TvN Luncurkan Program Survival Baru Berjudul V-1

Oleh: Nuraini Ika - 20 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
TvN akan meluncurkan program survival vokal bertajuk V-1
tirto.id - Stasiun televisi Korea tvN akan meluncurkan program survival vokal bertajuk V-1. Episode perdana spesialnya dijadwalkan akan tayang pada pertengahan bulan September 2019.

Dilansir Soompi, program tvN V-1 merupakan acara survival untuk memilih “ratu vokal” terbaik di antara para anggota girl group Korea. Sehingga yang dapat mendaftar sebagai kontestan pada V-1 hanya mereka yang kini telah menjadi bagian anggota girl group aktif.

"Siapa pun dapat bergabung selama kalian adalah anggota grup idola wanita aktif," demikian tulis tvN pada Kamis (19/6/2019).

Terkait konsep, setiap anggota girl group yang hendak bergabung dalam acara V-1 harus mengirim resume dan file video berisi kemampuan menyanyi mereka. Kemudian dari video tersebut, pihak acara akan memilih 50 kontestan awal.

Setelahnya, 50 kontestan terpilih akan mendapat penilaian dari dewan juri untuk menentukan pemenang babak final. Para pemirsa juga dapat menentukan pilihan melalui voting online.

Sutradara dari acara V-1PD Kim Kwan Tae mengatakan, alasan ia membuat acara ini karena banyak dari girl group yang lebih berfokus pada visual daripada kemampuan vokal. Melalui program V-1 ia berencana membuat tempat di mana pemirsa dapat menikmati kemampuan vokal anggota girl group dengan lebih baik.

"Saya merasa meskipun para girl group memiliki kemampuan menyanyi yang luar biasa, visual dan penampilan mereka masih mendapat lebih banyak perhatian dibanding kemampuan menyanyi mereka,” tutur PD Kwan Tae.

”Saya berencana untuk membuat sebuah acara dengan memikirkan bagaimana rasanya memiliki tempat di mana kita dapat mendengarkan vokal girl group dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya, sebagaimana diwartakan Xportsnews.

Selain itu, program V-1juga akan menjadi ajang di mana para penyani berdiri di atas panggung untuk menunjukkan kemampuan bernyanyi mereka alih-alih tampil sebagai anggota grup.

“Ini adalah kontes di mana para penyanyi akan berdiri di atas panggung untuk menunjukkan kemampuan bernyanyi mereka alih-alih tampil sebagai anggota grup, jadi saya berharap pertunjukan itu akan membantu kita menemukan karisma para gadis ini yang belum pernah kita ketahui sampai sekarang,” ujar PD Kwan Tae.

Program Survival Selain V-1

Selain V-1, juga terdapat Produce 101 milik Mnet yang merupakan program di mana para trainee bersaing memperebutkan kursi debut dengan menampilkan kemampuan bernyanyi, rab dan dance mereka .

Program Produce 101 telah memiliki empat musim. Secara rinci, musim pertama bertajuk “Produce 101” tayang pada 2016, musim kedua “Produce 101 Season 2” dirilis pada 2017, kemudian season ketiga bertajuk “Produce 48” tayang pada 2018, dan musim keempat “Produce X 101” 2019.

Produce 101 juga telah sukses mengantarkan debut 3 idol group Korea termasuk, IOI (2016), Wanna One (2017), dan IZ*ONE (2018).

Sedangkan perebutan line-debut untuk musim keempat masih berlangsung di layar kaca Mnet. Menurut data pada 14 Juni 2019, program Produce 101 musim keempat telah meluncurkan Episode ke-7, dan dari 101 peserta kini tersisa 60 trainee.

Selain itu ada The Unit: Idol Rebooting Project milik KBS TV. Acara survival yang tayang terhitung dari Oktober 2017 hingga Februari 2018 ini bertujuan memperkenalkan para idol group yang telah debut namun kurang dapat perhatian publik.

Beberapa idol group yang ikut pada program The Unit: Idol Rebooting Project termasuk DIA, Melody Day, U-KISS, Hot Shot, The Ark, Boyfriend, dan MyName.

Kemudian MIXNINE, program survival bentukan YG Entertainmnet yang ditayangkan JTBC. Pada program ini, para trainee ataupun personel idol group yang telah debut namun kurang mendapat popularitas dapat ikut berkompetisi.

MIXNINE berkonsep di mana penampilan para kontestan akan dinilai oleh dewan juri. Setelahnya, jumlah kontestan pilihan juri akan dibagi menjadi 4 kelompok yakni, Debut Team, kelas A, kelas B, dan kelas C.

Sayangnya, walaupun telah menentukan 9 pemenang babak akhir, para kontestan MIXNINE batal melakukan debut karena ada masalah kontrak.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)


Penulis: Nuraini Ika
Editor: Yulaika Ramadhani