Ada Karnaval Cap Go Meh di Glodok, Lalu Lintas Dialihkan

Oleh: Damianus Andreas - 4 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
Penutupan jalan dilakukan di Jalan Hayam Wuruk arah menuju Harmoni dari kawasan Kota Tua.
tirto.id - Minggu (4/3/2018).siang, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat, terpantau padat. Kepadatan itu merupakan dampak dari diselenggarakannya acara Karnaval Nusantara Cap Go Meh Grogol 2018 sejak sekitar pukul 13.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB. Berdasarkan pantauan Tirto.id di lokasi, jalan raya yang semestinya untuk melintas kendaraan bermotor itu digunakan sebagai tempat untuk sejumlah atraksi dan jalur pawai.

Penutupan jalan dilakukan di Jalan Hayam Wuruk arah menuju Harmoni dari kawasan Kota Tua karena panggung yang memanjang didirikan tepat di depan LTC Glodok. Masyarakat pun terlihat memadati jalan raya tersebut untuk melihat atraksi yang disajikan. Sementara jalan raya dari arah Harmoni ke Kota Tua tetap dibuka untuk kendaraan umum.

“Kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansyah dalam keterangan resminya.

Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas selama pawai berlangsung. Dari arah Kota dan Mangga Dua yang menuju Harmoni, dialihkan ke Jalan Jembatan Batu lalu ke Jalan Mangga Dua, Jalan Gunung Sahari, dan seterusnya. Pengguna jalan juga bisa melalui fly over Pasar Pagi kemudian berlanjut ke Jalan Moch. Mansyur, dan seterusnya.

Sedangkan bagi pengguna jalan yang hendak melintas dari Kota Tua ke Harmoni, bisa melalui Jalan Zainul Arifin, Jalan Moch. Mansyur, fly over Pasar Pagi, dan seterusnya.

Selain itu, kendaraan pribadi yang melintas dari Sawah Besar ke Kota akan dialihkan dengan harus memutar balik menuju Jalan Sukarjo Wiryo Pranoto - Jalan KH Samanhudi - Jalan Gunung Sahari atau bisa juga melalui Jalan Zainul Arifin - Jalan Moch. Mansyur - fly over Pasar Pagi, dan seterusnya.

Sementara untuk TransJakarta yang melintas dari Kota Tua ke arah Harmoni dan sebaliknya, tetap beroperasi seperti biasa.

Acara Karnaval Nusantara Cap Go Meh 2018 telah dibuka pada pukul 13.30 WIB oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta dihadiri juga oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Oedang, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Ketua Dewan Pembina Panitia Cap Go Meh Glodok 2018 Charles Honoris.

Baca juga artikel terkait CAP GO MEH atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Iswara N Raditya