tirto.id - Geografi menjadi salah satu bidang yang diujikan dalam Seleksi Akademik PPG Madrasah Tahun 2024. Berikut ini contoh soal Pretest PPG Geografi Madrasah 2024 dan jawabannya.
Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG Madrasah pada tahun ini dijadwalkan berlangsung pada 5-6 Maret 2024. Dalam seleksi ini, akan diujikan sejumlah mata pelajaran dengan berbagai materi di dalamnya, salah satunya mata pelajaran Geografi.
Kisi-Kisi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 Guru Geografi
Sebelum menghadapi Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024 Bidang Geografi, peserta dihimbau untuk memahami kisi-kisi materinya.
Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang soal ujian sehingga dapat lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024.
Informasi lebih lengkap mengenai mata pelajaran dan kisi-kisi soalnya bisa dilihat di tautan berikut:
Kisi-Kisi Soal Seleksi Akademik PPG Madrasah 2024
Contoh Soal Pretest PPG Guru Geografi 2024 serta Jawabannya
1. Bangsa Indonesia kaya akan sumber daya alam dan tidak dimiliki oleh bangsa lain. Untuk itu Kita patut bersyukur kepada Tuhan sebagai anugerah terbesar. Sikap yang harus diterapkan untuk mempertahankan kekayaan alam di Indonesia adalah…
A. mengeksploitasi SDA untuk kepentingan sendiri
B. mempergunakan SDA untuk memenuhi kebutuhan
C. menguras habis SDA untuk masa depan
D. memanfaatkan SDA secara maksimal dengan asas keberlanjutan
E. menggunakan SD untuk kepentingan pribadi dan keluarga
Jawaban: D
2. Perhatikan pernyataan berikut :
1). Negara RI memperlakukan warga negaranya sama didepan hukum
2). Negara RI mengutamakan rakyat kecil didepan hukum
3). Kekuasaan lebih utama daripada hukum
4). Menyerahkan kasus pelanggaran hukum kepada lembaga kehakiman
5). Semua kasus pelanggaran hukum oleh warga negara dapat diselesaikan dengan kekuasaan
Yang merupakan bentuk perlakuan Negara RI terhadap warga negaranya di dalam hukum berdasarkan Undang-undang 1945 adalah…
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (1) dan (3)
Jawaban: B
3. Memasyarakatkan Pancasila dan pendidikan Pancasila di lingkungan sekolah merupakan upaya untuk ...
a. Membangun sikap kompetitif bagi kaum terpelajar
b. Mewujudkan masyarakat sadar hukum
c. Mengembangkan sikap demokratis yang beradab
d. Menjadikan warga negara yang cerdas dan berkarakter dalam menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
e. Menumbuh kembangkan jiwa dan semangat nasionalisme serta rasa cinta tanah air
Jawaban: E
4. Semangat nasionalisme sejatinya tertuang dalam ideologi Pancasila yang mengerucut pada sila ke ...
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat
e. lima
Jawaban: C
5. Sebagai seorang guru pembelajaran untuk memupuk sikap nasionalisme peserta didik sangat penting. Salah satu bentuk pembelajaran yang dimaksud adalah ...
a. Menyusun pembelajaran berbasis multikultural
b. Menyusun pembelajaran akulturasi
c. Menyusun pembelajaran inkulturasi
d. Menyusun pembelajaran antikultur
e. Menyusun pembelajaran non kurikulum
Jawaban: A
6. Dalam kehidupan bermasyarakat, seseorang harus bisa menerima pendapat orang lain walaupun tidak sepaham dengan kita. Sikap untuk menerima keputusan yang ditentukan bersama walaupun keputusan itu belum tentu sesuai dengan kita. Sikap tersebut sesuai dengan Pancasila terutama sila ...
a. sila keempat
b. sila kelima
c. sila ketiga
d. sila kesatu
e. sila kedua
Jawaban: A
7. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia perlu digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Berkenaan dengan itu pemahaman yang perlu disampaikan kepada siswa terkait dengan pembahasan pengelolaan sumber daya alam adalah ...
a. Ekspor sumber daya alam perlu diupayakan dalam bentuk barang jadi
b. Sumber daya alam sebaiknya diekspor dalam bentuk bahan mentah
c. Pengelolaan sumberdaya alam diserahkan kepada pihak swasta
d. Pengelolaan sumber daya alam perlu dilakukan dengan pihak asing
e. Sumber daya alam sebaiknya diekspor dalam bentuk setengah jadi
Jawaban: A
8. Pola pikir dan cara pandang bangsa Indonesia terhadap jati diri dan lingkungannya yang didasarkan pada Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 merupakan bentuk pengukuhan dan apresiasi terhadap negara yang berdaulat demi sikap nasionalisme yang mengalir dalam setiap perilaku dalam bernegara dan berbangsa. Kemampuan ini dikenal sebagai ...
a. Nasional
b. Wawasan
c. Wawasan nasional
d. Wawasan Internasional
e. Ketahanan nasional
Jawaban: C
9. Pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam kajian Geografi terhadap objek materialnya, antara lain pendekatan...
A. Keruangan dan kewilayahan
B. Kelingkungan dan interaksinya
C. Kewilayahan dan interdependensi
D. Perbedaan wilayah dan nilai kegunaan
E. Keterkaitan keruangan dan wilayah
Jawaban: A
10. Wilayah sekitar gunung api sangat subur, hal ini diakibatkan gunung api banyak mengeluarkan abu vulkanik yang kaya akan unsur hara, dalam kajian Geografi termasuk prinsip....
A. Distribusi
B. Korologi
C. Interelasi
D. Deskripsi
E. Interdependensi
Jawaban: C
11. Ilmu pendukung dalam melakukan kegiatan studi Geografi yang berkaitan dengan air di muka bumi adalah...
A. Oseanografi
B. Meteorologi
C. Klimatologi
D. Biogeografi
E. Hidrologi
Jawaban: E
12. Indonesia terletak pada 6 ° LU – 11 ° LS dan 91° BT – 141 ° BT, termasuk dalam lokasi...
A. Relatif
B. Geografis
C. Geologis
D. Absolut
E. Historis – Kultural
Jawaban: D
13. Hal di bawah ini yang berkaitan dengan konsep Aglomerasi adalah...
A. Harga produk pertanian lebih mahal jika harus diangkut ke pasar yang jauh
B. Di perkotaan terdapat daerah kumuh, elit, RSS, daerah campuran dan lain-lain
C. Desa menyediakan bahan pangan, sedangkan kota menghasilkan produk industri
D. Di gurun air sungai sulit
E. Daerah perbukitan ditanami tanaman keras
Jawaban: B
14. Daerah yang berpegunungan cocok digunakan untuk perkebunan dan pertanian sayuran, sedangkan daerah dataran digunakan untuk permukiman dan usaha ekonomi lainnya, hal ini berkaitan dengan konsep...
A. Nilai kegunaan
B. Interaksi dan Interdependensi
C. Morfologi
D. Keterkaitan keruangan
E. Aglomerasi
Jawaban: C
15. Banyaknya korban pada saat terjadinya Tsunami di Aceh karena bantuan sulit mencapai lokasi bencana, hal ini berkaitan dengan konsep...
A. Jarak
B. Pola
C. Morfologi
D. Keterjangkauan
E. Lokasi
Jawaban: D
16. Cabang Geografi Teknik yang mendukung dalam mempelajari Geografi adalah...
A. Geologi, Geomorfologi, Geodesi
B. Kartografi, Penginderaan jauh, dan SIG
C. Antropologi, Sosiologi, dan Demografi
D. SIG, Geologi, Klimatologi
E. Hidrologi, Oceanografi, Meteorologi
Jawaban: B
17. Angin puting beliung yang melanda wilayah Solo dan Yogyakarta beberapa waktu yang lalu, merusak rumah-rumah warga dan perkantoran di daerah tersebut. Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ...
A. Pendekatan ekologi
B. Pendekatan keruangan
C. Pendekatan kompleks wilayah
D. Pendekatan korologi
E. Pendekatan regional
Jawaban: B
18. Di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, pemukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal itu adalah …
A. Pola
B. Morfologi
C. Aglomerasi
D. Lokasi
E. Jarak
Jawaban: C
19. Perbandingan jarak pada peta dan jarak sebenarnya disebut...
A. Inset
B. Legenda
C. Skala
D. Garis Astronomis
E. Garis Bujur
Jawaban: C
20. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi peta adalah...
A. Menunjukkan posisi atau lokasi suatu wilayah di muka bumi
B. Memperlihatkan atau menggambarkan fenomena-fenomena dan bentuk-bentuk pada permukaan bumi
C. Memperlihatkan ukuran, luas daerah, dan jarak di permukaan bumi
D. Menyajikan informasi dalam bentuk waktu
E. Menyajikan informasi dalam bentuk ruang
Jawaban: D
21. Penjelasan simbol-simbol yang terdapat dalam peta disebut....
A. Legenda
B. Garis kontur
C. Judul
D. Inset
E. Skala
Jawaban: A
22. Salah satu komponen peta yang berfungsi sebagai penunjuk suatu posisi dan arah suatu titik maupun wilayah disebut ….
A. Skala peta
B. Orientasi
C. Judul peta
D. Legenda
E. Simbol peta
Jawaban: B
23. Berikut ini merupakan syarat-syarat sebuah peta yang baik, kecuali ....
A. Mudah dimengerti
B. Data yang disajikan lengkap
C. Daerah yang digambarkan harus sama luasnya dengan luas sesungguhnya jika dikalikan skala peta
D. Peta harus berwarna
E. Peta harus rapi, indah, dan menarik
Jawaban: D
24. Menganalisa gejala alam di muka bumi dengan berpegang pada gejala yang tersebar tidak merata di permukaan bumi disebut prinsip ….
A. Korologi
B. Interelasi
C. Deskripsi
D. Distribusi
E. Korelasi
Jawaban: D
25. Jakarta-Madura dapat ditempuh melalui bus atau helikopter. Ditinjau dari konsep geografi termasuk konsep ….
A. Pola
B. Interaksi
C. Aglomerasi
D. Keterjangkauan
E. Diferensiasi Area
Jawaban: D
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Yulaika Ramadhani