Menuju konten utama

Sejarah Hari Kereta Api yang Diperingati 28 September 2020

Sejarah Hari Kereta Api Nasional yang siperingati 28 September dan perkembangan perkeretaapian di Indonesia hingga saat ini.

Sejarah Hari Kereta Api yang Diperingati 28 September 2020
Ilustrasi Petugas berjalan di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.

tirto.id - Hari Kereta Api atau kerap disebut Hari Kereta Api Nasional selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 September. Penetapan tanggal 28 September pun memiliki sejarahnya tersendiri.

Tanggal tersebut adalah tanggal terjadinya puncak pengamblalihan perkeretaapian oleh Indonesia dari tangan Belanda. Berikut adalah kilas balik sejarah dari Hari Kereta Api Nasional yang ditetapkannya tanggal 28 September.

Sejarah Hari Kereta Api Nasional

Sejak tahun 1864 hingga 1942, Pemerintah Hindia Belanda memegang kekuasaan atas perkeretaapian Indonesia. Dalam kisaran waktu tersebut, Pemerintah Hindia Belanda telah membangun rel kereta api yang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, pada tahun 1942, Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Karena kondisi tersebut, Jepang akhirnya mengambil alih perkeretaapian Indonesia. Jepang pun mengubah nama perkeretaapian Indonesia menjadi Rikuyu Sokyuku yang berarti Dinas Kereta Api.

Selama masa kekuasannya, operasional kereta api difokuskan untuk keperluan perang Jepang. Salah satu pembangunan jalur kereta api pada masa kekuasaan Jepang adalah lintas Saketi-Bayah dan Muaro-Pekanbaru.

Jalur tersebut dibuat untuk kepentingan pengangkutan hasil tambang batu bara. Hasil tabang tersebut Jepang gunakan untuk menjalankan mesin-mesin perang mereka. Selain itu, Jepang juga pernah melakukan pembongkaran rel sepanjang 473 km yang diangkut ke Burma untuk pembangunan kereta api di sana.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia pun memproklamasikan kemerdekaannya. Dengan begitu, Indonesia akan mulai mengambil alih beberapa kekuasaan Pemerintah Jepang pada berbagai kantor maupun aset, salah satunya perkeretaapian Indonesia.

Beberapa hari setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia mengambil alih stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai oleh Jepang. Puncak dari rangkaian pengambilalihan tersebut terjadi pada saat Indonesia mengambil alih Kantor Pusat Kereta Api Bandung pada tanggal 28 September 1945. Hal tersebut juga menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI).

Tanggal pada hari itulah yang hingga saat ini dijadikan sebagai tanggal peringatan Hari Kereta Api. Karena, tanggal tersebut adalah tanggal di mana puncak pengambilalihan perkeretaapian dari Pemerintah Jepang terjadi.

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia

Pemerintah Hindia Belanda memegang kekuasaan atas perkeretaapian Indonesia sejak tahun 1864. Pada tahun tersebut, tepatnya pada 17 Juni 1864, pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen dimulai. Pencangkulan jalur tersebut berada di bawa komando Gubernur Jendral Hindia Belanda pada saat itu, yaitu Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele.

Pembangunan dijalankan oleh perusahaan swasta bernama Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) dengan menggunakan lebar sepur 1435 mm.

Pada 8 April 1875, Pemerintah Hindia Belanda membangun jalur kereta api negara dan pembangunan tersebut dilaksanakan oleh Staatssporwegen (SS), sebuah perusahaan kereta api yang nanti pada akhirnya diserahkan kepada Indonesia. Rute pertama yang dibuat adalah rute Surabaya-Pasuruan-Malang.

Keberhasilan NV. NISM dan SS dalam membuat jalur perkeretaapian mendorong para investor swasta untuk membangun jalur kereta api di Indonesia. Berikut adalah beberapa perusahaan kereta api swasta tersebut:

    • Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS)
    • Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS)
    • Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS)
    • Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS)
    • Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (Ps.SM)
    • Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM)
    • Probolinggo Stoomtram Maatschappij (Pb.SM)
    • Modjokerto Stoomtram Maatschappij (MSM)
    • Malang Stoomtram Maatschappij (MS)
    • Madoera Stoomtram Maatschappij (Mad.SM)
    • Deli Spoorweg Maatschappij (DSM)

Setelah banyak pembangunan jalur rel di wilayah Jawa, Pemerintah Hindia Belanda pun meluaskan pembangunan ke wilayah Indonesia lainnya, seperti:

    • Aceh pada tahun 1876
    • Sumatera Utara pada tahun 1889
    • Sumatera Barat pada tahun 1891
    • Sumatera Selatan pada tahun 1914
    • Sulawesi pada tahun 1922

Wilayah Kalimantan, Bali, dan Lombok pun masuk dalam pertimbangan. Namun, wilayah-wilayah tersebut hanya sampai tahap dilakukannya studi mengenai kemungkinan pemasangan jalan rel, belum sampai tahap pembangunan.

Sampai akhir tahun 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia mencapai 7.464 km dengan perincian rel milik pemerintah sepanjang 4.089 km dan swasta sepanjang 3.375 km.

Pada masa kekuasaan Jepang, perkeretaapian sering digunakan hanya untuk keperluan angkutan bahan dan logistik perang.

Perkembangan Kepemilikan Perkeretaapian di Indonesia

Sebelum sampai ke tangan Indonesia, kepemilikan perkeretaapian di Indonesia dimiliki oleh Belanda (1864-1942) dan Jepang (1942-1945). Sejak tanggal 28 September 1945, kepemilikan dan kekuasaan perkeretaapian jatuh ke tangan Indonesia.

Namun, kekuasaan tersebut tidak bertahan lama. Pada tahun 1946, Belanda kembali ke Indonesia. Mereka pun membentuk kembali perkeretaapian di Indonesia yang bernama Staatssporwegen/Verenigde Spoorwegbedrif (SS/VS), yaitu gabungan antara SS dan seluruh perusahaan kereta api swasta (kecuali DSM).

Karena pergolakan terus terjadi antara Indonesia dan Belanda, Konfrensi Meja Bundar (KMB) pun dilakukan pada Desember 1949. Salah satu hasi dari konferensi tersebut berkaitan dengan kepemilikan perkeretaapian di Indonesia.

Berdasarkan perjanjian damai Konfrensi Meja Bundar (KMB) tersebut, Indonesia akan mengambil alih segala aset-aset milik pemerintah Hindia Belanda. Pengambilalihan tersebut dilakukan pada tahun 1950, yaitu dengan menggabungkan DKARI (milik Indonesia) dan SS/VS (milik Belanda) dan menjadikannya Djawatan Kereta Api (DKA).

Berikut adalah perkembangan nama dari perusahaan perkeretaapian Indonesia:

    • Tahun 1950: Djawatan Kereta Api (DKA)
    • 25 Mei 1950: DKA diganti menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA)
    • 1971: Pemerintah mengubah struktur PNKA menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA)
    • 1991: PJKA berubah bentuk menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka)
    • 1998: Perumka berubah menjadi Perseroan Terbatas, yaitu PT. Kereta Api Indonesia (KAI)

Sampai saat ini, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki tujuh anak perusahaan, yakni PT. Reska Multi Usaha (2003), PT. Railink (2006), PT. Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (2008), PT. Kereta Api Pariwisata (2009), PT. Kereta Api Logistik (2009), PT. Kereta Api Properti Manajemen (2009), dan PT. Pilar Sinergi BUMN Indonesia (2015).

Baca juga artikel terkait SEJARAH HARI KERETA API atau tulisan lainnya dari Fatimah Mardiyah

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Fatimah Mardiyah
Penulis: Fatimah Mardiyah
Editor: Yantina Debora