Indeks Pelayanan Publik

Urgensi Benahi Transportasi Massal & Tak Terpusat di Pulau Jawa
Ekbis
Senin, 1 Jan

Urgensi Benahi Transportasi Massal & Tak Terpusat di Pulau Jawa

Ekonom CORE, Yusuf Rendy Manilet, menilai upaya pemerintah membenahi sektor transportasi masih terlihat sangat condong dilakukan di pulau Jawa.
Jokowi Respons IPK RI Anjlok: Pemerintah akan Perbaiki Diri
Polhukam
Selasa, 7 Feb 2023

Jokowi Respons IPK RI Anjlok: Pemerintah akan Perbaiki Diri

Jokowi mendorong agar RUU Perampasan Aset segera diundangkan dan RUU Pembatasan Transaksi Uang Kartal segera dimulai pembahasannya.
Fitur-fitur Aplikasi DSW & Link Download Depok Single Window di HP
Kesehatan
Selasa, 20 Sept 2022

Fitur-fitur Aplikasi DSW & Link Download Depok Single Window di HP

Berikut fitur aplikasi DSW beserta link download aplikasi Depok Single Window di HP smartphone.
Kontroversi Seragam Baru BPN: Sangat Militeristis & Boros Anggaran
Polhukam
Jumat, 29 Juli 2022

Kontroversi Seragam Baru BPN: Sangat Militeristis & Boros Anggaran

Seragam dan atribut baru Kementerian ATR/BPN menuai kritik. Selain tak berkaitan dengan tupoksi, atribut baru lebih kental semangat militerismenya.
BPJS Kesehatan Janji Syarat Kepesertaan JKN Tak Bebani Birokrasi
Hard news
Senin, 21 Feb 2022

BPJS Kesehatan Janji Syarat Kepesertaan JKN Tak Bebani Birokrasi

Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengklaim sistem layanan JKN saat ini telah banyak perubahan ke arah yang lebih baik.
JKN Jadi Syarat Pelayanan Publik, BPJS Kesehatan: Kepesertaan Wajib
Hard news
Senin, 21 Feb 2022

JKN Jadi Syarat Pelayanan Publik, BPJS Kesehatan: Kepesertaan Wajib

Salah satu bentuk kolaborasi yang sedang ditempuh BPJS Kesehatan adalah ketentuan kepesertaan sebagai syarat administrasi pelayanan publik.
Jokowi Tak Toleransi Pelayanan Publik yang Lambat & Berbelit-belit
Hard news
Rabu, 29 Des 2021

Jokowi Tak Toleransi Pelayanan Publik yang Lambat & Berbelit-belit

Jokowi meminta penyelenggara negara mengubah cara kerja untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima.
Jokowi Minta Warga Berani Kritik demi Perbaikan Pelayanan Publik
Hard news
Senin, 8 Feb 2021

Jokowi Minta Warga Berani Kritik demi Perbaikan Pelayanan Publik

Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk aktif mengkritik demi perbaikan pelayanan publik.
Ombudsman Sebut Kepatuhan Administrasi di Daerah Masih Rendah
Hard news
Senin, 8 Feb 2021

Ombudsman Sebut Kepatuhan Administrasi di Daerah Masih Rendah

Ombudsman sebut perbaikan pelayanan publik di daerah seharusnya jadi prioritas karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Temui Jokowi, Ombudsman 2016-2021 Akhiri Masa Jabatan
Hard news
Senin, 1 Feb 2021

Temui Jokowi, Ombudsman 2016-2021 Akhiri Masa Jabatan

Di akhir masa jabatan, Ombudsman RI 2016-2021 melaporkan rendahnya kepatuhan instansi publik melayani masyarakat.
Lebarnya Jurang Ketimpangan Sosial-Ekonomi Saat Pandemi COVID-19
Periksa data
Jumat, 23 Okt 2020

Lebarnya Jurang Ketimpangan Sosial-Ekonomi Saat Pandemi COVID-19

Masalah ketimpangan adalah masalah klasik bak lingkaran setan. Namun, bagaimana situasi ketimpangan di kala pandemi COVID-19? Memburuk atau sama saja?
Mengenal Aplikasi LAPOR! dan Cara Kirim Laporan Warga ke Pemeritah
Teknologi
Kamis, 3 Sept 2020

Mengenal Aplikasi LAPOR! dan Cara Kirim Laporan Warga ke Pemeritah

Aplikasi Lapor! bisa digunakan masyarakat untuk mengirim aduan dan konsultasi secara online pada lembaga-lembaga pemerintah.
Temuan Ombudsman: Saluran Pengaduan Daring Polri Kurang Responsif
Hard news
Selasa, 21 Apr 2020

Temuan Ombudsman: Saluran Pengaduan Daring Polri Kurang Responsif

Ombudsman mengetes 10 satuan kerja Polri, hasilnya hanya empat yang dapat diakses yaitu alamat surat elektronik Mabes Polri, Divisi Humas Polri, Polda Metro Jaya, dan Polres Bekasi Kota.
Mencoba Layanan Publik Daring yang Bikin Kepala Pening
Current issue
Kamis, 19 Mar 2020

Mencoba Layanan Publik Daring yang Bikin Kepala Pening

Layanan publik via online atau daring masih bolong di sana-sini. Kesiapan pemerintah untuk mengurangi interaksi langsung (tatap muka) perlu diperbaiki.
Kantor Layanan Publik Tutup, Urus Perizinan di Jakarta via Online
Hard news
Kamis, 19 Mar 2020

Kantor Layanan Publik Tutup, Urus Perizinan di Jakarta via Online

Kantor layanan publik Pemprov DKI ditutup sementara terkait pandemi Covid-19. Warga bisa mengakses layanan daring hingga 31 Maret 2020.
Hikayat Lampau di Pinggir Rel Kereta Api
Mild report
Kamis, 21 Nov 2019

Hikayat Lampau di Pinggir Rel Kereta Api

Dulu, masalah hunian kumuh di pinggir rel kereta diperparah dengan sistem toilet bolong yang membuatnya terdampak bau kotoran dan rawan penyakit.
Menkumham Yasonna Laoly Sebut Wali Kota Tangerang Arogan
Hard news
Rabu, 17 Juli 2019

Menkumham Yasonna Laoly Sebut Wali Kota Tangerang Arogan

Tindakan Wali Kota Tangerang Arif R. Wismansyah terhadap penghentian sejumlah layanan publik dinilai sebagai bentuk arogansi.
Satpas SIM DKI Jakarta Libur Saat Hari Pencoblosan Pemilu
Hard news
Selasa, 16 Apr 2019

Satpas SIM DKI Jakarta Libur Saat Hari Pencoblosan Pemilu

"Khusus tanggal 17 April 2019 pelayanan di Satpas Daan Mogot, Unit Satpas DKI Jakarta, Unit SIM Keliling dan Unit Gerai SIM pelayanan Penerbitan SIM diliburkan."
ORI Temukan Layanan Informasi Instansi Hukum di Medsos Masih Buruk
Hard news
Jumat, 12 Apr 2019

ORI Temukan Layanan Informasi Instansi Hukum di Medsos Masih Buruk

Ombudsman menemukan saluran informasi untuk masyarakat milik sejumlah instansi hukum masih lamban dalam merespons laporan atau keluhan publik, terutama yang berupa media sosial.   
MenPAN-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Pertama di Jawa Tengah
Hard news
Jumat, 18 Jan 2019

MenPAN-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Pertama di Jawa Tengah

Pendirian MPP Banyumas dapat mempercepat proses pelayanan yang outcome-nya meningkatkan kantong pertumbuhan ekonomi di daerah.