Bursa Transfer Pemain

Santi Cazorla Resmi Gabung Xavi di Al Sadd dari Villarreal

Oleh: Hendi Abdurahman - 21 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Santi Cazorla resmi bergabung dengan Al Sadd usai kontraknya di Villarreal habis akhir musim ini.
tirto.id - Santi Cazorla resmi bergabung dengan klub Liga Qatar, Al Sadd, usai kontraknya di Villarreal habis akhir musim ini. Gelandang gaek eks Arsenal ini bakal bekerja sama dengan mantan rekan setimnya di Timnas Spanyol, Xavi Hernandez, yang kini membesut Al Sadd.

“Kami mencapai kesepakatan dengan Santi Cazorla. Dia segera mendarat di Doha dan menyelesaikan formalitas serta bergabung dengan tim. Selamat datang di Al Sadd, Santi!” tulis pernyataan Al Sadd melalui akun Twitter, Senin (20/7/2020).

Meski usianya tak muda lagi, penampilan Santi Cazorla dalam dua musim terakhir di Villarreal sangat konsisten dan masih terlihat mumpuni. Hal itu bisa dipantau berdasarkan statistik penampilannya.

Di ajang La Liga musim 2018/2019 dan 2019/2020, gelandang yang kini berusia 35 tahun ini tampil masing-masing dalam 35 pertandingan.

Momen dramatis pun mengiringi kepergian Santi Cazorla dari Villarreal. Usai laga pemungkas Liga Spanyol 2019/2020 melawan Eibar yang berakhir untuk kemenangan The Yellow Submarine, Santi Cazorla -bersama Bruno- diangkat ke udara oleh rekan-rekannya seolah sedang merayakan gelar juara.

Tak sampai di situ, pihak klub pun menyediakan baju khusus untuk memperingati kepergian Santi Cazorla.

“Selamat tinggal dan terima kasih untuk semuanya. Terima kasih telah memahami arti dari seragam kebesaran ini, untuk profesionalisme dan kerja keras setiap hari, karena menjadi contoh bagi pemain lain, karena menjadi ikon Villarreal, untuk membuat kita menjalani momen yang tak terlupakan,” tulis pernyataan Villarreal.


Jejak Karier Santi Cazorla

Sebagaimana dikutip situs resmi klub, Santi Cazorla melakukan debut bersama Villarreal pada 30 November 2003 ketika melawan Deportivo La Coruna. Sepanjang 9 musim di Villarreal, ia telah memainkan 334 pertandingan dengan mencetak 47 gol dan 57 assist.

Jumlah penampilan tersebut (334 laga) menempatkan Santi Cazorla sebagai salah satu pemain dengan tampilan terbanyak di bawah Marcos Senna (363 laga), Mario Gaspar (377 laga) dan Bruno Soriano 425 (laga).

Sementara itu, 57 gol yang dibikin Santi Cazorla juga menjadikannya pencetak gol terbanyak ketiga Villarreal di La Liga di bawah Diego Forlan (59 gol) dan Giuseppe Rossi (82 gol).

Dengan berakhirnya petualangan di Villarreal, Santi Cazorla secara terang-terangan mengumumkan bahwa klub selanjutnya yang akan dibela yakni Al Saad

“Senang mengumumkan bahwa Al Sadd akan menjadi tim saya berikutnya. Saya menantikan untuk bersama Xavi dan memberikan 100 persen kemampuan saya,” tulisnya dalam akun Instagram pribadinya.

Dinukil dari Soccerway, Al Sadd kini berada di peringkat tiga klasemen dengan koleksi 32 poin dari 17 pertandingan yang telah dijalani. Posisi pertama ditempati Al Duhail sedangkan peringkat kedua diisi Al Rayyan.

Baca juga artikel terkait SANTI CAZORLA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight