Tips Belanja Hemat dan Cerdas Saat Harbolnas 12.12

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 9 Des 2022 13:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada beberapa tips belanja hemat dan cerdas saat Harbolnas 12.12 yang bisa dilakukan untuk mencegah belanja terlalu boros.
tirto.id - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 hanya tinggal menghitung hari. Momen ini dimanfaatkan banyak orang untuk berbelanja barang-barang dengan harga yang lebih murah atau disertai keuntungan.

Sayangnya, selama Harbolnas berlangsung banyak sekali kasus dimana pelanggan menghabiskan terlalu banyak uang. Kabar baiknya, ada beberapa tips belanja hemat dan cerdas saat Harbolnas 12.12 yang bisa dilakukan untuk mencegah belanja terlalu boros.

Harbolnas 12.12 tahun ini akan jatuh pada Senin, 12 Desember 2022. Harbolnas sendiri adalah kegiatan tahunan yang diprakarasai bersama oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 2012.


Enam e-commerce itu adalah Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak. Kendati demikian, seiring berjalannya waktu promo dan diskon Harbolnas 12.12 tidak hanya datang dari e-commerce saja.

Harbolnas juga dimeriahkan oleh berbagai pusat perbelanjaan offline, restoran, dan toko-toko yang menjual kebutuhan sehari-hari.


Tips Belanja Hemat dan Cerdas Saat Harbolnas 12.12


Hal yang perlu dihindari saat event Harbolnas 12.12 berlangsung adalah menghabiskan terlalu banyak uang untuk barang-barang yang tidak perlu.

Oleh karena itu, agar menjadi pelanggan yang hemat dan cerdas, ada beberapa tips yang bisa diterapkan selama Harbolnas 12.12 berlangsung, sebagai berikut:

1. Tetapkan daftar belanjaan


Mengutip The Times, salah satu langkah paling utama untuk berbelanja secara hemat saat event belanja adalah dengan menentukan daftar belanjaan.

Pastikan sudah mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan dan ingin dibeli. Ini dilakukan agar saat Harbolnas, pembeli dapat fokus pada jenis barang yang diperlukan.

Daftar belanja bisa ditulis maupun dibuat dengan mudah menggunakan fitur troli (cart) pada aplikasi e-commerce. Harga barang yang dimasukkan ke dalam fitur cart otomatis diperbarui ketika promo berlangsung.

Kelebihan ini tentu sangat membantu pembeli dalam melakukan pembayaran atau check-out.

2. Tetapkan budget


Langkah kedua yang tidak kalah penting adalah menetapkan anggaran atau budget. Budget membantu pembeli tidak menghabiskan uang terlalu banyak.

Budget bisa ditentukan sesuai dengan jenis barang yang ingin dibeli. Ini bisa dilakukan sebelum Harbolnas berlangsung dengan cara melakukan riset harga terhadap barang-barang yang diinginkan.

3. Persiapkan sambungan internet yang stabil


Salah satu promo yang paling diincar oleh para pembeli saat Harbolnas adalah flash sale. Promo flash sale adalah promo dimana perusahaan e-commerce menjual berbagai dengan harga yang jauh lebih murah dari harga normalnya.

Namun, sesuai namanya, promo flash sale hanya berlangsung secara cepat dalam hitungan jam atau bahkan menit. Terlebih jumlah barang yang tersedia tentu terbatas.

Mengingat flash sale Harbolnas dilakukan secara online, maka senjata yang dibutuhkan untuk memenangkan produk tersebut adalah memiliki sambungan internet yang cepat dan stabil.


4. Riset promo yang tersedia


Ada puluhan bahkan ratusan platform belanja online yang mengadakan promo Harbolnas 12.12 pada 12 Desember 2022. Tentu setiap promo yang ditawarkan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Oleh karena itu, jelang Harbolnas 12.12 riset promo mana saja yang sekiranya paling menguntungkan. Ini akan menghemat waktu saat berbelanja saat hari-H.

5. Bandingkan harga di toko lain


Mengutip Antara, salah satu kiat mendapatkan harga terbaik saat Harbolnas adalah memperhatikan harga produk di toko fisik (offline) dan toko daring.

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa harga yang dibeli saat promo Harbolnas memang terbukti lebih murah. Selain harga normal, pertimbangkan pula biaya tambahan lain seperti ongkos kirim, biaya admin, dan pajak pembelian.

6. Pertimbangkan reputasi toko


Faktanya, tidak semua toko online yang memberikan harga paling murah adalah yang terbaik. Pembeli tetap harus memastikan reputasi toko cukup baik sebelum memutuskan membeli barang dari toko tersebut.

Reputasi toko bisa dicek melalui laman ulasan atau review pelanggan yang tersedia di hampir seluruh e-commerce. Jika review pelanggan toko cukup baik, maka pembelian bisa dilakukan. Sebaliknya, jika review yang tampil tidak cukup baik, sebaiknya pertimbangkan lagi sebelum melakukan transaksi.

7. Gunakan metode pembayaran terbaik


Hampir setiap e-commerce menawarkan berbagai keuntungan apabila pembeli melakukan pembayaran dengan metode tertentu.

Beberapa keuntungan tersebut bisa berupa cashback, poin, hingga diskon. Oleh karena itu, pertimbangkan menggunakan metode pembayaran tertentu seperti kartu kredit atau kartu debit dari bank tertentu, dompet digital, hingga paylater.


Baca juga artikel terkait HARBOLNAS atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Ekonomi)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight