Menuju konten utama
Soal PAT PKN Kurikulum Merdeka

Contoh Soal PAT PKN Kelas 10 Semester 2 dan Kunci Jawabannya

Contoh soal PAT PKN kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka dan kunci jawabannya akan disajikan di bawah ini.

Contoh Soal PAT PKN Kelas 10 Semester 2 dan Kunci Jawabannya
Sejumlah siswa mengerjakan soal saat mengikuti ujian akhir semester berbasis digital atau "online" dengan menggunakan telepon genggam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 23 Aceh Barat Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Senin (5/12/2022). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.

tirto.id - Contoh soal PAT PKN dalam Kurikulum Mereka dapat menjadi bahan belajar siswa kelas 10 semester 2 yang akan melaksanakan ujian. Kunci jawabannya juga akan disajikan agar peserta didik mengidentifikasi hasil latihan soal.

PAT sendiri merupakan akronim dari Penilaian Akhir Tahun yakni ujian yang dilangsungkan pada akhir semester genap. PAT dilaksanakan untuk mengukur dan menilai prestasi siswa mencakup seluruh indikator yang mewakili kemampuan dasar selama semester genap di Kurikulum Merdeka.

Dalam PAT bagi kelas 10 SMA terdapat mata pelajaran PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) yang diujikan. Siswa dapat menggunakan contoh soal PAT mata pelajaran PKN berikut sebagai latihan.

Contoh Soal PAT PKN Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka & Jawaban

I. Pilihan Ganda

1. Pentingnya keberagaman dalam pembangunan di Indonesia selanjutnya diperkukuh dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagaimana tercantum dalam ketentuan Pasal 36A UUD Negara RI Tahun 1945 yang menegaskan bahwa ….

A. Lambang Negara ialah Burung Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

B. Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

C. Lambang Negara ialah Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

D. Lambang Negara Indonesia ialah Burung Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

E. Lambang Negara Indonesia ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Jawaban: B

2. Dalam mengelola kemajemukan masyarakat perlu adanya tindakan lanjut yakni mengarahkan ke Integrasi Nasional. Indonesia mengalami sejarah yang mendukung terhadap terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, berikut ini yang tidak termasuk peristiwa yang mendukung terhadap terwujudnya proses Integrasi Nasional di Indonesia ialah ….

A. Pergerakan Organisasi Budi Utomo

B. Sumpah Palapa

C. Dekrit Presiden

D. Proklamasi kemerdekaan Indonesia

E. Sumpah Pemuda

Jawaban: C

3. Proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat merupakan arti integrasi secara ….

A. Antropologis

B. Ekologis

C. Politik

D. Sosialis

E. Historis

Jawaban: A

4. Aktualisasi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika terimplementasi dalam setiap bidang kehidupan sehingga dapat dijadikan dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini bertujuan untuk ….

A. Meminimalkan berbagai bentuk ancaman yang dapat mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

B. Memudahkan elit partai untuk mencari pendukung lewat bantuan sosial

C. Pedoman umum membuat hukum di Indonesia

D. Pedoman dalam pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.

E. Mempermudah rekrutmen pegawai negeri

Jawaban: A

5. Integrasi nasional bagi suatu negara adalah sangat penting untuk membentuk suatu identitas dan menjaga keutuhan serta kedaulatan suatu negara, sehingga negara Indonesia perlu adanya Integrasi Nasional, berikut ini yang bukan menjadi latar belakang diperlukannya integrasi nasional di Indonesia adalah ….

A. Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan bahasa.

B. Indonesia menjadi negara peringkat pertama dengan jumlah penduduk muslim terbesar

C. Indonesia berbentuk negara kepulauan.

D. Letak Indonesia yang sangat strategis sehingga banyak ancaman dari negara lain baik secara langsung maupun tidak langsung.

E. Diperlukannya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai syarat utama dalam mempertahankan kelangsungan hidup di Indonesia.

Jawaban: E

6. Kegiatan yang dilakukan siswa yang dapat menciptakan keutuhan Integrasi Nasional dalam lingkungan sekolah adalah ….

A. Ikut kelompok sanggar tari daerah dekat sekolah.

B. Ikut menjadi anggota karang taruna.

C. Bergotong-royong memperbaiki jalan di perkampungan dekat sekolah.

D. Mengadakan gebyar budaya nasional pada saat ulang tahun sekolah.

E. Mengunjungi saudara yang sakit

Jawaban: D

7. Integrasi Nasional yang diinginkan di Indonesia akan berhasil apabila semua didukung oleh seluruh warga negara dan pemerintah selaku pengambil kebijakan dalam pemerintahannya, di bawah ini merupakan dampak yang timbul dari terwujudnya Integrasi Nasional yaitu ….

A. Meningkatnya semangat, rasa solidaritas, dan egoisme golongan tertentu

B. Menguatnya sikap primordial dalam masyarakat

C. Terwujudnya tata sosial masyarakat yang globalisasi

D. Hilangnya keragaman dalam kehidupan bermasyarakat

E. Terciptanya kehidupan sosial masyarakat selaras, serasi, dan seimbang

Jawaban: E

8. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh warga negara sebagai bentuk partisipasi menciptakan Integrasi Nasional dalam lingkungan masyarakat adalah ….

A. Membentuk tim sepak bola andal

B. Ikut menjadi kader posyandu

C. Bergotong royong memperbaiki jembatan secara swadaya

D. Tidak menggunakan hak suara di Pemilu karena banyak kasus korupsi pejabat

E. Mengunjungi tetangga yang sakit dan memberikannya obat

Jawaban: C

9. Rekrutmen pengurus Osis di sebuah sekolah tidak dilakukan secara terbuka dan siswa yang lain tidak diberi kesempatan berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut. Kasus tersebut merupakan bentuk pelanggaran aktualisasi Bhineka Tunggal Ika dalam bidang ….

A. Hukum dan pemerintahan

B. Sosial budaya

C. Politik

D. Pertahanan dan Keamanan Sekolah

E. Sejarah

Jawaban: C

10. Terjadinya kesenjangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat dan disintegrasi merupakan dampak dari adanya ….

A. Globalisasi

B. Keberagaman

C. Keterbukaan

D. Ketidakadilan dan Korupsi

E. Modernisasi

Jawaban: D

11. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945. menyatakan: “tiap-tiap ... berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.” Isilah titik-titik di atas

A. Rakyat

B. Masyarakat

C. Penduduk

D. Warga Negara

E. TNI dan POLRI

Jawaban: D

12. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Tingkat ekonomi dalam masyarakat yang beragam

2) Adanya persaingan kebudayaan yang beragam dalam masyarakat

3) Tercapainya hubungan baik dengan negara lain

4) Menurutnya tingkat kriminalitas dalam masyarakat

5) Pemerintah dan rakyat memiliki hubungan yang kurang harmonis

Pernyataan di atas yang merupakan kriteria tercapainya keutuhan nasional ditunjukkan nomor ….

A. 2

B. 1

C. 5

D. 4

E. 3

Jawaban: D

13. Ancaman merupakan suatu konsep multidimensional yang memiliki empat dimensi utama, kecuali ….

A. Militer-non militer

B. Konvensional- non konvensional

C. Kontroversi-non kontroversi

D. Langsung-tidak langsung

E. Eksternal-internal

Jawaban: C

14. Kondisi dinamika suatu bangsa yang berisi ketangguhan dan keuletan yang bisa mengembangkan ketahanan, kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala hambatan tantangan, dan ancaman baik yang berasal dari dalam maupun dari luar merupakan pengertian dari ….

A. Ancaman nasional

B. Ketahanan nasional

C. Pertahanan dan keamanan

D. Wawasan negara

E. Disintegrasi

Jawaban: B

15. Ancaman ideologi merupakan ancaman yang dilakukan untuk memengaruhi ideologi dan mengancam dasar Falsafah negara, untuk itu dalam hal menyaring budaya asing maka kedudukan Pancasila berfungsi sebagai ….

A. Perjanjian luhur bangsa

B. Dasar negara Indonesia

C. Etika hidup bangsa

D. Filsafat hidup bangsa

E. Jiwa dan kepribadian bangsa

Jawaban: E

II. Isian

1. Sebutkan 5 faktor penghambat Integrasi Nasional di Indonesia!

Jawaban:

  1. Masyarakat Indonesia yang heterogen (beraneka ragam) kebudayaan daerahnya, bahasa daerah, agama yang dianut, ras, dan sebagainya.
  2. Wilayah negara yang begitu luas, terdiri atas ribuan kepulauan yang dikelilingi oleh lautan luas.
  3. Besarnya kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan yang merongrong keutuhan, kesatuan, dan persatuan bangsa, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
  4. Masih besarnya ketimpangan dan ketidakmerataan pembangunan dan hasil-hasil pembangunan.
  5. Adanya paham “etnosentrisme” di antara beberapa suku bangsa yang menonjolkan kelebihan-kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.

2. Jelaskan pengertian Integrasi Nasional secara antropologis dan Integrasi Nasional secara politis!

Jawaban:

  • Secara antropologis, yaitu proses penyesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.
  • Secara politis, yaitu proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional.

3. Sebutkan 5 ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasal dari dalam negeri!

Jawaban:

  1. Disintegrasi Bangsa
  2. Kesusahan sosial
  3. Upaya penggantian ideologi Pancasila menjadi ideologi lain
  4. Konflik antar kelompok
  5. Makar, Korupsi, dll

4. Sebutkan 4 peran atau perilaku Anda sebagai siswa dalam upaya membangun Integrasi Nasional di lingkungan sekolah!

Jawaban:

  1. Menjaga ketertiban, kebersihan, keamanan dan kenyamanan lingkungan sekolah
  2. Menghormati dan menghargai perbedaan latar belakang teman
  3. Menaati peraturan yang ada di lingkungan madrasah
  4. Selalu menjaga identitas pemersatu bangsa dan negara yang ada di sekolah seperti bendera, lambang negara dan gambar presiden atau wakil presiden.

5. Sebutkan aspek pancagatra yang dapat membantu tercapainya tujuan dalam wawasan nusantara!

Jawaban:

  1. Ideologi
  2. Politik
  3. Ekonomi
  4. Sosial budaya
  5. Pertahanan dan keamanan

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Aisyah Yuri Oktavania

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Fadli Nasrudin