Wakil Inggris di Liga Champions: City, Liverpool, Chelsea, & Spurs

Oleh: Wan Faizal - 13 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Empat wakil Liga Inggris di Liga Champions 2018/2019 adalah Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham.
tirto.id - Perburuan tiket ke Liga Champions dari Liga Inggris 2018/2019 telah usai. Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur secara berurutan duduk di empat besar klasemen. Itu berarti, keempatnya berhak masuk ke fase grup UCL pada musim 2019-2020.

Menentukan siapa saja tim yang akan lolos ke Liga Champions dari Premier League memang mudah. Alias, tidak serumit mencari siapa yang lolos ke Liga Eropa. Empat tim teratas dari klasemen akhir sudah dipastikan mendapatkan tiket ke kompetisi tersebut.

City yang menjadi kampiun Liga Inggris 2018-2019 memimpin tiga tim lain di UCL. Tentu saja, ini menjadi kesempatan bagus City untuk bisa memperbaiki prestasi mereka di kompetisi Eropa. Selama ini City memang berambisi menjuarai Liga Champions namun belum pernah terwujud.

Liverpool yang ada di peringkat kedua menjadi tim berikutnya yang melangkah ke sana. Keberhasilan ini tentu saja menjadi menarik karena The Reds, bersama Spurs, adalah finalis musim ini. Artinya, apa pun yang terjadi di laga final nanti tetap tidak akan mempengaruhi keikutsertaan mereka di Liga Champions musim depan.

Sementara Chelsea menjadi tim berikutnya yang melangkah Liga Champions. Keberhasilan ini positif bagi The Blues karena musim ini saja mereka hanya bermain di Liga Eropa.

Dengan kata lain, Chelsea tidak akan terbebani dengan laga final Liga Eropa. Pasalnya menurut aturan, pemenang Liga Eropa akan mendapatkan tiket gratis ke Liga Champions pada musim berikutnya. Namun karena kubu Stamford Bridge sudah meraihnya dari jalur liga, maka juara atau tidak juara tetap tidak punya pengaruh bagi mereka.



Arsenal Bisa Jadi Tim Kelima

Apakah hanya empat tim itu saja saja wakil Inggris? Tentu saja tidak. Inggris mendapatkan jatah maksimal lima tim yang bisa berlaga di Liga Champions. Empat diantaranya adalah seperti yang sudah dijelaskan di atas, yakni penghuni empat besar di klasemen akhir. Sementara satu sisanya bisa didapat andai ada tim Inggris, d iluar empat besar klasemen, yang menjuarai Liga Eropa.

Beruntung bagi Inggris karena mereka punya kesempatan untuk mengirim lima wakil. Hal itu bisa terjadi andai Arsenal sanggup mengalahkan Chelsea dalam laga final yang akan digelar di Baku, Azerbaijan, pada akhir bulan ini.

Andai skenario itu terjadi, maka Arsenal berhak mendapatkan tiket ke fase grup Liga Champions musim depan dan bergabung dengan empat tim lain. Sebuah skenario yang diharapkan terjadi oleh publik Inggris --selain fans Chelsea tentunya-- untuk memperbaiki nilai koefisien mereka di UEFA.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus