Posisi Agus Gumiwang di Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Masih Dibahas

Oleh: Lalu Rahadian - 24 Agustus 2018
Sekjen PKB Abdul Kadir Karding mengatakan, posisi Agus Gumiwang selaku Bendahara di TKN Jokowi-Ma'ruf akan segera dibahas, setelah Agus dilantik menjadi Mensos.
tirto.id - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita diduga akan mengundurkan diri dari jabatannya selaku Bendahara di Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Dugaan itu muncul setelah Agus dilantik Presiden Jokowi menjadi Mensos menggantikan Idrus Marham. Agus merupakan politikus dari Partai Golkar.

"Bisa jadi karena ini baru dia harus konsolidasi disana, mungkin juga beliau akan resign ya. Tapi ini masih pendapat pribadi saya," kata Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Karding di Posko Pemenangan Jokowi-Ma'ruf, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Agus menjadi Mensos setelah Idrus mengundurkan diri karena ingin fokus menghadapi kasus korupsi PLTU Riau-1 yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Idrus mengaku sudah menerima surat penetapan sebagai tersangka dari KPK sejak Kamis (23/8/2018).

Pada tim kampanye Jokowi-Ma'ruf, Agus menjabat bendahara bersama Sakti Wahyu Trenggono. Mereka memiliki sejumlah wakil yakni Juliari Batubara, Amir Uskara, Jazilul Fawaid, Syamsudin Andri Arsyad, Riri Lestari, dan Dudi Purwagandi.

"Tadi belum sempat dibahas [posisi Agus Gumiwang]. Kan pengumumannya baru. Tapi saya kira segera lah dibahas," tutur Karding.

Pada kesempatan lain, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut pergantian Agus belum pasti dilakukan. Posisi politikus Golkar itu disebut akan ditentukan bersama seluruh sekjen parpol pendukung dan Jokowi selaku capres.

"Tentu saja kami menunggu arahan dari Pak Presiden. Intinya tugas negara jauh lebih dikedepankan," kata Hasto.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight