Menuju konten utama

Contoh Soal PTS Etika Profesi Kelas X SMK Semester 1 & Jawaban

Daftar 30 contoh soal Etika Profesi SMK Kelas X semester 1 Kurikulum Merdeka lengkap dengan jawabannya. Simak untuk bahan belajar di rumah.

Contoh Soal PTS Etika Profesi Kelas X SMK Semester 1 & Jawaban
Siswa mengerjakan soal ujian menggunakan telepon genggam saat mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) di SMK Negeri 1 Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (5/12/2022). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nym.

tirto.id - Contoh soal mata pelajaran Etika Profesi Jurusan Akuntansi kelas X SMK Semester 1 Kurikulum Merdeka dan jawabannya dapat dijadikan bahan belajar menjelang PTS/UTS maupun UAS/PAS.

Sebentar lagi siswa akan memasuki pekan Penilaian Tengah Semester (PTS), siswa dapat menguji pemahaman materi dengan mengerjakan contoh soal.

Sebelumnya, PTS dijuluki sebagai UTS atau Ujian Tengah Semester, istilah ini digunakan sebagai penyesuaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Meski terdapat perubahan istilah, pelaksanaannya tetap di periode dengan tujuan sama.

Bagi siswa SMK, terdapat beberapa mata pelajaran yang diujikan dalam PTS seperti PKN, Bahasa Inggris, Etika Profesi, dan sejumlah lainnya.

Pada Mata pelajaran Etika Profesi Jurusan Akuntansi Kelas X Semester 1, siswa diharapkan mampu memahami, menganalisa, dan mengevaluasi konsep dasar lingkup kerja perbankan dan ekonomi mikro.

Selain itu, siswa juga diharapkan memiliki kompetensi dapat melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, serta prosedur dalam memecahkan masalah di bidang perbankan dan ekonomi mikro.

Contoh Soal Pilihan Ganda Etika Profesi Kelas X SMK Semester 1 & Jawaban

Berikut ini merupakan 30 contoh soal Etika Profesi SMK Kelas X semester 1 Kurikulum Merdeka dan jawabannya, yang dapat digunakan sebagai bahan belajar bagi siswa dan acuan menyusun soal ujian bagi guru.

1. Otoritas Jasa Keuangan dilandasi prinsip perlakuan yang adil dalam memenuhi hak shareholders dan stakeholders sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini merupakan prinsip….

A. Transparency.

B. Responsibility.

C. Indepedency.

D. Fairness.

E. Accountability.

Jawaban: A.

2. Bank komersial yang bertugas melayani seluruh jasa perbankan dan segenap lapisan masyarakat, baik masyarakat perorangan maupun lembaga lainnya dan melaksanakan jasa yang berhubungan dengan seluruh mata uang asing adalah jenis Bank….

A. Umum Devisa.

B. Umum Non Devisa.

C. Perkreditan Rakyat.

D. Milik Swasta.

E. Milik Pemerintah.

Jawaban: A.

3. Perusahaan yang bidang usahanya lebih dikenakan pada pembiayaan barang-barang modal yang diinginkan oleh nasabahnya adalah….

A. Perusahaan Sewa Guna.

B. Perusahaan Dagang.

C. Industri Jasa Keuangan.

D. Industri Manufaktur.

E. Lembaga Keuangan.

Jawaban: A.

4. Otoritas Jasa Keuangan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif. Hal ini merupakan asas….

A. Kepentingan Umum.

B. Keselarasan Umum.

C. Profesionalitas.

D. Keterbukaan.

E. Independensi.

Jawaban: D.

5. Industri yang barang-barang produksinya bukan hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu adalah jenis industri….

A. Primer.

B. Sekunder.

C. Manufaktur.

D. Jasa Keuangan.

E. Lembaga Keuangan.

Jawaban: A.

6. Lembaga yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan pihak lain, terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan dan nonperbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, dan lembaga lainnya disebut

A. Lembaga Kartu Kredit.

B. Lembaga Keuangan.

C. Otoritas Jasa Keuangan.

D. Perusahaan Modal Ventura.

E. Perusahaan Anjak Piutang.

Jawaban: C.

7. Otoritas Jasa Keuangan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya berlandaskan peraturan perundang-undangan dan keadilan. Hal ini merupakan asas….

A. Keterbukaan Informasi.

B. Kepastian Hukum.

C. Kepentingan Umum.

D. Keselarasan Umum.

E. Profesionalitas.

Jawaban: B.

8. Lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu dan kemudian ditaksir untuk menilai besarnya nilai jaminan adalah….

A. Bank Perkreditan Rakyat.

B. Koperasi Simpan Pinjam.

C. Perusahaan Pegadaian.

D. Perusahaan Penjaminan.

E. Lembaga Keuangan Mikro.

Jawaban: C.

9. Usaha jasa pertanggungan ulang terhadap resiko yang dihadapi oleh perusahaan asuransi, perusahaan penjaminan, atau perusahaan reasuransi lainnya, adalah jenis usaha….

A. Asuransi Kebakaran.

B. Asuransi Kerugian.

C. Reasuransi.

D. Perusahaan Asuransi.

E. Perusahaan Efek.

Jawaban: C.

10. Industri yang mengolah bahan mentah untuk menghasilkan barang-barang setengah jadi sehingga dapat diolah kembali adalah jenis industri….

A. Primer.

B. Sekunder.

C. Tersier.

D. Manufaktur.

E. Jasa Keuangan.

Jawaban: B.

11. Lembaga yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan pihak lain, terhadap kegiatan jasa keuangan di sector perbankan dan nonperbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun dan lembaga lainnya disebut….

A. Otoritas jasa keuangan.

B. Lembaga keuangan.

C. Lembaga kartu kredit.

D. Perusahaan modal ventura.

E. Perusahaan anjak piutang.

Jawaban: A.

12. Bank yang berdasarkan akte pendirian maupun modalnya dimiliki oleh swasta sehingga seluruh keuntungan bank ini dimiliki oleh swasta, berdasarkan kepemilikannya adalah....

A. Lembaga keuangan perbankan.

B. Lembaga keuangan non-perbankan.

C. Bank milik pemerintah.

D. Bank milik swasta nasional.

E. Bank milik campuran.

Jawaban: D.

13. Bank yang berdasarkan akte pendirian maupun modalnya dimiliki oleh pemerintah sehingga seluruh keuntungan bank ini dimiliki oleh pemerintah, berdasarkan kepemilikannya, adalah....

A. Sektor industri jasa keuangan.

B. Lembaga keuangan perbankan.

C. Lembaga keuangan non-perbankan.

D. Bank milik pemerintah.

E. Bank milik swasta nasional.

Jawaban: D.

14. Otoritas Jasa Keuangan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya berlandaskan peraturan perundang-undangan dan keadilan. Hal ini merupakan asas....

A. Keterbukaan informasi.

B. Kepastian hukum.

C. Kepentingan umum.

D. Keselarasan umum.

E. Profesionalitas.

Jawaban: B.

15. Otoritas Jasa Keuangan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya membela dan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat serta memajukan kesejahteraan umum. Hal ini merupakan asas....

A. Kepastian hukum.

B. Kepentingan umum.

C. Keselarasan umum.

D. Profesionalitas.

E. Integritas.

Jawaban. B.

16. Otoritas Jasa Keuangan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur dan tidak diskriminatif. Hal ini merupakan asas....

A. Kepentingan umum.

B. Keselasaran umum.

C. Profesionalitas.

D. Keterbukaan.

E. Independensi.

Jawaban: D.

17. Tata cara atau tahapan yang dilakukan dan harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu disebut…

A. Aturan kerja.

B. Prosedur kerja.

C. Tata cara kerja.

D. Sistem kerja.

E. Pedoman kerja.

Jawaban: E.

18. Rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka penyelesaian suatu bidang tugas disebut….

A. Pedoman kerja.

B. Prosedur kerja.

C. Tata cara kerja.

D. System kerja.

E. Standar kerja.

Jawaban: B.

19. Cara pelaksanaan kerja yang efisien atas suatu tugas dengan mengingat segi tujuan, peralatan, fasikitas, tenaga kerja, waktu, ruang dan biaya yang tersedia disebut….

A. Aturan kerja.

B. Prosedur kerja.

C. Tata cara kerja.

D. Sistem kerja.

E. Tata Kelola.

Jawaban: C.

20. Mengemukakan saran yang bermanfaat bagi perusahaan kepada atasan ataupun melalui saluran yang ditetapkan. Hal ini merupakan ciri aturan kerja….

A. Waktu kerja.

B. Pakaian seragam.

C. Keselamatan kerja.

D. Kesehatan kerja.

E. Kewajiban pokok pegawai.

Jawaban: E.

21. kemampuan membangun hubungan baik dengan stakeholders didalam maupun diluar organisasi adalah termasuk dalam kompetensi yang dituntut dari seorang eksekutif disebut...

A. Change leadership.

B. Relationship management.

C. Strategic thinking.

D. Personal competenceis.

E. Professioal competencies.

Jawaban: B.

22. a) fleksibilitas, b)motivasi mencari informasi , c)implementasi perubahan, d) motivasi berprestasi, e)kesediaan bekerja sama. berdasarkan data tersebut yang termasuk dalam kompetensi yang dituntut dari pekerja adalah...

A. a), b), c).

B. b), d), e).

C. c), d), e).

D. a), d), e).

E. b), c), d).

Jawaban: B.

23. a) fleksibilitas, b)inovasi kewirausahaan , c)implementasi perubahan, d) memfasilitasi tim, e)kesediaan bekerja sama, f)orientasi melayani pelanggan. berdasarkan data tersebut yang termasuk dalam kompetensi yang dituntut dari seorang manajer adalah...

A. a), b), d).

B. b), d), f).

C. c), f), e).

D. a), d), f).

E. b), c), d).

Jawaban: A.

24. 1)kepentingan publik, 2) pakaian seragam, 3)keselamatan & kesehatan kerja 4)objektivitas, 5)perilaku profesional 6)waktu & kehadiran kerja. berdasarkan data tersebut yang termasuk dalam prinsip etika profesi akuntansi adalah...

A. 1),2),4).

B. 1),4),5).

C. 2),4), 6).

D. 3),4),5).

E. 4),5),6).

Jawaban: B.

25. Unit usaha yang kegiatanya memproduksi produk yang tidak berwujud dengan maksud meraih keuntungan disebut...

A. Perusahaan jasa.

B. Perusahaan dagang.

C. Perusahaan manufaktur.

D. Koperasi.

E. Yayasan.

Jawaban: A.

26. Lembaga independen dan bebas campurtangan pihak lain yang berfungsi, bertugas dan wewenang pengaturan , pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan adalah...

A. Kepala eksekutif.

B. Dewan komisioner.

C. Lembaga jasa keuangan.

D. Otoritas Jasa keuangan.

E. Pedoman kerja.

Jawaban: D.

27. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam badan usaha ekstraktif adalah badan usaha...

A. Agraris.

B. Industri.

C. Dagang.

D. Firma.

E. Jasa.

Jawaban: D.

28. 1) Firma, 2)BUMN, 3)BUMS, 4) Yayasan, 5)Perseroan Terbatas, 6) perusahaan Jasa. berdasarkan data tersebut yang termasuk dalam Jenis badan usaha berdasarkan bentuk hukum adalah...

A. 1), 2), 3).

B. 1), 4), 5).

C. 2), 4), 6).

D. 3), 4), 5).

E. 2), 5), 6).

Jawaban: B.

29. Di bawah ini yang termasuk dalam badan usaha milik daerah adalah...

A. BNI.

B. BTN.

C. Bank Mandiri.

D. Bank Kalsel.

E. BRI.

Jawaban: D.

30. Berikut ini yang tidak termasuk dalam karakteristik jasa adalah...

A. Tidak berwujud.

B. Heteregonitas.

C. Tidak dapat dipisahkan.

D. Homogenitas.

E. Tidak tahan lama.

Jawaban: D.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL PTS atau tulisan lainnya dari Sarah Rahma Agustin

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Balqis Fallahnda & Yulaika Ramadhani