Menuju konten utama

AP I Catat Trafik Penumpang di Angkutan Lebaran 2022 Capai 2,4 Juta

Bandara Juanda Surabaya mencatat trafik tertinggi dengan melayani hingga 553.347 penumpang dan 3.981 pergerakan pesawat.

AP I Catat Trafik Penumpang di Angkutan Lebaran 2022 Capai 2,4 Juta
Calon penumpang mengantre untuk lapor diri di loket Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (29/4/2022). ANTARA FOTO/Umarul Faruq/nz

tirto.id - PT Angkasa Pura I tercatat telah mengangkut penumpang sebanyak 2.485.107 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 21.441 pergerakan pesawat di 15 bandara kelolaannya selama periode Angkutan Lebaran yang dimulai sejak tanggal 25 April (H-7) hingga 10 Mei 2022 (H+7).

Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi menjelaskan, jika dibandingkan dengan trafik pergerakan penumpang di tahun 2021 lalu yang hanya melayani 531.268 penumpang, jumlah pergerakan penumpang pada periode Angkutan Lebaran tahun ini mengalami peningkatan hingga 359 persen.

Sedangkan untuk trafik penerbangan juga mengalami peningkatan hingga 200 persen jika dibandingkan pada trefik tahun 2021 yang melayani 7.158 pergerakan pesawat.

"Pergerakan trafik penumpang dan penerbangan pada periode Angkutan Lebaran tahun ini sendiri lebih tinggi 5 persen dan 9 persen dari prediksi dimana kami memperkirakan melayani 2.364.660 penumpang dan 19.579 pergerakan pesawat di 15 bandara yang kami kelola,” ujar dia dalam keterangan resmi, Rabu (11/5/2022).

Kemudian tiga bandara Angkasa Pura I yang melayani penumpang dan pesawat tertinggi selama periode Angkutan Lebaran, yaitu Bandara Juanda Surabaya yang melayani hingga 553.347 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 3.981 pergerakan pesawat.

Disusul Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang melayani hingga 503.882 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 3.641 pergerakan pesawat dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar yang melayani hingga 475.142 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 3.743 pergerakan pesawat.

Selama periode Angkutan Lebaran Angkasa Pura I setidaknya menerima sebanyak 1.378 rencana extra flight dengan realisasi mencapai 1.005 extra flight atau mencapai 73 persen.

Sedangkan untuk tingkat ketepatan waktu atau on time performance (OTP), rata-rata OTP di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I selama periode Angkutan Lebaran mencapai 67,07 persen atau melampaui rata-rata OTP harian yang mencapai 61,81 persen.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel insan Angkasa Pura I dan seluruh stakeholders terkait di bandara seperti Kantor Otoritas Bandara, TNI, Polri, BMKG, Airnav Indonesia, Custom-Immigration-Quarantine (CIQ), Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak maskapai, ground handling dan Mitra Usaha/Tenant yang telah mendukung penerbangan selama periode Angkutan Lebaran berjalan lancar, aman, sehat dan mencatatkan zero accident dari hari pertama hingga hari penutupan Posko Angkutan Lebaran Terpadu,” tandas dia.

Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2022 atau tulisan lainnya dari Selfie Miftahul Jannah

tirto.id - Bisnis
Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Restu Diantina Putri