Tips Atasi Masalah Kulit Wajah yang Terpapar Polusi Asap

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 18 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Arthur S. Simon untuk mengatasi masalah kulit akibat polusi asap di antaranya adalah peeling dan penggunaan sunscreen.
tirto.id - Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sebagian wilayah Kalimantan dan Sumatera ternyata tak hanya berdampak pada buruknya kualitas udara. Namun juga bisa mengakibatkan kulit wajah terlihat lebih kusam, kering dan menyebabkan penuaan dini.

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Arthur S. Simon penyebab kulit kusam, kering dan penuaan dini sebetulnya tak hanya asap karhutla. Tetapi paparan sinar matahari, asap rokok, asap kendaraan hingga radikal bebas juga bisa membuat kulit wajah semakin tak sehat.

Kasus asap akibat karhutla memang menambah daftar masalah penyebab kulit wajah tak sehat. Guna mengatasi masalah tersebut, Arthur mengatakan beragam cara bisa dilakukan, di antaranya,

  • Peeling
“Semakin sering kita terkena paparan polusi dan debu, semakin cepat juga penumpukan kulit mati dan debunya dan semakin sering juga perlu dibersihkan. Selain ritual mencuci muka yang baik dan benar, ritual peeling teratur juga penting,” ujar Arthur.

Menurut Arthur, Anda bisa melakukan peeling sebulan sekali, namun itu tergantung jenis peeling yang Anda pilih dan juga seberapa sering Anda terpapar polusi.

  • Gunakan masker
“Tangkal sebanyak mungkin polutan agar tidak kontak langsung dengan kulit Anda, salah satunya dengan menggunakan masker,” kata Arthur.

Penggunaan masker bisa Anda pilih sebagai salah satu penangkal polusi agar tak langsung terkena kulit wajah Anda. Namun sebaiknya Anda juga rajin untuk mengganti masker yang sudah Anda gunakan. Menggunakan masker yang sudah kotor justru akan menambah masalah pada kulit wajah Anda.

  • Gunakan sunscreen atau tabir surya
“Penggunaan sunscreen juga bisa menjadi lapisan pelindung kulit,” ujar Arthur.
Guna memaksimalkan sunscreen Anda harus menggunakannya secara berulang setidaknya tiga hingga empat jam sekali. Sunscreen dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

  • Penggunaan serum anti oksidan seperti vitamin C dan krim perawatan
Penggunaan serum anti oksidan seperti vitamin C dan juga krim perawatan dapat menetralisir dan mengobati kerusakan yang akan ataupun sudah terjadi,” kata Arthur.

Jika Anda sudah melakukan beragam pencegaan untuk mengantisipasi masalah kulit wajah akibat polusi, namun hasilnya belum maksimal, ada baiknya Anda menghubungi dokter kulit terdekat untuk mengkonsultasikan masalah kulit wajah Anda.


Baca juga artikel terkait KARHUTLA atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight