Menuju konten utama

25 Contoh Soal PPPK Guru Geografi SMA/SMK & Kunci Jawabannya

Kumpulan contoh soal PPPK Guru Geografi SMA/SMK beserta kunci jawabannya yang dapat dipelajari untuk latihan sebelum tes seleksi.

25 Contoh Soal PPPK Guru Geografi SMA/SMK & Kunci Jawabannya
Ilustrasi belajar. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Guru Geografi SMA/SMK beserta kunci jawabannya yang dapat dipelajari untuk latihan sebelum tes seleksi.

Contoh soal tersebut diperlukan peserta formasi PPPK Guru Geografi SMA/SMK dalam persiapan menghadapi Seleksi Kompetensi.

Hasil Seleksi Administrasi PPPK 2024 Periode I telah diumumkan pada 30 Oktober - 1 November 2024 lalu. Peserta yang lolos tahap tersebut berhak melanjutkan ke Seleksi Kompetensi yang dijadwalkan pada 7 - 23 Desember 2024 mendatang.

Di sisi lain, pendaftaran seleksi PPPK 2024 Periode II akan dibuka pada 17 November hingga 31 Desember 2024. Untuk hasil seleksi administrasi, akan diumumkan pada 4 - 18 Februari 2025.

Peserta yang lolos tahap administrasi dapat melanjutkan ke Seleksi Administrasi yang dijadwalkan pada 24 Maret sampai 8 April 2025.

Kumpulan Soal Tes Kompetensi CAT PPPK Guru Geografi SMA/SMK dan Jawabannya

Menghadapi Seleksi Kompetensi PPPK, peserta salah satunya dapat berlatih mengerjakan soal dan memahami kunci jawabannya.

Berikut ini kumpulan contoh soal tes Kompetensi CAT PPPK Guru Geografi SMA/SMK dan jawabannya:

1. Prinsip pembelajaran geografi yang lebih menekankan pada pendekatan saintifik, dapat dilakukan melalui tahapan berikut.

A. Orientasi – pendahuluan – percobaan – penyimpulan – laporan

B. Apersepsi – penetapan tujuan – kegiatan inti – diskusi – penutup

C. Fenomena – bertanya – observasi- mendesain- menyimpulkan

D. Data awal – interpretasi – analisis – pembuktian lapangan – kesimpulan – rekomendasi

E. Observasi – bertanya analitik - berpikir logis untuk memperoleh simpulan – percobaan – menyajikan data

Jawaban: D. Data awal – interpretasi – analisis – pembuktian lapangan – kesimpulan – rekomendasi

2. Salah satu alternatif mengatasi ketiadaan alat dan bahan untuk mencapai kompetensi dasar menganalisis citra penginderaan jauh untuk perencanaan kajian tata guna lahan yang paling efektif di daerah terisolir yaitu...

A. Pengamatan fenomena lahan di sekitar lingkungan sekolah

B. Observasi ke laboratorium spasial

C. Penugasan di rumah menggunakan internet

D. Guru membimbing diskusi terkait pengembangan materi

E. Mendesain sketsa atau peta mental mengenai kondisi lahan

Jawaban: A. Pengamatan fenomena lahan di sekitar lingkungan sekolah

3. Media komunikasi dalam pembelajaran Geografi yang dapat meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peserta didik dan diperkaya tugas untuk berlatih, yaitu....

A. LKS

B. infografis

C. Modul

D. Handout

E. Leaflet

Jawaban: A. LKS

4. Instrumen penilaian dalam pembelajaran untuk mengukur kompetensi pengetahuan menggunakan skor....

A. Benar-salah

B. Rating scale

C. Skala Likert

D. Uraian bebas

E. Uraian singkat

Jawaban: A. Benar-salah

5. Data geografi pada KD: menganalisis ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, serta potensi energi baru dan terbarukan di Indonesia yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air yaitu....

A. Surplus pangan

B. Bahan industri

C. Potensi energi

D. Energi terbarukan

E. Potensi industri

Jawaban: C. Potensi energi

6. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui ketuntasan belajar geografi yaitu...

A. Menganalisis capaian kriteria minimal belajar

B. Analisis penilaian dan evaluasi pembelajaran

C. Penilaian formatif dan sumatif

D. Evaluasi diagnosis dan portofolio

E. Uji kinerja siswa dalam pembelajaran

Jawaban: B. Analisis penilaian dan evaluasi pembelajaran

7. Tahapan prosedur kerja yang paling sesuai dilakukan dalam kegiatan observasi lapangan untuk mengumpulkan informasi dan asosiasi oleh peserta didik yaitu....

A. Membaca buku, observasi, eksperimen

B. Bertanya, pengamatan, dan komunikasi

C. Sintesis, pengamatan, eksplorasi

D. Pengamatan, observasi, bertanya

E. Eksperimen, komunikasi, observasi

Jawaban: A. Membaca buku, observasi, eksperimen

8. Teknik menyajikan data hasil kegiatan lapangan berupa data komposisi kependudukan yaitu....

A. Persentase

B. Korelasi

C. Triangulasi

D. Justifikasi

E. Deskriptif

Jawaban: A. Persentase

9. Laporan utama hasil kegiatan outdoor study oleh guru geografi terkait ketuntasan belajar dan kegiatannya yaitu....

A. Data hasil ujian outdoor study dan laporan kegiatan berdasarkan urutan agenda acara yang dibuat

B. Tingkat kelulusan peserta didik dan laporan keuangan

C. Data perubahan kemajuan peserta didik dan laporan kegiatan sesuai agenda

D. Data kehadiran dan partisipasi peserta didik serta laporan keuangan dan acara

E. Data keaktifan siswa dan laporan keberhasilan kegiatan outdoor study

Jawaban: A. Data hasil ujian outdoor study dan laporan kegiatan berdasarkan urutan agenda acara yang dibuat

10. Prinsip yang tepat digunakan untuk menggambarkan objek kajian geografi dalam bentuk tabel, gambar dan grafik yaitu....

A. Peserta didik mencari tahu

B. Belajar berbasis mono sumber belajar

C. Pendekatan tekstual

D. Pembelajaran berbasis konten

E. Kebenarannya mono dimensi

Jawaban: A. peserta didik mencari tahu

11. Media pembelajaran yang paling sesuai untuk menjelaskan lokasi suatu tempat secara manual pada atlas dengan memberi keterangan halaman, kode tempat dan nama yaitu....

A. Foto udara

B. Peta dunia

C. Gambar rotasi bumi

D. Gambar revolusi bumi

E. Globe

Jawaban: A. Foto udara

12. Sumber informasi internet yang paling relevan digunakan dalam pembelajaran terkait materi yang realtime antara lain....

A. Pengetahuan peta

B. Persebaran flora dan fauna

C. Dinamika atmosfer

D. Karakteristik negara maju dan berkembang

E. Dinamika hidrosfer

Jawaban: C. Dinamika atmosfer

13. Hasil pembelajaran yang mendorong peserta didik terampil dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan, yaitu....

A. Membuat peta tematik wilayah provinsi

B. Menyajikan makalah hasil observasi yang dilengkapi dengan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, atau foto

C. Menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan

D. Menyajikan proses dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan

E. Membuat sketsa, denah, dan/atau peta potensi bencana serta strategi mitigasi bencana berdasarkan peta tersebut

Jawaban: E. membuat sketsa, denah, dan/atau peta potensi bencana serta strategi mitigasi bencana berdasarkan peta tersebut

14. Alam memberikan pilihan-pilihan yang dapat dimanfaatkan manusia untuk mempertahankan hidupnya. Masyarakat yang tinggal di pegunungan berbeda aktivitasnya dengan masyarakat yang tinggal di pesisir, begitu juga bentuk rumahnya. Dalam geografi kajian tersebut menggunakan konsep...

A. Diferensiasi area

B. Integrasi

C. Aglomerasi

D. Interdependensi

E. Korelasi

Jawaban: A. Diferensiasi area

15. Salah satu upaya menggerakkan perekonomian nasional adalah membangun industri. Dari beberapa industri di bawah ini yang lokasinya memerlukan kedekatan dengan tenaga kerja yang berasal dari desa adalah...

A. Industri padat modal

B. Industri padat karya

C. Industri padat teknologi

D. Industri padat investasi

E. Industri padat bahan baku

Jawaban: E. Industri padat bahan baku

16. Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) telah dimiliki oleh kota dan kabupaten. Akan tetapi implementasinya kurang berjalan baik. Banyak kasus pembangunan dilaksanakan pada wilayah yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Permasalahan tersebut terjadi karena adanya hambatan penataan ruang berupa....

A. Lemahnya pengendalian pemanfaatan ruang

B. Kuatnya koordinasi antar lembaga pemerintahan

C. Lambatnya penyusunan rencana tata ruang kota

D. Kurangnya dana untuk pembangunan infrastruktur kota

E. Terbatasnya lahan untuk pembangunan ruang public

Jawaban: A. lemahnya pengendalian pemanfaatan ruang

17. Laporan dari United Nations Development Programme/ UNDP, Indeks Pembangunan Manusia Manusia (IPM) Indonesia tahun 2015 sebesar 0,689. Berdasarkan data tersebut, bagaimana posisi SDM Indonesia dan apa implikasinya?

A. IPM Indonesia berada dalam kategori sangat tinggi

B. IPM Indonesia berada dalam kategori tinggi

C. IPM Indonesia berada dalam kategori sedang

D. IPM Indonesia berada dalam kategori rendah

E. IPM Indonesia berada dalam kategori sangat rendah

Jawaban: C. IPM Indonesia berada dalam kategori sedang

18. Suatu wilayah dengan kondisi tanah subur, curah hujan tinggi, dan merupakan dataran rendah. Aktivitas penduduk yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah...

A. Pertanian pangan

B. Pertanian bahan baku industri

C. Budidaya tanaman hias

D. Perkebunan buah

E. Budidaya ikan hias

Jawaban: A. Pertanian pangan

19. Meningkatnya suhu global menyebabkan terjadinya El-Nino, yaitu perubahan pergerakan arah angin di kawasan Pasifik. Perubahan tersebut menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia mengalami...

A. Hujan deras yang menyebabkan terjadinya beragam bencana

B. Hujan tidak teratur yang merepotkan petani dalam mengatur pola tanam

C. Hujan semakin berkurang yang berdampak pada hasil pertanian

D. Panas berkepanjangan yang menyebabkan kekeringan

E. Panas sementara yang membantu penyerbukan tanaman buah

Jawaban: D. Panas berkepanjangan yang menyebabkan kekeringan

20. Daerah Aliran Sungai yang mempunyai ciri-ciri: memiliki dua jalur sub daerah aliran sungai yang sejajar dan bergabung di bagian hilir, dan memiliki resiko banjir yang cukup besar di titik hilir aliran sungai adalah daerah aliran sungai dengan corak...

A. Corak bulu burung

B. Corak radial

C. Corak paralel

D. Radial sentripetal

E. Annular

Jawaban: C. Corak paralel

21. Masalah yang dihadapi masyarakat pesisir khususnya daerah perkotaan sangat kompleks, salah satunya adalah terjadinya intrusi air laut. Penyebab utama intrusi air laut adalah...

A. Berkurangnya curah hujan

B. Pengambilan air tanah berlebihan

C. Berkurangnya debit aliran sungai

D. Air laut terjebak karena sedimentasi

E. Perubahan muka freatik air tanah

Jawaban: B. Pengambilan air tanah berlebihan

22. Secara ringkas Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber membagi fauna Indonesia menjadi tiga tipe, yaitu Asiatis, Australis, dan peralihan. Berikut ini yang termasuk kedalam fauna peralihan adalah...

A. Badak bercula satu, Beo Nias, Bekantan/Kera Belanda, dan Orang Utan

B. Burung kasuari, Cendrawasih, Kakatua, dan Badak bercula satu

C. Komodo, Cendrawasih, Kakatua, dan Badak bercula satu

D. Beo Nias, Bekantan/Kera Belanda, Orang Utan, dan Anoa daratan

E. Komodo, babi rusa, Anoa daratan, dan burung maleo

Jawaban: E. Komodo, babi rusa, Anoa daratan, dan burung maleo

23. Perhatikan ciri-ciri berikut!

(1) Menandakan gunung berapi yang segera atau sedang meletus atau ada keadaan kritis yang menimbulkan bencana.

(2) Letusan pembukaan dimulai dengan abu dan asap.

(3) Letusan berpeluang terjadi dalam waktu 24 jam.

(4) Wilayah yang terancam bahaya di rekomendasikan untuk di kosongkan.

Berdasarkan ciri-ciri di atas, maka gunung berapi dalam status.....

A. Awas

B. Siaga

C. Waspada

D. Darurat

E. Bahaya

Jawaban: A. Awas

24. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) pembuatan kanal pencegah banjir

(2) Membuat alat pendeteksi aktivitas gunung berapi

(3) Membuat bangunan tahan gempa

(4) Membuat kebijakan tanggung jawab penanggulangan bencana

(5) Membuat Early Warning System gelombang tsunami.

(6) Menyusun undang-undang kebencanaan

Upaya pengurangan resiko bencana melalui mitigasi bencana struktural yaitu nomor?

A. (1), (2), (3), dan (5)

B. (2), (3), (4), dan (6)

C. (3), (4), (5), dan (6)

D. (1), (3), (5), dan (6)

E. (2), (4), (5), dan (6)

Jawaban: A. (1), (2), (3), dan (5)

25. Penyebab sumber daya alam Indonesia yang banyak dan beraneka ragam yang sudah dikenal oleh bangsa lain sejak dulu yaitu....

A. Tingginya kegiatan tekto-vulkanik

B. Letak Indonesia di wilayah tropis

C. Pergerakan utama dari gejolak tektonik

D. Sebagai bagian dari cincin berapi pasifik

E. Keseimbangan perairan dan daratan

Jawaban: D. Sebagai bagian dari cincin berapi pasifik.

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Syamsul Dwi Maarif

tirto.id - Edusains
Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani