Sakit Jantung dan Ginjal Pemicu Tertinggi Kematian Pasien COVID-19

Oleh: Andrian Pratama Taher - 12 Mei 2020
Jantung dan ginjal, dua penyakit penyerta terbanyak pasien meninggal COVID-19.
tirto.id - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan ada dua penyakit penyerta yang menjadi pemicu tingginya kasus meninggal di Indonesia. Salah satunya adalah ginjal.

"Dua kasus kematian tertinggi adalah mereka yang memiliki penyakit ginjal," kata Doni usai rapat bersama Presiden Jokowi via telekonferensi, Selasa (12/5/2020). Dalam catatan Gugus Tugas, hampir 7 dari 10 orang penderita COVID-19 yang mempunyai penyakit ginjal meninggal dunia.

Kedua adalah penyakit jantung. Doni mengatakan 5 dari 10 kasus COVID-19 yang meninggal memiliki riwayat penyakit ini.

Berdasarkan statistik, Doni meminta kepada warga yang memiliki riwayat dua penyakit ini untuk ekstra hati-hati.

"Betul-betul melakukan isolasi mandiri secara serius, secara sungguh-sungguh tidak boleh melakukan kegiatan yang berhubungan dengan siapa pun juga, apalagi dengan orang yang tidak dikenal," katanya.

Total kasus positif COVID-19 di Indonesia per Senin (11/5/2020) mencapai 14.265. Total kasus meninggal mencapai 991, sementara yang sembuh 2.881.

Orang dalam pengawasan atau orang yang pernah kontak dengan penderita COVID-19 mencapai 249.105, sementara pasien dalam pengawasan atau orang-orang yang memiliki gejala COVID-19 tetapi masih dalam penelitian mencapai 31.994.




Baca juga artikel terkait COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Rio Apinino
DarkLight