Rekomendasi Aplikasi untuk Mengatur Keuangan Keluarga

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar, tirto.id - 22 Sep 2022 17:07 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini 8 rekomendasi aplikasi untuk mengatur dan mengelola keuangan dalam keluarga.
tirto.id - Dalam berkeluarga, menjaga stabilitas finansial merupakan hal terpenting agar semua kebutuhan anggota keluarga bisa terpenuhi.

Oleh karena itu, diperlukan perencanaan keuangan untuk mengatur segala alur uang yang didapat dalam sebuah keluarga.

Menurut Buku Perencanaan Keuangan Keluarga dari OJK, perencanaan keuangan merupakan seni pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh individu dan keluarga untuk menncapai tujuan yang efektif, efisien, dan bermanfaat sehingga keluarga tersebut menjadi keluarga yang sejahtera.

Tujuan-tujuan finansial yang biasa dimiliki dalam sebuah keluarga antara lain adalah dana pendidikan, dan kelahiran anak, dana bulanan, dan lain sebagainya.

Dilansir dari Antaranews, Perencana Keuangan, Bareyn Mochaddin, memiliki kiat tersendii untuk mengelola keuangan keluarga yang ia singkat menjadi “SIAP KAYA”.

Tiap hurufnya mewakili satu prinsip yang dapat membantu keluarga untuk mengatur keuangan mereka. Huruf “S” yang pertama adalah “Susun rencana belanja bulanan” yaitu dengan membuat rencana besar dan rencana kecil.

Huruf “I” selanjutnya adalah “Identifikasi” yang berarti mengidentifikasi antara kebutuhan dan keinginan ketika membeli sesuatu.

Kemudian huruf “A” selanjutnya adalah “Angsuran jangan diunda bayarnya”. Huruf “P” adalah “Perhatikan pengeluaran harian” yaitu mengevaluasi pengeluaran harian apakah sudah sesuai dengan rencana awal.

Selanjutnya huruf “K” adalah “Komunikasikan pengelolaan uang bersama pasangan”. Lalu huruf “A” yang kedua adalah “Asuransi dan dana darurat”.

Kemudian huruf “Y” adalah “Yakin berapa pun penghasilan yang dimiliki akan cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Terakhir, huruf “A” adalah “Apabila memiliki sisa dari penghasilan bulanan, investasikan”. Prinsip-prinsip tersebut apabila dijalankan dengan baik akan bisa membantu setiap keluarga untuk menjaga stabilitas finansial serta memenuhi berbagai kebutuhan hingga keinginan.

Di tengah perkembangan teknologi dan informasi dewasa ini banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu merencanakan keuangan keluarga.

Dilansir dari siapnikah.org yang dikelola oleh BKKBN, berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi perencana keuangan keluarga.

Aplikasi Perencana Keuangan Keluarga


1. Dompetku

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mencatat segala kondisi finansial dari pemasukan, pengeluaran, hingga hutang.

Aplikasi ini juga berfungsi sebagai dompet rekening digital yang bisa ditransfer ke rekening bank. Aplikasi ini juga menyajikan grafik sederhana yang memaparkan laporan keuangan pengguna secara menyeluruh.

2. Finansialku

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat catatan keuangan, anggaran, perencanaa, pengelolaan investasi serta laporan keuangan.

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis website yang juga bisa digunakan untuk memantau kinerja investasi serta fitur live chat dengan perencana keuangan.

3. Sribuu: Money Management App

Aplikasi ini berfungsi untuk mengontrol pengeluaran pengguna melalui 3 fitur, yaitu pencatatan transaksi manual/otomatis, mengatur budget, serta rekomendasi dan analisis dari para perencana keuangan.

Aplikasi ini juga memiliki teknologi AI untuk menyesuaikan rekomendasi pengguna secara lebih personal sesuai kebiasaan pengguna.

4. Finku

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat rencana keuangan yang secara otomatis dibagi menjadi lebih dari 28 kategori.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Produk Kredit Konsumer yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fasilitas kredit untuk kebutuhan sehari-hari. Finku juga menyajikan laporan keuangan secara detail dalam ilustrasi grafik.

5. Wallet: Budget Planner Tracker

Aplikasi ini merupakan dompet digital yang bisa terhubung dengan rekening bank untuk bertransaksi dan memeriksa saldo.

Aplikasi ini juga mendukung banyak jenis mata uang dan bisa mengekspor data dengan fitur cloud sync. Terdapat juga fitur berbagi rekening yang memungkinkan pengguna untuk berbagi rekening dengan user lain.

6. Spendee: Budget and Expense Tracker & Planner

Aplikasi ini dapat terhubung ke rekening bank dan melacak pengeluaran dan pemasukan secara aman. Aplikasi ini juga dapat membuat perencanaan anggaran yang bisa mengingatkan pengguna apabila pengeluaran telah melebihi budget yang ditentukan.

Spendee juga mendukung berbagai jenis mata uang sehingga bisa digunakan ketika sedang berada di luar negeri.

7. Money Lover

Aplikasi ini berfungsi untuk merancang anggaran dan limit yang apabila telah terlewat akan memberikan notifikasi kepada pengguna.

Aplikasi ini juga memberikan beberapa saran pengeluaran yang ideal agar pengguna tidak mengeluarkan uang lebih dari budget yang ditetapkan sendiri.

8. Money Manager

Selain berfungsi untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, aplikasi ini juga dapat memperhitungkan kondisi keuangan.

Contohnya, aplikasi ini dapat menampilkan grafik perbedaan antara budget yang ditetapkan dengan pengeluaran sesungguhnya. Money Manager juga bisa dihubungkan dengan rekening bank dan kartu debit.


Baca juga artikel terkait CARA ATUR KEUANGAN atau tulisan menarik lainnya Muhammad Iqbal Iskandar
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight