Wakil Inggris di Liga Eropa 2019/2020: Hanya MU yang Sudah Pasti

Oleh: Wan Faizal - 13 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hanya Manchester United yang saat ini sudah pasti mewakili Liga Inggris di Liga Eropa musim depan.
tirto.id - Hanya Manchester United saja yang sudah dipastikan mewakili Inggris di Liga Eropa musim depan. Meski ada di peringkat enam klasemen akhir Liga Inggris 2018/2019, United mendapatkan limpahan dari tetangga mereka yakni Manchester City.

Bagaimana bisa hanya United saja yang sudah pasti sedang di peringkat lima masih ada Arsenal? Menentukan wakil Inggris ke Liga Eropa memang agak rumit. Normalnya, Inggris mendapatkan jatah tiga tim di sana. Jatah itu terbagi untuk penghuni peringkat lima dari jalur liga, juara Piala FA, dan juara Piala Liga Inggris.

Dalam hal ini, City adalah juara Piala Liga Inggris 2018/2019 setelah mengalahkan Chelsea di partai final. Menurut aturan main yang ada, lantaran City lolos ke Liga Champions, maka jatah ke Liga Eropa tersebut diberikan ke urutan enam, yakni United. Apa pun yang terjadi, United dipastikan bermain disana musim depan meski dari babak kualifikasi.

Sementara itu Arsenal saat ini memegang tiket lolos langsung ke fase grup Liga Eropa. Hal itu tak lepas dari keberhasilan mereka mengamankan peringkat lima dari jalur liga.

Hanya saja, Arsenal berharap bisa meng-upgrade keikutsertaan mereka di kompetisi Eropa musim depan. Yakni dari Liga Eropa ke Liga Champions. Caranya adalah dengan memenangi Final Liga Eropa melawan Chelsea di Baku, Azerbaijan.



Watford atau Wolves

Secara total, Inggris mendapatkan jatah tujuh tim untuk bermain di Liga Champions dan Liga Eropa. Artinya apabila Arsenal mengalahkan Chelsea di Baku, maka hanya tersisa dua tempat saja bagi Inggris di Liga Eropa.

Seperti yang sudah dijelaskan, satu tiket sudah pasti menjadi milik United meski masih belum jelas dari mana mereka akan masuk. Sementara satu tiket tersisa masih akan diperebutkan oleh Watford atau Wolverhampton Wanderers.

Penentuan itu akan terjadi di Final FA Cup. Watford hanya bisa lolos ke sana andai sanggup mengalahkan Manchester City di laga final. Jika mereka gagal, maka tiket ke Liga Eropa akan jatuh ke Wolves sebagai tim peringkat ketujuh di jalur liga.

Hanya saja, ada perbedaan bagi Watford atau Wolves dalam hal ini. Jika Watford menjuarai FA Cup, maka mereka akan lolos ke babak grup Liga Eropa. Hal ini akan memnbuat Manchester United akan memulai kompetisi dari babak kualifikasi kedua yang dijadwalkan pada 25 Juli dan 1 Agustus.

Sialnya bagi United, mereka ada jadwal tanding di masa pra-musim. Pada 25 Juli mereka ada jadwal melawan Tottenham Hotspur di China sedangkan pada 3 Agustus bersua AC Milan di Wales.

Tapi jika Watford gagal, yang artinya tiket jatuh ke Wolves, maka Diogo Jota dan kawan-kawan masih harus memulai dari babak kualifikasi kedua.

Musim kompetisi Premier League memang telah usai. Namun jantung di kubu Arsenal, Watford, maupun Wolves masih akan berdegup kencang menanti nasib mereka di kompetisi Eropa musim depan.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus