Tips & Cara Mengajarkan Anak Kebiasaan Mencuci Tangan

Oleh: Irene Aprilya Meok - 12 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Tips bagi orang tua untuk mengajarkan anak kebiasaan mencuci tangan.
tirto.id - Mencuci tangan bukan hal yang sulit. Sebaliknya, cara ini adalah cara yang murah dan mudah dilakukan. Namun pada kenyataannya tak semua orang mau melakukan hal tersebut.

Ketika virus corona COVID-19 mulai menginfeksi Indonesia, mencuci tangan menjadi salah satu cara untuk terhindar dari virus tersebut.

Mencuci tangan adalah cara yang mudah, murah, dan efektif untuk mencegah penyebaran kuman.
Orang tua peran penting untuk mengajarkan anak cara cuci tangan yang tepat.

Mencuci tangan bisa menjadi kebiasaan sehat seumur hidup jika mulai diajarkan sejak usia dini.

Mengutip laman Center for Disease Control and Prevention, mencuci tangan dapat mencegah satu dari tiga penyakit yang berhubungan dengan diare dan satu dari lima infeksi pernapasan, untuk itu mencuci tangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan dan sebaiknya dibiasakan mulai dari keluarga.

Kebiasaan baik ini bisa diajarkan oleh orang tua ke anaknya. Ada beberapa cara untuk mengajarkan anak mencuci tangan, yaitu:

- Bantu anak mengembangkan keterampilan mencuci tangan. Untuk menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan, mulailah sedini mungkin untuk mengajari dan membiasakan anak untuk mencuci tangan.

Ajari anak-anak lima langkah mudah untuk mencuci tangan: basah, busa, gosok, bilas, dan kering. Ajari juga soal waktu-waktu penting untuk mencuci tangan, seperti setelah menggunakan kamar mandi atau sebelum makan.

Cari metode yang tepat dan menyenangkan untuk menciptakan suasana yang baik saat mencuci tangan.

- Mengingatkan. Untuk membangun kebiasaan, sering-seringlah mengingatkan anak untuk mencuci tangannya.

Sebaiknya ingatkan anak untuk mencuci tangan setelah menggunakan amar mandi, sebelum makan, setelah menyentuh hewan peliharaan, setelah bermain diluar, dan setelah batuk atau bersin dan anak menutup hidung dan mulut menggunakan tangan.

- Memberikan contoh. Orang tua harus memberikan contoh mencuci tangan secara rutin agar anak dapat melihatnya dan mengikuti atau meniru apa yang dilakukan oleh orang tua

Dilansir dari Kidshealth.org, berhubungan dengan anak, kuman dapat menyebar dengan banyak cara, seperti menyentuh tangan yang kotor, mengganti popok kotor, melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, melalui bersin atau batuk dari teman atau benda yang terkontaminasi, dan bisa juga melalui kontak dengan orang yang sedang sakit.

Karena itu, jangan meremehkan kekuatan mencuci tangan. Jika ingin mencuci tangan tetapi tidak ada air atau sabun, mencuci tangan bisa digantikan sementara dengan penggunaan hand sanitizer, namun hand sanitizer tidak dapat membersihkan tangan yang kotor, jadi disarankan untuk langsung mencuci tangan setelah bisa menggunakan air dan sabun.


Baca juga artikel terkait CARA AJAR ANAK KEBIASAAN CUCI TANGAN atau tulisan menarik lainnya Irene Aprilya Meok
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Irene Aprilya Meok
Penulis: Irene Aprilya Meok
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight