Tips dan Cara Menghilangkan Karat pada Pelek Sepeda Motor

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 2 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ada sejumlah cara yang bisa dengan mudah dilakukan untuk membersihkan karat pada pelek roda sepeda motor.
tirto.id - Bagi pengguna sepeda motor, pelek dan jari-jari roda kerap sulit dibersihkan, terlebih jika terdapat spot yang berkarat. Pelek roda motor biasanya mudah berkarat karena tidak langsung dibersihkan setelah terkena genangan air saat musim hujan.

Jika tidak dibersihkan, karat tersebut akan merusak dan menyebabkan keropos pada pelek motor. Dampaknya, ban motor akan lebih mudah bocor.

Mengutip laman It Still Run, karat yang tipis dapat dibersihkan dengan mudah. Sebaliknya karat yang tebal hanya dapat dibersihkan dengan produk pembersih khusus.

Sekalipun membersihkan karat pada pelek roda motor menghabiskan banyak waktu, ada sejumlah langkah yang sebenarnya mudah dilakukan.

Namun, sebelum melakukan pembersihan, siapkan pelumas anti-karat, pemati karat, bantalan wol baja, serta kompresor. Berikut langkah-langkah membersihkan karat pada pelek roda motor.

1. Posisikan motor berdiri dengan standar tengah, untuk memudahkan roda memutar.

2. Usap lapisan yang berkarat dan kotor di jari-jari pelek menggunakan sikat kawat kuningan atau disebut Brass Wire, lalu bersihkan dengan udara terkompresi (compressed air).

3. Semprotkan pelumas anti karat ke bantalan wol baja (steel wool pad). Kemudian, gosok jari-jari pelek tersebut.

4. Semprotkan lagi pelumas ke bantalan wol baja seperlunya, dan lalu terus digosok sampai jari-jari pelek benar benar bersih dari karat.

5. Langkah di atas hanya efektif untuk membersihkan karat tipis. Jika karat pada pelek roda motor sudah tebal, diperlukan cairan pemati karat.

6. Untuk membersihkan karat yang tebal, oleskan cairan pemati karat menggunakan kuas cat ke bagian pelek yang berkarat. Cukup oleskan cairan pemati karat, tanpa meneteskannya.

7. Tunggu cairan tersebut menghilangkan karat dalam waktu sekitar 10 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

8. Periksa jari-jari roda untuk memastikan ada tidaknya sisa-sisa karat. Kemudian, untuk kedua kalinya oleskan lagi cairan pemati karat jika masih ada karat berat yang terlihat.

9. Lalu singkirkan noda-noda karat yang lebih kecil, dengan menggunakan bantalan wol baja dan pelumas anti-karat.

10. Cuci seluruh bagian roda dengan sabun dan air untuk menyingkirkan partikel karat yang sudah mengendur di sepanjang pelek. Semprotkan juga pelumas anti karat pada pelek.

11. Kemudian, keringkan roda dengan udara yang terkompresi atau pengering.

Apabila tidak tersedia alat-alat yang diperlukan untuk pembersihan karat seperti disebutkan dalam perincian di atas, ada beberapa sarana alternatif yang bisa digunakan.

Alternatif pertama, adalah air soda (tanpa pemanis). Tuangkan air soda pada lap bersih, kemudian gosokan ke bagian pelek yang berkarat. Lantas, bilas dengan air bersih dan keringkan.

Solusi lainnya, atau alternatif kedua, adalah batu hijau (Watu Ijo). Haluskan batu hijau dan campur dengan minyak kayu putih serta air soda. Kemudian, gosokkan larutan tersebut secara merata ke bagian pelek atau jari-hari roda yang berkarat, dengan menggunakan kertas. Apabila sudah bersih, bilas dengan air dan keringkan.

Akternatif terakhir, pakai tanah liat atau tanah putih. Siram tanah liat atau tanah putih dengan air secukupnya. Kemudian, gosokkan ke bagian pelek yang berkarat sampai benar-benar bersih. Jika sudah, bilas dengan air dan usap dengan lap hingga kering.


Baca juga artikel terkait SEPEDA MOTOR atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Addi M Idhom
DarkLight