regulator atau spull
- Kode 50: Memori ECU rusak
- Kode 61: ISC tidak berfungsi
- Kode 79: Banyak udara di ruang bakar
- Kode 84: Solenoid VVA lepas atau korsleting
- Kode 96: Power supply ke motor tidak ada dan biasanya karena aki mengalami hubungan arus pendek (korslet).
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dhita Koesno