tirto.id - Yamaha Force 1 Z atau F1Z R (Fiz R) pernah menjadi salah satu motor rekomendasi pada tahun 1990-an. Kendaraan ini dirilis tahun 1994 dan menjadi versi facelift dari Yamaha Force 1 yang hadir sebelumnya pada 1992. Harga motor Fiz R bekas second cenderung stabil dari waktu ke waktu.
Jika menilik situs jual beli daring, kriteria penetapan harga Fiz R bekas dilihat dari komponen yang ada di unit kendaraan. Unit Fiz R yang memiliki pajak mati dengan komponen standar, umumnya diberi harga di bawah Rp5 juta. Jika unitnya istimewa masih membawa komponen orisinal dan beroperasi dengan baik, harga pasaran motor Fiz R bisa menembus sampai Rp10 juta.
Meski begitu, harga Fiz R bekas sangat mungkin berlainan di setiap daerah. Stok motor Fiz R bekas tidak semua tempat tersedia. Hal tersebut turut mempengaruhi tinggi rendahnya banderol penawaran di samping dilihat dari kondisi unit kendaraan.
Berapa Harga Motor Fiz R Dulu dan Bekasnya?
Harga motor Fiz R pada tahun 2000-an dibanderol sekitar Rp11.360.000. Jika diamati dengan harga bekasnya sekarang yang mencapai Rp10.000.000 untuk kondisi istimewa, nilai motor ini masih sangat tinggi. Keberadaan Fiz R tetap dicari kolektor seperti halnya Yamaha RX King.
Sebagai perbandingan, RX King yang dijual pada tahun 2000-an dibanderol sekitar Rp13.600.000. Harga bekasnya bervariasi mulai dari Rp9.000.000 hingga Rp45.000.000.
Lalu, berapa harga motor Fiz R edisi Caltex? Yamaha Fiz R pernah dirilis dalam edisi spesial, yaitu Milenium, Marlboro, Limited Edition, dan Caltex. Fiz R Caltex merupakan salah satu model dengan harga bekas sangat tinggi saat ini. Dari penelusuran di situs jual beli daring, harga Fiz R Caltex bisa ditawarkan sampai Rp35.000.000.
Motor Yamaha Fiz R Caltex dianggap memiliki warna bodi yang bagus. Sejarah perilisannya terinspirasi dari motor balap yang dirilis bagi tim road race Yamaha Caltex tahun 2000. Yamaha lantas mengeluarkan Fiz R dengan livery dan stripping khusus pada periode 2001 sampai 2002 untuk anniversary tim balap Caltex.
Spesifikasi Yamaha F1Z R
Cikal bakal Yamaha Fiz R adalah Yamaha Force 1 sebagai penerus tipe Alfa dengan mesin berkapasitas 105 cc. Yamaha Alfa hadir pada 1980-an lalu diteruskan Force 1 pada 1992. Yamaha Fiz R lantas dirilis sebagai facelift Force 1 pada 1994.
Semenjak kemunculan Force 1, Fiz R terkena efek pembenaman fitur YPCS (Yamaha Performance Cooling System). Sistem pendingin mesin ini mengandalkan kipas yang berguna menyedot udara dari luar untuk masuk ke mesin dan mendinginkan suhu. Kala itu baru Yamaha yang menerapkan YPCS.
Yamaha Fiz R merupakan motor bebek 2-tak yang memiliki mesin silinder tunggal 110,4 cc. Transmisinya manual 4-percepatan dengan pola N-1-2-3-4, serta dilengkapi starter pedal dan elektrik.
Performa mesin Fiz R menghasilkan tenaga hingga 11,8 dk pada putaran 7500 rpm. Ada pun torsi maksimalnya berada di 10,79 Nm di putaran 6500 rpm.
Bentuk Fiz R di awal kemunculannya belum banyak berubah kecuali sudah memakai rem cakram di roda depan. Model lama bertahan sampai 1996 dan muncul pula beberapa model spesial. Perbedaan pada model spesial tampak di bagian behel yang sudah mempunyai lampu dan penambahan krom di sebagian komponen.
Yamaha melakukan berbagai perombakan besar pada Fiz R di tahun 2000. Perubahan tampak pada pemakaian pelek racing dan desain modern. Model terbaru ini sudah mengadopsi kopling manual konvensional (full clutch).
Harga motor Fiz R 2004 menjadi banderol terakhir yang dimiliki kendaraan ini. Yamaha telah menyuntik mati Fiz R pada 2004 dan menggantikannya dengan Yamaha Vega. Sejak itu dimulai perilisan kendaraan Yamaha menggunakan mesin 4-tak.
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis