Menuju konten utama

1389 Polisi Amankan Penggusuran Pasar Ikan Jakarta

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal mengatakan sebanyak 4.218 petugas gabungan telah disiapkan guna mengamankan penertiban kawasan pemukiman Pasar Ikan Penjaringan Jakarta Utara.

1389 Polisi Amankan Penggusuran Pasar Ikan Jakarta
Warga membawa material bangunan di kawasan pasar ikan luar batang, penjaringan, jakarta utara, jumat (8/4). Warga membongkar tempat tinggalnya jelang penggusuran yang akan dilaksanakan pada 11 april 2016, dan selanjutnya warga direlokasi ke beberapa rusun di ibu kota, misalnya ke rusun rawa bebek dan rusun marunda. antara foto/fauziyyah sitanova/aww/16.

tirto.id - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal mengatakan sebanyak 4.218 petugas gabungan telah disiapkan guna mengamankan penertiban kawasan pemukiman Pasar Ikan Penjaringan Jakarta Utara pada Senin (11/4/2016).

"Pengamanan penertiban kawasan pemukiman akan berlangsung mulai pukul 06.00 WIB," katanya.

Selain mempersiapkan petugas gabungan yang terdiri dari 400 petugas TNI Kodam Jaya, 429 personil Polres Metro Jakarta Utara, 1.389 petugas Polda Metro Jaya dan 2.000 Satpol PP DKI Jakarta, petugas kepolisian juga menurunkan dua unit kendaraan watercanon dan satu unit kendaraan Barracuda.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menerbitkan Surat Peringatan (SP) Tiga dan Surat Perintah Bongkar (SPB) guna menertibkan kawasan Pasar Ikan Penjaringan.

Pihak Pemerintah Kota Jakarta Utara mencatat terdapat 396 kepala keluarga (KK) di kawasan Pasar Ikan yang akan terdampak revitalisasi.

Sejauh ini sekitar 331 KK telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

Walikota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengharapkan warga Pasar Ikan, Kelurahan Penjaringan bisa menerima kebijakan pemerintah terkait revitalisasi Kawasan Wisata Bahari Sunda Kelapa.

"Kami berharap warga yang bermukim di lingkungan RT. 001, 002, 011 dan 012 di RW 04 Pasar Ikan menerima kebijakan pemerintah. Dengan begitu proses penataan kawasan bisa berjalan dengan tertib dan aman," kata Rustam di Jakarta,pada hari yang sama.

Meskipun demikian, tidak semua warga Pasar Ikan setuju dengan adanya penggusuran ini. Ratusan warga Pasar Ikan menolak penggusuran yang dilakukan oleh aparat gabungan

Banyak wanita histeris menolak dengan teriak-teriak dan menangis bahkan pingsan.

Tepat pada pukul 07.00 WIB, ribuan petugas gabungan bersama alat-alat berat tersebut mulai bergerak melakukan penertiban. Hujan turun selama proses penertiban berlangsung dan warga sekitar pun ikut menyaksikan jalannya penertiban tersebut. (ANT)

Baca juga artikel terkait PENGGUSURAN atau tulisan lainnya

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Rima Suliastini