tirto.id - Siswa Sekolah Dasar (SD) memasuki masa pekan Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semester (UTS). Jadwal PTS Semester Gasal Tahun Ajaran 2024/2025 menurut kalender akademik beberapa wilayah dilaksanakan mulai pertengahan September hingga pertengahan Oktober 2024.
Beragam mata pelajaran diujikan selama PTS. Salah satunya mapel Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hal ini juga berlaku untuk siswa yang duduk di bangku Kelas 5 SD/Sederajat. Mereka tentunya akan mengikuti PTS/UTS mapel IPAS.
Dalam rangka mempersiapkan diri jelang menghadapi ujian, siswa dapat memanfaatkan contoh soal IPAS Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka sebagai latihan dan bahan belajar.
Daftar Materi IPAS Kelas 5 Semester 1
Sejumlah materi yang dipelajari dalam mapel IPAS Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka dibagi menjadi beberapa bab. Semisal bab 1 mempelajari tentang cahaya dan sifatnya serta bunyi dan sifatnya.
Sebagai persiapan mengikuti PTS, berikut adalah daftar materi IPAS kelas 5 semester 1:
Bab 1: Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi
- Pengajaran Topik A: Cahaya dan Sifatnya
- Pengajaran Topik B: Melihat karena Cahaya
- Pengajaran Topik C: Bunyi dan Sifatnya
- Pengajaran Topik D: Mendengar karena Bunyi
- Pengajaran Topik A: Memakan dan Dimakan
- Pengajaran Topik B: Transfer Energi Antar Makhluk Hidup
- Pengajaran Topik C: Ekosistem yang Harmonis
- Pengajaran Topik A: Apa dan Untuk Apa Magnet Diciptakan?
- Pengajaran Topik B: Bagaimana Cara Mendapatkan Energi Listrik?
- Pengajaran Topik C: Teknologi untuk Kehidupan
- Pengajaran Topik A: Ada Apa Saja di Bumi Kita?
- Pengajaran Topik B:Mengapa Bentuk Permukaan Bumi Berubah-ubah?
- Pengajaran Topik C: Bagaimana Bumi Kita Berubah?
Contoh Soal PTS IPAS Kelas 5 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Jawabannya
Di bawah ini sejumlah contoh soal PTS IPAS Kelas 5 Semester 1 dan kunci jawabannya dalam bentuk soal pilihan ganda dan esai:
I. Pilih salah satu jawaban yang paling benar.
1. Uang logam yang ada di dalam air jernih terlihat lebih dekat ke permukaan merupakan salah satu peristiwa ....
a. pembiasan cahaya
b. pemantulan cahaya
c. perambatan cahaya
d. pembentukan bayangan
Jawaban: a
2. Bunyi yang frekuensinya teratur dinamakan ....
a. suara
b. irama
c. nada
d. frekuensi
Jawaban: c
3. Peristiwa yang membuktikan bahwa cahaya merambat lurus yaitu ....
a. rambatan cahaya matahari lurus ketika melewati genting kaca
b. terbentuknya pelangi pada saat hujan
c. memantulnya cahaya pada cermin
d. cahaya menembus benda bening
Jawaban: a
4. Tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya secara normal disebut ....
a. habitat
b. komunitas
c. populasi
d. ekosistem
Jawaban: a
5. Pasangan alat optik dengan fungsinya yang benar ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
Jawaban: c
6. Sifat bayangan yang terbentuk pada cermin cembung adalah ....
a. maya, tegak, diperkecil
b. nyata, tegak, diperkecil
c. maya, terbalik, diperbesar
d. nyata, terbalik, sama besar
Jawaban: a
7. Bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi aslinya disebut ....
a. gema
b. gaung
c. nada
d. pantulan
Jawaban: b
8. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan membentuk ....
a. rantai makanan baru
b. jaring-jaring makanan
c. ekosistem
d. komunitas
Jawaban: b
9. Contoh makhluk hidup pengurai adalah ....
a. lumut
b. ganggang
c. tumbuhan hijau
d. bakteri dan jamur
Jawaban: d
10. Benda-benda yang dapat tembus cahaya ditunjukkan nomor ....
a. (1) dan (4)
b. (2) dan (4)
c. (2) dan (3)
d. (3) dan (4)
Jawaban: d
11. Bila cahaya merambat dari zat yang kurang rapat ke zat yang lebih rapat, maka cahaya akan dibiaskan mendekati garis ....
a. normal
b. horizontal
c. vertikal
d. lurus
Jawaban: a
12. Tumbuhan dikatakan sebagai produsen karena ....
a. makan tumbuhan lain
b. dapat mengolah makanannya sendiri
c. menjadi parasit bagi tumbuhan lain
d. hidup di hutan
Jawaban: b
13. Organisme yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ....
a. padi
b. belalang
c. katak
d. ular
Jawaban: c
14. Cahaya akan dibiaskan jika melewati dua medium yang kerapatannya ....
a. sama
b. berbeda
c. seimbang
d. besar
Jawaban: b
15. Jika cahaya datang dari zat yang lebih rapat menuju zat yang kurang rapat, cahaya akan ....
a. dibiaskan mendekati garis normal
b. dibiaskan menjauhi garis normal
c. dipantulkan kembali
d. merambat lurus
Jawaban: b
16. Contoh dari organisme karnivora adalah ....
a. ayam, katak, elang
b. ayam, belalang, tikus
c. anjing, kucing, harimau
d. anjing, kelinci, sapi
Jawaban: c
17. Bayangan benda yang dapat ditangkap oleh layar disebut ....
a. bayangan difus
b. bayangan semu
c. bayangan nyata
d. bayangan teratur
Jawaban: c
18. Cahaya pantul adalah ....
a. berkas cahaya yang diserap
b. berkas cahaya yang dibalikkan
c. berkas cahaya yang dibiaskan
d. berkas cahaya yang dihilangkan
Jawaban: b
19. Jika bayangan benda jatuh di depan retina, harus dibantu dengan kacamata berlensa ....
a. cekung
b. cembung
c. silinder
d. rangkap
Jawaban: a
20. Jarak bayangan benda dengan jarak benda yang berada di depan cermin datar adalah ....
a. sama
b. lebih jauh
c. lebih dekat
d. berbeda
Jawaban: a
21. Hal berikut disebabkan adanya ....
a. pemantulan cahaya
b. penguraian cahaya
c. penyerapan cahaya
d. pembiasan cahaya
Jawaban: d
22. Adanya pemantulan baur dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada ....
a. kacamata
b. lampu penerang kendaraan bermotor
c. lampu senter
d. fatamorgana
Jawaban: b
23. Berikut ini yang tidak benar tentang bunyi, yaitu ....
a. bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas
b. bunyi merambat melalui ruang hampa
c. bunyi dihasilkan benda yang bergetar
d. benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi
Jawaban: b
24. Bunyi dapat terdengar oleh telinga kita karena sumber bunyi mengalami ....
a. getaran
b. pemuaian
c. pendinginan
d. perambatan
Jawaban: a
25. Bunyi dapat merambat melalui ....
a. air dan ruang hampa
b. benda padat dan air
c. udara dan ruang hampa
d. ruang hampa dan benda padat
Jawaban: b
26. Suara bel sekolah terdengar dari jarak yang agak jauh karena suara bel merambat melalui ....
a. udara
b. air
c. tanah
d. ruang hampa
Jawaban: a
27. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebut konsumen tingkat ....
a. I
b. II
c. III
d. IV
Jawaban: a
28. Hubungan makan dan dimakan antar-makhluk hidup disebut ....
a. rantai makanan
b. metamorfosis
c. daur hidup
d. simbiosis
Jawaban: a
29. Asap kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik dapat mencemari ....
a. laut
b. udara
c. air
d. darat
Jawaban: b
30. Dalam rantai makanan, yang bertindak sebagai produsen adalah ....
a. tumbuhan
b. manusia
c. herbivora
d. karnivora
Jawaban: a
31. Dalam ekosistem, bakteri atau jamur berperan sebagai ....
a. konsumen tingkat I
b. konsumen tingkat II
c. produsen
d. pengurai
Jawaban: d
32. Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ....
a. botani
b. zoologi
c. ekologi
d. taksonomi
Jawaban: c
33. Contoh urutan rantai makanan yang benar adalah ....
a. padi → belalang → katak → elang → ular
b. padi → katak → belalang → elang → ular
c. padi → belalang → katak → ular → elang
d. padi → belalang → ular → katak
Jawaban: c
34. Organisme pemakan hewan disebut ....
a. herbivora
b. karnivora
c. omnivora
d. autotrof
Jawaban: b
35. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut ....
a. heterotrof
b. autotrof
c. dekomposer
d. herbivora
Jawaban: b
II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar!
36. Gangguan mata yang umumnya terjadi pada orang berusia lanjut adalah ....
Jawaban: presbiopi
37. Sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam suatu ekosistem dinamakan ....
Jawaban: jaring-jaring makanan
38. Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan disebut ....
Jawaban: simbiosis mutualisme
39. Pemantulan teratur terjadi apabila cahaya mengenai benda yang permukaannya ....
Jawaban: halus dan rata
40. Bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hz yang dapat ditangkap oleh kelelawar dan lumba-lumba dinamakan bunyi ....
Jawaban: ultrasonik
Penulis: Nisa Hayyu Rahmia
Editor: Beni Jo & Yulaika Ramadhani