Perbedaan Yamaha Lexi vs Honda Vario 125

Oleh: Yantina Debora - 26 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Yamaha Lexi 125 memiliki desain bodi yang "sexy" sedangkan Vario 125 eSP tampil dengan bodi yang lebih "agresif".
tirto.id - Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore yang diluncurkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Jumat (26/1/2018) siap menyaingi dominasi Honda Vario 125 eSP di kelasnya.

Lexi memiliki desain bodi dengan ciri khas MAXI Yamaha. Hal itu yang membuat Lexi menjadi "sexy".

Bagian depan motor juga dilengkapi dengan windshield yang juga bisa ditemukan di Yamaha NMAX, tetapi dengan dimensi yang lebih kecil.

Pihak Yamaha mengkliam Lexi kaya fitur modern dan praktis. Mulai dari desain lampu atraktif dengan LED dan dilengkapi soket listrik untuk menjamin pengendara tetap terhubung dengan siapapun via gadget mereka.

Lexi juga sudah menggunakan ban tubeless bertapak lebar, ukuran depan 90/90-14 dan belakang 100/90-14, menjamin kenyamanan saat menikung. Bagasi luas, diklaim bisa muat helm minimal half face.


Motor ini mengusung mesin Blue Core 125 cc LC4V, dibekali teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat torsinya merata di setiap putaran mesin. Ada smart motor generator (SMG), bikin motor lebih halus saat start.

Yamaha Lexi semakin sexi dengan pilihan warna matte yang atraktif seperti matte red, matte grey dan putih.

Sedangkan Honda Vario 125 eSP yang merupakan penerus dari Honda New Vario 125 PGM-FI generasi lawas mengusung desain bodi yang lebih segar dan agresif. Salah satunya terlihat dari tampilan lampu depan yang mengusung dual keen eyes.

Lampu Vario itu mengaplikasikan lampu jenis LED dan dua lampu sein yang menyatu pada satu tempat berbentuk menyirip membuat tampilan depan Honda Vario 125 eSP ini terlihat sangat agresif. Selanjutnya dashboard pada bagian kemudi Honda Vario 125 eSP tergolong cukup futuristik.

Honda Vario 125 mengusung mesin berkapasitas 124,8 cc dengan teknologi SOHC yang memiliki transmisi otomatis dan memiliki kompresi 11:1 sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 8,3 kW pada 8.500 RPM dengan torsi maksimal 10.8 Nm pada 5.500 RPM.

Sedangkan Yamaha Lexi mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 8,75 kW pada 8.000 RPM dengan torsi maksimal 11.3 Nm pada 5.000 RPM. Meski mesin Yamaha Lexi berkapasitas 124,7 cc, menurut Yamaha Indonesia, dalam kondisi tertentu akselerasi Yamaha Lexi bisa sama seperti mesin 155 cc.

Baca juga artikel terkait YAMAHA LEXI atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Otomotif)

Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight