Rekomendasi 5 Film Korea soal Wabah dan Perjuangan Bertahan Hidup

Oleh: Dewi Rukmini - 16 Maret 2021
Dibaca Normal 4 menit
The Flu, Deranged, dan Train to Busan adalah beberapa film Korea yang menceritakan tentang mewabahnya suatu virus dan perjuangan bertahan hidup.
tirto.id - Wabah virus Corona masih menjadi pandemi di dunia termasuk Indonesia. Pemerintah telah melakukan berbagai usaha, salah satunya dengan mengadakan vaksinasi COVID-19 gratis bagi masyarakat. Hingga kini vaksinasi di Indonesia sudah memasuki tahap kedua.

Meski begitu, Indonesia masih menempati urutan 18 dunia dengan total kasus positif mencapai angka 1.419.455. Menurut web resmi pemerintah Covid19.go.id, per Senin, 15 Maret 2021, jumlah orang yang terinfeksi virus Corona dan sedang dirawat sebanyak 137.912.

Sedangkan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 1.243.117 orang, sementara yang meninggal dunia sebanyak 38.426 jiwa. Per 15 Maret 2021 pukul 14.45 WIB, Indonesia mencatat adanya penambahan kasus positif baru sebanyak 4.714 kasus.

Menurut situs Worldometers per 15 Maret 2021 pukul 15.00 WIB, total kasus positif COVID-19 dunia mencapai angka 120.428.199 kasus. Adapun jumlah angka kematian mencapai 2.665.548 orang dan terdapat 96.981.033 orang dinyatakan sembuh.

Amerika Serikat masih menempati posisi pertama Negara dengan kasus terbanyak di dunia dengan total 30.081.657 kasus dan 547.234 kematian. Disusul Brasil dengan total kasus 11.483.370 kasus dan India yang mencatat penambahan kasus baru sebanyak 131 menjadi total 11.385.339 kasus.

Sebelum pandemi Corona datang, banyak film yang menceritakan tentang mewabahnya suatu virus. Tak terkecuali film yang berasal dari negara Korea Selatan. Berikut ini rekomendasi film Korea tentang wabah virus dan perjuangan bertahan hidup.


The Flu (2013)

Film The Flu atau Gamgi menceritakan tentang wabah virus H5N1 yang menyebar di distrik Bundang, Korea Selatan. Virus ini digadang sebagai virus mematikan karena dapat membunuh korbannya hanya dalam waktu 36 jam saja.

Virus itu berasal dari imigran gelap yang diselundupkan ke Korea menggunakan kontainer oleh dua orang bersaudara, yakni Ju Byung Woo (Lee Sang Yeob) dan Ju Byung Ki (Lee Hee Joon).

Sesampainya di Korea para imigran gelap itu ditemukan meninggal kecuali seorang anak bernama Monssai (Lester Avan Andrada), yang ternyata mempunyai kekebalan terhadap virus itu.

Tak berlangsung lama, wabah virus menyebar ke seluruh kota dan menyebabkan kekacauan. Di tengah kekacauan itu, Dr. In Hae (Soo Ae) dan Kang Ji Koo (Jang Hyuk) sempat kehilangan putrinya, Kim Mi Reu (Park Min Ha), saat berbelanja di supermarket.

Singkat cerita, Kim Mi Reu menunjukkan gejala terpapar virus mematikan itu. Dari sini dimulailah usaha Dr. In Hae berusaha menemukan obat untuk menyelamatkan putri semata wayangnya.

Film garapan sutradara Kim Sung Su itu diperankan oleh Jang Hyuk, Soo Ae, Park Min Ha, Yoo Hae Jin, Lee Hee Joon, Lee Sang Yeob, dan Ma Dong Seok.

Dari laman IMDb, film tahun 2013 itu mendapatkan rating 6,6/10 dari 11.585 penilai. Sedangkan di web Rotten Tomatoes, film The Flu mendapatkan rating 36 persen tomatometer dan skor 61 persen dari penonton per 19 Desember 2013.


Deranged (2012)

Deranged adalah film fiksi ilmiah Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2012. Film ini disutradarai oleh Park Jung Woo dan dibintangi Moon Jeong Hee, Kim Myung Min, Lee Hanee, dan Kim Dong Wan.

Film berdurasi 1 jam 49 menit itu menceritakan wabah bunuh diri massal dengan cara menenggelamkan diri ke dalam air. Sebelum menenggelamkan diri, para korban mengalami gejala kehausan ekstrem yang membuat mereka tak berhenti minum.

Setelah ditelusuri ternyata wabah itu disebabkan oleh cacing bulu kuda parasit yang telah terinfeksi virus mutan bernama Yeongasi. Virus itu diduga dapat mengendalikan otak inangnya.

Ketika cacing yang berada di tubuh inangnya sudah matang dan siap bereproduksi, cacing akan mengendalikan tubuh inangnya untuk masuk ke dalam air dan meninggalkan tubuh itu. Hal ini menyebabkan tubuh sang inang kehilangan nutrisi dan menyebabkan kematian.

Di sisi lain, Jae Hyuk (Kim Myung Min), mantan profesor di bidang biokimia berusaha mencarikan obat untuk wabah ini yang telah menjangkit istri dan anaknya. Segala usaha telah ia kerahkan tetapi berakhir sia-sia setelah gudang penyimpan obat cacing ini terbakar.

Tak menyerah Jae Hyuk pun membuat obat cacing sendiri dengan mencampurkan semua bahan dasar pembuatan obat cacing di Korea.

Di laman IMDb, film Deranged mendapatkan rating 6,4/10 dari 2.190 penilai. Sedangkan di web Rotten Tomatoes, film berdurasi 109 menit itu mendapatkan rating 60 persen tomatometer dan skor 56 persen dari penonton per 30 November 2012.


Train to Busan (2016)

Train to Busan dirilis pada tahun 2016 disutradarai oleh Yeong Sang Ho dan berhasil mencetak rekor sebagai film Korea pertama yang ditonton lebih dari 10 juta orang pada tahun yang sama.

Film berdurasi 118 menit itu diperankan oleh Gong Yoo, Kim Su An, Jung Yu Mi, Ma Dong Seok, Ahn So Hee, Choi Woo Shik, dan Kim Eui Sung.

Film Train to Busan menceritakan tentang wabah virus zombie yang menyerang Korea Selatan. Saat itu, Seok Woo (Gong Yoo) dan putrinya, Soo An (Kim Su An), sedang berada dalam kereta menuju ke Busan untuk mengunjungi rumah Ibu Soo An.

Namun, ternyata di dalam kereta itu ada seseorang yang terpapar virus dan berubah menjadi zombie. Zombie itu pun menyerang para penumpang dan keadaan pun menjadi kacau.

Di laman IMDb, film Train to Busan mendapatkan ulasan positif dengan rating 7,6/10 dari 169.374 penilai. Sedangkan di web Rotten Tomatoes, film horror action ini mendapatkan rating 94 persen tomatometer dan skor 89 persen dari penonton per 4 November 2016.


The Odd Family: Zombie On Sale (2019)

The Odd Family: Zombie On Sale adalah film bergenre horor komedi yang disutradarai oleh Lee Min Jae. Dirilis pada tanggal 13 Februari 2019, film ini dibintangi oleh Jung Ga Ram, Kim Nam Gil, Jung Jae Young, Uhm Ji Won, Lee Soo Kyung dan Park In Hwan.

Film The Odd Family: Zombie On Sale menceritakan kisah Man Deok (Park In Hwan) yang mengelola bisnis pengisian bahan bakar di sebuah desa bersama ketiga anaknya, Joon Gul (Jung Jae Young), Min Gul (Kim Nam Gil), dan Hae Gul (Lee Soo Kyung). Man Deok mempunyai impian untuk dapat pergi ke Hawaii.

Suatu hari datanglah Jjong Bi (Jung Ga Ram), seorang mahasiswa yang menjadi korban dari sebuah penelitian illegal. Jjong Bi datang ke desa dalam kondisi seperti zombie dan tidak sengaja menggigit Man Deok.

Man Deok yang tergigit Jjong Bi tidak lantas berubah menjadi zombie, tetapi justru menjadi lebih kuat dan muda. Kabar ini menyebar ke penjuru desa dengan cepat dan mengakibatkan warga desa berbondong-bondong menuju rumah Man Deok untuk mengetahui rahasianya.

Man Deok melihat adanya peluang bisnis dan memberi tarif harga kepada warga yang ingin di gigit oleh Jjang Bi. Tragedi bermula di sini, warga yang telah digigit oleh Jjang Bi dalam waktu beberapa hari berubah menjadi zombie dan meneror seluruh warga.

Pada situs Rotten Tomatoes, film The Odd Family: Zombie On Sale berhasil mendapatkan rating 89 persen tomatometer dan 78 persen skor dari penonton per 1 Februari 2019. Sedangkan di laman IMDb, film berdurasi 112 menit itu mendapatkan rating 6,5/10 dari 1.181 penilai.


Exit (2019)

Exit adalah film garapan sutradara Lee Sang Geun yang diperankan oleh Jo Jung Suk dan Im Yoon Ah. Film ini pertama kali ditayangkan pada 31 Juli 2019 di Korea Selatan.

Film Exit bercerita tentang Yong Nam (Jo Jung Suk) seorang pria pengangguran yang pernah menjadi salah satu pemanjat tebing terbaik di perguruan tingginya.

Suatu hari untuk membalas budi ibunya, Yong Nam merayakan ulang tahun ke-70 tahun ibunya di gedung Dream Garden. Di sana ia bertemu dengan Eui Ju (Yoona Girl Generation), cinta pertamanya di masa kuliahnya dulu.

Singkat cerita, tiba-tiba sebuah asap gas beracun menyelimuti kota dan membuat keadaan menjadi kacau. Yong Nam dan seluruh orang di tempat itu berlari ke atap dan menunggu pertolongan dari helikopter regu penyelamat.

Akhirnya helikopter regu penyelamat datang, tetapi hanya mampu membawa beberapa orang saja. Yong Nam dan Eui Ju mengalah dan memilih menunggu regu penyelamat selanjutnya datang.

Namun semakin lama, asap gas beracun tersebut semakin tinggi dan regu penyelamat tidak kunjung datang. Yong Nam dan Eui Ju pun memutuskan untuk menyelamatkan diri dengan memanjat gedung-gedung menggunakan kemampuan panjat tebing mereka.

Di laman IMDb, film Exit mendapatkan rating 7/10 dari 4.212 penilai. Sedangkan di situs Rotten Tomatoes, film berdurasi 103 menit ini mendapatkan rating 83 persen tomatometer dan skor 94 persen dari penonton per 18 Juli 2019.


Baca juga artikel terkait FILM KOREA SOAL WABAH atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Ibnu Azis
DarkLight