Satgas COVID-19

Satgas Minta Batasi Kegiatan Kumpulkan Massa Termasuk Pernikahan

Reporter: - 7 Januari 2021
Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo meminta masyarakat membatasi kegiatan yang dapat menarik massa demi menekan kasus Corona.
tirto.id - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo meminta masyarakat membatasi kegiatan yang dapat menarik massa sebagai salah satu langkah untuk menekan angka kenaikan kasus COVID-19.

Dalam diskusi Satgas Penanganan COVID-19, Doni memberi contoh bagaimana kegiatan keagamaan besar di Gowa, Sulawesi Selatan ikut berkontribusi dalam penyebaran COVID-19 di bulan-bulan awal penyakit itu masuk ke Indonesia.

"Kita harus menghindari itu, harus mencegah jangan lagi ada kegiatan yang dapat mengumpulkan massa, termasuk kegiatan lain seperti pernikahan, sementara ditahan dulu, bersabar dulu," kata Doni dalam diskusi virtual yang dilakukan di Graha BNPB di Jakarta, Kamis.

Doni juga meminta agar masyarakat membatasi acara pertemuan dan bila memang harus melakukannya dilakukan dengan jumlah yang sangat terbatas.

Hal itu merupakan bagian dari protokol kesehatan untuk menekan angka penyebaran COVID-19, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan (3M).

Langkah-langkah tersebut, kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), salah satunya juga bertujuan untuk meringankan beban fasilitas layanan kesehatan dan tenaga kesehatan yang terbatas jumlahnya.

"Jangan sampai kita sudah telanjur, lantas dokter kita, SDM terbatas jumlahnya, sehingga dampaknya, risiko angka dokter yang gugur semakin bertambah," ujar Doni.

Karena itu, dia mengajak semua pihak untuk kembali meningkatkan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan jelang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di berbagai daerah di Jawa dan Bali pada 11-25 Januari 2021.





Baca juga artikel terkait PSBB atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri
DarkLight