Prabowo Subianto Jalani Tes COVID-19, Jubir Menhan: Beliau Sehat

Oleh: Zakki Amali - 16 Maret 2020
Hasil tes COVID-19 Menhan Prabowo Subianto belum diketahui.
tirto.id - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dilaporkan selesai menjalani tes pemeriksaan Corona COVID-19.

Ia mengikuti tes di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (16/3/2020). Pemeriksaan Corona oleh para menteri kabinet telah diinstruksikan Presiden Joko Widodo setelah Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi positif Corona.

"Alhamdulillah saat ini beliau [Prabowo] dalam kondisi sehat walafiat," ujar Jubir Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Prabowo, kata Dahnil, tetap mengikuti rapat daring dengan Presiden Jokowi yang berlangsung hari ini, Senin.

"Menhan Prabowo hadir pada rapat terbatas online pagi tadi pukul 10.00 WIB dengan presiden. Menhan Prabowo melakukan online dari kantor Kemhan," kata Dahnil.

Menurut Dahnil, Prabowo bukan bagian dari menteri kabinet yang punya riwayat kontak dengan Budi Karya Sumadi dalam rapat terbatas, Rabu (11/3/2020) lalu di Istana Negara.

Setelah mengikuti ratas, Budi Karya Sumadi terkonfirmasi sebagai kasus positif Corona COVID-19 ke-76.

"Pak Prabowo pada ratas tanggal 13 Maret lalu tidak hadir, dimana Pak Menhub hadir. Pak Prabowo tidak hadir dalam ratas tersebut karena ada agenda internal di Kemhan," ujarnya.

Manteri kabinet yang telah menjalani tes COVID-19 di anatranya Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri Bappenas dan Suharso Monoarfa. Hasil tes keduanya adalah negatif. Sedangkan Presiden Jokowi yang menjalani tes Corona, Minggu (15/3/2020) sore, belum diketahui hasilnya.

Berdasar data Kemenkes per Senin, 16 Maret 2020, jumlah kasus positif COVID-19 mencapai 134 orang. Jumlahnya bertambah 17 orang dari hari sebelumnya.


Baca juga artikel terkait WABAH CORONA atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Zakki Amali
Editor: Abdul Aziz
DarkLight